Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Duh! Ambisi Besar Mark Zuckerberg ke Ranah Metaverse Bikin Karyawan Frustrasi

Duh! Ambisi Besar Mark Zuckerberg ke Ranah Metaverse Bikin Karyawan Frustrasi Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Cita-cita besar Mark Zuckerberg untuk menjadikan perusahaannya, Facebook menjadi pelopor metaverse dilaporkan telah membuat beberapa karyawan frustrasi hingga tidak jelas tentang tanggung jawab sehari-hari mereka.

Sebagaimana diketahui, Zuckerberg mengarahkan perubahan di seluruh perusahaan menuju metaverse pada musim gugur yang lalu. Sejauh ini, Zuckerberg telah mengubah nama Facebook menjadi Meta. Padahal, Facebook sendiri tengah diperangi dengan menghadapi serangkaian skandal atas praktik bisnis dan kebijakan internalnya.

Mengutip New York Post di Jakarta, Senin (25/4/22) sang miliarder sendiri telah menggembar-gemborkan metaverse sebagai masa depan internet dan interaksi virtual, beberapa staf Meta dikatakan bingung tentang tujuan akhir perusahaan.

Baca Juga: Heboh Mark Zuckerberg Masuk dalam Daftar Sanksi Rusia, Lho Kenapa?

"Ini pada dasarnya memicu disorganisasi dan kecemasan," kata seorang karyawan kepada Business Insider dalam sebuah laporan yang diterbitkan Jumat. “Orang-orang tampaknya tidak benar-benar tahu apa yang harus disampaikan atau apa yang harus dikerjakan karena masih belum ada strategi yang koheren.”

Mantan karyawan Meta lainnya, yang diidentifikasi sebagai staf tingkat direktur mengatakan bahwa metaverse adalah satu-satunya hal yang ingin dibicarakan Mark.

Mantan direktur ini menambahkan bahwa perusahaan sedang membentuk tim metaverse spesifik dan meluncurkan upaya untuk memastikan karyawan bahwa ada buku pedoman untuk diikuti di bulan-bulan mendatang.

Sayangnya, perusahaan melaporkan penurunan kuartalan pertama dalam basis pengguna aktifnya dalam sejarah awal tahun ini dengan Zuckerberg mengutip peningkatan persaingan dari orang-orang seperti TikTok.

Sementara itu, Meta mengungkapkan bahwa segmen Reality Labs, unit yang bertanggung jawab untuk mengembangkan metaverse perusahaan kehilangan USD10 miliar (Rp144 triliun) karena meningkatkan pengeluaran untuk inisiatif tersebut.

Zuckerberg belakangan secara agresif mendorong karyawan perusahaan untuk merangkul visi baru mereka. Pada bulan Februari, Zuckerberg memberi nama pekerja yang akan dikenal sebagai "Metamates" daripada "Facebookers" dalam pesan yang digeser secara luas yang diposting ke akun Facebook publiknya.

"Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbarui nilai-nilai kita dan sistem operasi budaya kita," tulis Zuckerberg setelah mengumumkan perubahan itu dalam rapat staf di seluruh perusahaan.

Namun, upaya metaverse juga telah membuat marah beberapa investor Meta. Seperti yang dilaporkan The Post awal bulan ini, pemegang saham yang bersangkutan mendorong langkah-langkah yang bertujuan untuk membatasi kekuatan Zuckerberg menjelang pertemuan tahunan perusahaan.

Para pemegang saham kecewa dengan kinerja saham Meta yang buruk dan telah menyatakan keprihatinan tentang potensi "kerugian dystopian" dari ambisi metaverse Zuckerberg.

Meta masih mempermainkan berbagai konsep yang dapat diterapkan di dunia maya, termasuk kemungkinan penggunaan mata uang digital yang dikenal sebagai “Zuck Bucks.”

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: