Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Zelensky Minta Barat Segera Kirim Banyak Peluncur Roket Sebelum...

Zelensky Minta Barat Segera Kirim Banyak Peluncur Roket Sebelum... Kredit Foto: Reuters/Ukrainian Presidential Press Office
Warta Ekonomi, Kiev, Ukraina -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Barat segera mengirimkan sejumlah sistem peluncur roket ke negaranya. Dengan begitu Ukraina memiliki kesempatan untuk melawan balik serangan Rusia di Donbas timur.

"Kami berjuang untuk Ukraina untuk memberikan semua senjata yang dibutuhkan demi mengubah sifat perang dan mulai bergerak lebih cepat dan lebih percaya diri dalam mengusir penjajah," kata Zelensky dalam pidato malamnya, Kamis (26/5/2202).

Baca Juga: Mendag: Perang Ukraina Bukan Penyebab Utama Terganggunya Arus Perdagangan Komoditas

Ia mengatakan pasukan Rusia menyapu sejumlah kota di timur Ukraina dari muka bumi. Zelensky menambahkan wilayah itu dapat berakhir "tidak berpenghuni."

"Mereka ingin mengubah  Popasna, Bakhmut, Lyman, Lisichansk dan Sievierodonetsk menjadi abu seperti yang mereka lakukan pada Volnovakha dan Mariupol,” kata  Zelensky.

Zelensky mengatakan dalam penembakan di kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv setidaknya sembilan orang tewas dan 19 terluka. Salah satu korban tewas adalah bayi berusia lima bulan dan ayahnya. Ibu anak tersebut terluka parah.

Zelensky juga mengkritik keras sejumlah negara anggota Uni Eropa yang enggan memberikan sanksi lebih keras pada Rusia. Termasuk melarang impor minyak dan gas yang merupakan sumber pendapatan utama Moskow.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan