Digital Ad Market to Boost Growing EdTech Market Following Boom During the Pandemic
Perusahaan startup education technology (edtech) telah ada di Indonesia sejak lama, namun pandemi Covid-19 yang memaksa perubahan dalam segala aspek, termasuk pendidikan, membuka peluang besar bagi industri edtech, Tahun 2020 merupakan awal bagi Indonesia untuk menjalankan berbagai pembatasan akibat pandemi Covid-19. Sejak saat itu, para siswa dan guru mulai dikenalkan dengan peraturan belajar dari rumah.
Pendidikan digital atau education technology (edtech) mengalami pertumbuhan yang begitu pesat. Saat ini, pemerintah membolehkan sekolah menjalani pembelajaran tatap muka. Namun, pengalaman dua tahun melewati pandemi, masyarakat mulai merasakan manfaat hybrid learning alias pembelajaran hibrida. Yakni, penggabungan sistem pembelajaran secara daring dan luring. Bahkan saat ini banyak orang yang mulai ke dunia virtual atau metaverse (Learning).
Beberapa platform yang populer di Indonesia seperti Ruangguru menyediakan platform self-learning daring, Zenius menyediakan platform daring yang di dalamnya terdapat kursus online melalui video di berbagai tingkatan kelas. Cakap Platform berbasis aplikasi dan software (SaaS) menawarkan solusi belajar berbagai bahasa secara daring, Pahamify startup edtech yang menyediakan layanan pembelajaran berbasis video untuk persiapan ujian.
Mengomentari topik, Edo Fernando, Country Head, Indonesia, Xapads Media kata, bahkan bukan hanya platform Edtech yang kian diminati oleh masyarakat, berbagai platform media social juga bisa menjadi sumber ilmu, seperti YouTube menyediakan berbagai konten yang bisa meningkatkan pengetahuan. "Google dan LinkedIn juga menyediakan jaringan dan kelas kursus bagi penggunanya," kata Edo, Kamis (8/9).
Pemasaran digital adalah strategi penting bagi perusahaan Edtech yang membantu meningkatkan eksposur merek, meningkatkan kesadaran tentang produk/layanan, dan mengarahkan lalu lintas ke situs web untuk menarik pengguna. Dengan menggunakan platform pemasaran digital, pemasar dapat menggabungkan konten yang menarik dan teknologi inovatif untuk menghasilkannya kepada audiens yang tepat pada waktu yang tepat untuk membantu mereka dalam membuat pilihan terbaik.
“Dengan pemasaran digital, kemungkinannya praktis tidak terbatas. Misalnya seorang pemasar membuat iklan bergambar dan spanduk yang dapat digunakan bersama dengan video serta penargetan ulang perilaku yang dapat membantu melibatkan siswa yang sudah melihat video atau iklan tersebut. Iklan mesin pencari yang ditautkan ke video juga dapat dimanfaatkan kembali untuk channel lainnya, jika diviralkan akan jauh lebih efisien dan hemat biaya, Hal ini menjadikan pemasaran digital lebih penting dan relevan dalam konteks sektor Pendidikan,” tambah Edo.
Saat ini ada begitu banyak saluran digital yang berbeda yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan EdTech, untuk memanfaatkan industri yang sedang berkembang pesat ini, salah satunya pemasaran digital menggunakan strategi berbasis data untuk menempatkan anda pada posisi yang kuat.
Pemasaran digital adalah cara yang bagus untuk menjembatani solusi dan mengisi kesenjangan aksesibilitas antara anda dan pelanggan anda. Pemasaran digital adalah yang paling berorientasi pada hasil dan memiliki bobot paling strategis di semua media. Awareness & Interest menciptakan kesadaran merek, ingatan instan, dan menghasilkan prospek lebih cepat dan tersebar luas di seluruh industri dan merek melalui media digital.
Pengembalian investasi tetap menjadi pendorong utama untuk memilih media digital untuk hasil yang cepat, andal, dan dapat dipertahankan. Untuk meningkatkan tingkat konversi, sangat penting untuk mengevaluasi proses pengambilan keputusan ini.
Salah satunya meliputi inbound marketing, search engine marketing (SEM), search engine optimization (SEO), Social media marketing (SMM). Lalu bisa dilanjutkan pemasaran digital melalui email (ESP), salah satu metode efektif yang digunakan oleh perusahaan EdTech untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan potensial. Menargetkan kampanye pemasaran email ke audiens yang tepat sangat penting untuk menghasilkan tingkat keterlibatan dan respons yang tinggi.
Influencer marketing yang mengadopsi video & content Marketing pemasaran ini telah menjadi alat pemasaran efektif untuk menawarkan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna. Programmatic channel, untuk memperluas audiens mereka dan mengelola kampanye secara lebih efisien, programmatic memungkinkan dan memungkinkan semua transaksi dan pembelian media menjadi transparan dan dalam kendali yang lebih besar dari pengiklan.
Bersama Xapads Media, kami percaya pada operasi yang transparan, sehingga menjadikan penerapan berbasis iklan terprogram sebagai bagian integral dari produk digital kami untuk klien kami.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: