Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kolaborasi Parkee bersama Alfabeta Siap Kembangkan Teknologi Parkir Berbasis AI

Kolaborasi Parkee bersama Alfabeta Siap Kembangkan Teknologi Parkir Berbasis AI Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Centrepark Citra Corpora melalui anak perusahaannya, Parkee telah melakukan investasi di Alfabeta, perusahaan lokal pengembang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Melalui investasi ini, kedua perusahaan akan berkolaborasi dalam pengembangan bisnis, termasuk dalam menjalankan visi bersama untuk membangun sistem perparkiran berbasis AI.

"Kami melihat kebutuhan teknologi yang cukup besar di industri yang sama dengan Parkee, ditambah kami juga punya banyak teknologi, seperti Automatic Number Plate Recognition (ANPR), lalu Vehicle Detection, Counting & Tracking sampai Object Detection, Counting, & Tracking," tutur Taufiq Wibowo selaku CEO Alfabeta dalam keterangan tertulis kepada media yang dikutip Jumat (9/9/2022).

Taufiq berharap melalui investasi ini, antara Parkee dan Alfabeta dapat bertumbuh dan berkembang lagi tidak hanya dalam menjawab kebutuhan yang berada di tingkat lokal, namun juga dapat menjawab kebutuhan global.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi Digital, Kominfo Dorong Startup Lakukan Inovasi Baru

Diketahui, antara Parkee dan Alfabeta, diwakili oleh Charles Richard Oentomo selaku Direktur Utama Centrepark Citra Corpora bersama dengan CEO Alfabeta, Taufiq Wibowo telah sepakat untuk melakukan penandatanganan Perjanjian Pengalihan Saham (PPS) untuk bersama menjalankan visi dalam pengembangan ekosistem sistem perparkiran di Indonesia.

Antara kedua belah pihak merasa bahwa kolaborasi yang dilakukan adalah pilihan yang tepat, mengingat pengalaman dan portofolio keduanya yang sama-sama mengagumkan dalam bidang yang mendukung pengembangan inovasi teknologi parkir di Indonesia.

Dari sisi Centrepark yang merupakan operator parkir, perusahaan-perusahaan baru telah mendapat pengelolaan area parkir Grand Indonesia, yakni menampung lebih dari 10.000 unit lot parkir kendaraan dengan lebih dari 70 unit akses keluar masuk parkir.

Pengalaman lainnya dapat dilihat dalam pengelolaan berbagai area parkir gedung pencakar langit dan area komersial, perumahan, hingga township di 50 kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bandung, Medan, Batam, Semarang, dan masih banyak lagi.

Sementara Alfabeta merupakan partner resmi dari Intel Market Ready Solution (Intel IoT MRS) di Indonesia. Portofolionya pun mencakup banyak perusahaan, seperti Unilever, Korlantas Polri, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sejumlah perusahaan dari industri pertambangan, dan masih banyak lagi.

Usai menandatangani Perjanjian Pengalihan Saham, Charles mengatakan bahwa antara kedua belah pihak, baik Parkee maupun Alfabeta ingin memberikan produk terbaik yang secara efektif dan efisien dapat bermanfaat dan membantu klien mereka.

"Kami ingin ciptakan one stop solution untuk klien kami, seperti mall, airport, seaport, jadi mencakup berbagai identifikasi data, baik kendaraan maupun penggunanya. Teknologi ini akan terus berkembang," ujar Charles.

Baca Juga: Tawarkan Bunga Rendah, BNI Segera Luncurkan Bank Digital UMKM Pertama di Indonesia

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: