Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

HID Global dan PT INTI Terapkan Mesin Pembaca E-KTP di Terminal Layanan Mandiri HIMBARA

HID Global dan PT INTI Terapkan Mesin Pembaca E-KTP di Terminal Layanan Mandiri HIMBARA Kredit Foto: PT INTI
Warta Ekonomi, Jakarta -

HID Global bersama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) bekerja sama untuk mengembangkan mesin pembaca kartu identitas pada 5.000 Terminal Layanan Mandiri (Self-Service Terminal/SST) anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Mesin tersebut diklaim mampu membantu bank-bank BUMN Indonesia memberikan layanan perbankan komprehensif. Dua anggota Himbara, yakni Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), menjadi dua institusi keuangan pertama yang menerapkan layanan SST kepada nasabah mereka. SST dilengkapi oleh Radio Frequency Identification (RFID) dan Pembaca Biometrik HID Global sehingga mampu membaca kartu identitas nasional.

"Benefitnya, bank-bank tersebut dapat mengalami peningkatan kualitas layanan sembari mengurangi biaya operasional secara signifikan," kata Darma Nugraha, Vice President Rekayasa dan Pengembangan Produk PT INTI (Persero), dalam keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Hybrid Cloud dan AI Disebut Jadi Kekuatan Dominan E-Government di Indonesia

Teknologi itu dilengkapi dengan OMNIKEY 5122 Reader Board dan modul DigitalPersona® 5200 Fingerprint dari HID. Implementasi teknologi Terminal Layanan Mandiri tersebut, antara lain dapat digunakan oleh pengguna untuk memindai dan melakukan pembayaran barang belanjaan secara mandiri di merchant atau toko tanpa harus menunggu dilayani oleh kasir.

Teknologi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengambilan uang tunai di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang sudah terintegrasi dengan mesin pembaca kartu identitas (NID Reader). 

Selain itu, perangkat pembaca kartu identitas membantu pengguna melakukan verifikasi sidik jari dan membaca, serta menampilkan data demografis atau kependudukan, foto, maupun tanda tangan pada chip KTP elektronik (e-KTP). Teknologi ini dapat disajikan secara terpadu di terminal serta diintegrasikan dengan aplikasi lain menggunakan data yang tersimpan dalam KTP elektronik.

Steve Currie, SVP and Head of Extended Access Technologies HID Global, mengungkapkan peningkatan penggunaan online/internet banking berdampak positif terhadap penerapan terminal layanan mandiri di sektor perbankan, jasa keuangan, dan asuransi di Tanah Air.

"Teknologi tersebut tidak hanya menguntungkan nasabah, namun juga meningkatkan pengalaman administrasi bagi bank," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: