Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perlu Membangun Resiliensi Masyarakat untuk Lakukan Transisi Energi

Perlu Membangun Resiliensi Masyarakat untuk Lakukan Transisi Energi Kredit Foto: Antara/Novrian Arbi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Vivi Yulaswati mengatakan perlu membangun resiliensi di tingkat masyarakat di wilayah pertambangan batu bara untuk mencapai transisi energi.

"Saah satu strategi yang ada dalam RPJMN adalah low carbon development dan juga ketahanan iklim, ini yang tentunya perlu inovasi bagaimana kita membangun resiliensi di tingkat masyarakat mulai pelan-pelan tidak hanya bergantung dengan menjual coal secara row, tetapi dilengkapi dengan upaya yang pasti untuk mengembangkan sektor energi baru yang lebih bersih," ujar VIvi dalam acara Indonesia Sustainable Energy Week, Senin (10/10/2022).

Vivi mengatakan bahwa sebenarnya pemerintah telah mengembangkan energi baru terbarukan di beberapa daerah di Indonesia. Dalam praktiknya, pihaknya juga mendapat pelajaran di mana dalam pengembangan EBT tidak cukup hanya membawa teknologi ke suatu lokasi.

Baca Juga: Bukan Hanya Biodiesel Sawit, BBN Ini pun Bisa Dukung Ketahanan Energi Indonesia

Menurutnya, juga diperlukan pembangunan kapasitas operation and maintenance di setiap daerah, membangun kesadaran di tingkat masyarakat untuk terus meningkatkan.

"Tidak hanya mengoperasikan tetapi juga meningkatkan kapasitasnya untuk membangun kapasitas baru," ujarnya.

Lanjutnya, terdapat tiga hal untuk dapat melakukan transisi energi batu bara seperti financing, teknologi, dan membangun masyarakatnya itu sendiri. 

"Kita bangun harapannya ketergantungan terhadap coal termasuk kegiatan ekonomi yang terkait pelan-pelan pada saatnya kita bisa seimbangkan ke yang bersifat EBT dan tentunya kolaborasi banyak pihak," tutupnya.

Baca Juga: Sebut Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen dan Bakal Jadi Nomer 1 di Dunia, Jokowi Diingatkan Kubu Demokrat Era SBY

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: