Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

ISIS Dibunuh Taliban, Caranya di Luar Dugaan, Ngeri!

ISIS Dibunuh Taliban, Caranya di Luar Dugaan, Ngeri! Kredit Foto: AP Photo/Bernat Armangue
Warta Ekonomi, Kabul -

Setidaknya enam anggota ISIS dibunuh pasukan keamanan Taliban dalam operasi satu malam di Kabul, Afghanistan, kata juru bicara pemerintah, Sabtu (22/10/2022).

Dilansir dari Reuters, enam anggota ISIS tersebut tewas dalam serangan di sarang persembunyiannya. Mereka jadi incaran pasukan keamanan karena terlibat dalam 2 serangan besar dalam beberapa pekan terakhir, yaitu di sebuah masjid kota dan di sebuah lembaga bimbingan belajar yang menewaskan puluhan siswi.

Baca Juga: Taliban Girang, Perjanjian Impor Baru Akhirnya Ditandatangani Rusia, Inilah Isinya...

"Mereka adalah penyerang masjid Wazir Akbar Khan dan juga Institut Kaaj," ungkap Qari Yusuf Ahmadi.

Tak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas kedua serangan tersebut.

Di sisi lain, operasi ini menewaskan seorang anggota pasukan keamanan Taliban.

Bagian perempuan di pusat pendidikan Institut Kaaj dibom pada 30 September. Sebanyak 53 orang tewas, sebagian besar adalah wanita dan anak perempuan.

Pada 23 September, terjadi ledakan di dekat sebuah masjid di Wazir Akbar Khan. Padahal, lingkungan ini dijaga ketat dan pernah menjadi 'Zona Hijau' kedutaan besar serta pangkalan pasukan asing. Sedikitnya 7 orang tewas dan lebih dari 40 lainnya terluka akibat kejadian ini.

Sejak mengambil alih kekuasaan pada 2021, Taliban bertekad akan fokus mengamankan Afganistan yang dilanda perang beberapa dekade. Namun, serentetan ledakan mengguncang ibu kota dan daerah perkotaan lainnya dalam beberapa bulan terakhir. PBB pun mengatakan keamanan negara itu memburuk.

ISIS Khorasan, afiliasi ISIS di Afganistan, merupakan musuh Taliban. Para militan yang bersumpah setia kepada ISIS ini pertama kali muncul di Afganistan timur pada 2014, kemudian menyebar ke daerah lain. 

Baca Juga: Buzzer Dinilai Punya Misi Adu Domba Partai Setelah NasDem-PKS-Demokrat Sah Dukung Anies

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Akurat.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: