Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Digital Presence?

Apa Itu Digital Presence? Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Digital presence atau kehadiran digital adalah saat di mana suatu bisnis muncul secara online. Kehadiran web terdiri dari beberapa komponen berbeda dan dapat disimpulkan sebagai kesan yang dibuat merek secara online melalui konten, situs web, mesin telusur, dan media serta platform digital lainnya.

Beberapa pengguna mencari produk atau layanan terkait dan akhirnya mengunjungi situs web dan membaca blog sebuah brand. Bahkan, orang lain mungkin menjelajahi Facebook dan menemukan profil media sosial Anda atau iklan berbayar.

Baca Juga: Apa Itu Quiet Firing?

Digital presence dapat dilakukan dengan saluran pemasaran digital yang sangat banyak dan terus berkembang akhir-akhir ini. Artinya, bisnis perlu memiliki strategi pemasaran yang komprehensif tentang bagaimana mereka akan mengembangkan, menerapkan, mengelola, dan menyempurnakan kehadiran digital bisnis mereka di seluruh saluran digital.

Artinya, sebagian besar keputusan pembelian pelanggan didasarkan pada jenis informasi yang Anda berikan tentang bisnis online Anda. Saat ini, dunia mulai sangat bergantung pada teknologi. Jadi, jika bisnis Anda tidak merambah secara digital maka Anda dapat kehilangan basis pelanggan yang besar.

Membuat bisnis menjadi digital adalah langkah yang terukur dan praktis. Semua bisnis mendapat manfaat dari tersedia secara online. Biasanya, menjadi kepercayaan umum bahwa perusahaan B2B tidak perlu berada di platform digital. Ini adalah kesalahpahaman besar. Bisnis B2B mendapat manfaat sebanyak perusahaan B2C dari kehadiran digital. 

Cara sebuah bisnis terlihat di platform digital dapat mencakup aspek terkendali dan tidak terkendali tentang bisnis di internet. Pemilik bisnis dapat dengan mudah menandai digital presence bisnis yang dimiliki dengan menggunakan strategi konten dan sumber daya online.

Berikut alasan mengapa digital presence sangat penting bagi bisnis!

1. Meningkatkan Kesadaran (Awareness) dan Visibilitas Merek

Sekitar 70% pemasar berinvestasi secara aktif dalam pemasaran konten. Ini karena memungkinkan mereka untuk tetap terlihat online dan meningkatkan kesadaran merek mereka.

Content Marketing adalah cara paling efektif untuk membangun kesadaran merek. Ini memberi audiens yang ditargetkan dengan biaya yang sangat rendah.

Anda tidak perlu lagi mengambil pembicara dan mengumumkan SALE, SALE, SALE di pasar. Anda hanya perlu memulai bisnis, dan membuat kehadiran secara digital dengang kuat. Volume audiens target yang tinggi saat ini bergantung pada perangkat seluler, jadi ini adalah keuntungan besar bagi bisnis saat ini.

2. Pertahankan Keterlibatan Pelanggan

Strategi digital yang terencana dengan baik meningkatkan keterlibatan pelanggan hingga berlipat ganda. Bisnis mendapatkan semua wawasan dan tren pelanggan dengan sangat mudah dengan strategi pemasaran digital yang benar.

Pemilik bisnis juga dapat secara aktif meminta pelanggan untuk memberikan umpan balik untuk bisnis. Cara ini dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan membangun kepercayaan pelanggan serta mempertahankan keterlibatan maksimum mereka. Pemasaran online telah menyederhanakan keterlibatan pelanggan yang konsisten dan berkelanjutan.

Draf content plan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan. Mempelajari dan memetakan riwayat pembelian mereka cukup mudah dengan pemasaran digital.

3. Kesan Pertama Harus Mengesankan dan Impactful

Orang-orang membentuk kesan pertama dalam waktu sekitar 17 milidetik. Jadi, bangunlah situs web yang membuat kesan yang baik.

Ini adalah fakta universal bahwa kesan pertama bertahan lama. Sekalipun produk dan layanan Anda adalah yang terbaik, orang tidak akan mempercayainya kecuali Anda meyakinkan mereka tentang kualitas dengan informasi yang relevan.

Kebanyakan orang melakukan penelitian menyeluruh tentang jenis produk yang ingin mereka beli. Pelanggan akan menilai positif untuk bisnis Anda hanya ketika Anda membuat kesan online yang baik.

4. Kehadiran Digital Membantu Penjualan Langsung

Kehadiran digital yang kuat sangat bermanfaat dalam mempromosikan penjualan langsung. Ini karena rata-rata, 17,75% orang melakukan pembelian dipengaruhi oleh email transaksional. ROI pada kampanye surat langsung adalah antara 18 hingga 20%.

Pemasaran langsung memastikan Anda mendapatkan semua margin keuntungan, dan pelanggan juga diuntungkan. Dengan kehadiran digital yang kuat, semua strategi pemasaran langsung dapat diterapkan.

Anda dapat secara konsisten memamerkan produk dan layanan secara online. Setelah membuat layanan online, itu tetap online selamanya. Bekerja untuk membangun kehadiran digital yang berdampak secara online yang juga secara konsisten dapat membanggakan produk dan layanan Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: