Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

CEO ICE dan Senator Warren Sepemikiran Kripto Akan Diatur sebagai Sekuritas

CEO ICE dan Senator Warren Sepemikiran Kripto Akan Diatur sebagai Sekuritas Kredit Foto: Unsplash/Jeremy Bezanger
Warta Ekonomi, Jakarta -

Keruntuhan pertukaran kripto FTX telah membawa fokus baru industri untuk melakukan pengaturan cryptocurrency sebagai sekuritas. Dalam hal ini, CEO Intercontinental Exchange Inc (ICE) Jeffrey Sprecher dan Senator Elizabeth Warren menyampaikan bahwa di Amerika Serikat, sebagian besar cryptocurrency cenderung diatur sebagai sekuritas.

Dilansir dari Cointelegraph pada Kamis (8/12/2022), Sprecher dalam acara konferensi jasa keuangan oleh Goldman Sachs Group Inc pada 6 Desember menyatakan keyakinannya bahwa aset kripto akan diatur dan ditangani seperti sekuritas.

Sementara senator Warren yang dalam upaya mematahkan para kripto skeptis kini tengah mengerjakan proposal kripto yang dilaporkan akan memberikan Komisi Sekuritas dan Pertukaran (SEC) yang dipimpin oleh Gary Gensler untuk memiliki lebih banyak otoritas dalam pengaturan ruang kripto.

Baca Juga: Bank of Rusia Larang Penambang Kripto untuk Jual Koin ke Penduduk Lokal

Sprecher dalam acaranya itu berpandangan bahwa pengaturan kripto sebagai sekuritas pada akhirnya akan menghasilkan perlindungan konsumen yang lebih besar serta meningkatkan pengawasan terhadap bursa atau pertukaran kripto dan pialang terpusat.

Di sisi yang lain, senator Warren seperti dikatakan dalam sebuah laporan yang diunggah oleh berita online Semafor pada 7 Desember lalu menyampaikan bahwa proposal Warren yang masih berada dalam tahap awal memiliki tujuan yang mencakup sejumlah masalah, antara lain terkait perpajakan, regulasi, keamanan nasional, dan iklim.

Memberi penjelasan terkait dengan proposal regulasi yang diajukan Warren, juru bicaranya yaitu Alex Sarabia menyampaikan, "dia [Warren] sedang mengerjakan undang-undang kripto dan percaya bahwa regulator keuangan, termasuk SEC memiliki otoritas luas untuk menindak penipuan kripto dan pencucian uang ilegal."

Pertentangan aset kripto yang dianggap sebagai sekuritas atau komoditas sebenarnya telah berlangsung cukup lama. Dalam industri, beberapa mata uang kripto telah dianggap sebagai sekuritas sementara yang lain dianggap sebagai sekuritas dengan alasan masing-masing pendukungnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tamblang di Buleleng

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: