Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Biar Nggak Kecele Beli Asuransi, Yuk Manfaatkan Free Look period

Biar Nggak Kecele Beli Asuransi, Yuk Manfaatkan Free Look period Kredit Foto: Sequis Life
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perlunya memiliki asuransi jiwa dan kesehatan senantiasa digiatkan oleh para pelaku asuransi demi menjaga ketahanan finansial keluarga Indonesia. Bagi sebagian masyarakat kesadaran ini meningkat sejak pandemi covid-19 setelah sebagian orang merasakan mahalnya biaya pengobatan dan kematian yang dapat terjadi dengan cepat sehingga dirasa perlu segera memiliki asuransi.

Namun,MenurutFaculty Head of Sequis Training Academy of Excellence, Samuji, MPD, CFP, CPC, kesadaran perlunya berasuransi tidak serta merta dibarengi dengan pengetahuan yang memadai tentang polis asuransi sehingga saat mengajukan klaim berpotensi ditolak. Tentu ini dapat menyebabkan kekecewaan dan membuat nasabah menutup polis asuransinya. Salah satu hal yang sering kurang dipahami adalah soal Free Look period.

Free Look period adalah jangka waktu yang diberikan oleh perusahaan asuransi bagi Nasabah (Pemegang Polis) untuk mempelajari isi polis. Apakah nasabah setuju dengan data, syarat, dan ketentuan yang ada pada polis dan akan melanjutkan atau membatalkan polis tersebut. Baca Juga: Telah Disetujui OJK, Tim Likuidasi Akan Audit Dugaan Tunggakan Polis Wanaartha Life

Nasabah dapat membatalkan polis jika dirasa tidak setuju dengan syarat dan ketentuan yang tercantum dalam isi polis.Jika nasabah bermaksud membatalkan maka harus disertai dengan surat pernyataan pembatalan polis dan mengembalikan polis asli ke perusahaan asuransi. Nantinya, perusahaan asuransi akan mengembalikan premi pertama yang dibayarkan oleh nasabah setelah dikurangi biaya administrasi (tidak terbatas pada biaya medis, biaya cetak buku polis, dan biaya lainnya jika ada). 

Sebaliknya, bila nasabah setuju  maka nasabah hanya wajib membayar premi tepat waktu agar perlindungan asuransi tetap berlaku. Jika nasabah tidak merespon secara tertulis hingga waktu Free Look period berakhir maka nasabah dianggap setuju dengan seluruh manfaat, pengecualian serta syarat dan ketentuan dalam polis asuransi.

“Saat Anda mengajukan asuransi akan diminta mengisi formulir Surat Pengajuan Asuransi (SPA). Kemudian, SPA ini dianalisa melalui proses penilaian underwriting yang hasilnya dapat berbeda pada setiap nasabah. Jika dinyatakan lulusperusahaan asuransi akan menerbitkan polis dan mengirimkannya pada nasabah. Dari masa penerbitan polis, nasabah akan diberikan periode waktu untuk mempelajari polis. Kemudian dari keputusan nasabah tersebut akan diketahui apakah nasabah akan melanjutkan tahapan untuk tetap mendapatkan perlindungan atau tidak,” sebut  Samuji.

Lebih lanjut, katanya, Free Look period dapat berbeda pada setiap perusahaan asuransi, ada yang 14 hari hingga 21 hari. Informasi ini biasanya diberitahukan oleh tenaga pemasar dan tercantum juga dalam informasi tambahan yang disertakan dalam polis.

Nasabah disarankan memaksimalkan waktu ini untuk mempelajari pasal-pasal dalam perjanjian polis (klausul) dan data finansial, seperti jumlah premi, biaya dan Uang Pertanggungan (UP). Teliti juga informasi terkait data administrasi dari Pemegang Polis, Tertanggung dan Ahli Waris, seperti penulisan nama lengkap, tanggal lahir, nomor rekening dan kelengkapan kontak nasabah. Bila penulisan tidak tepat, nasabah bisa mengajukan perubahan.

“Mempelajari isi polis bisa jadi bukan sesuatu yang menarik. Apalagi, bagi nasabah yang sibuk. Namun, sebaiknya tetap dilakukan oleh Pemegang Polis karena bermanfaat jika suatu hari akan mengajukan klaim. Demikian juga perlu meneliti data administrasi agar data nasabah valid dan cocok saat proses pengajuan klaim. Jika saat mempelajari polis, ada yang dirasa sulit dipahami, nasabah dapat menghubungi agen asuransi atau customer care dari perusahaan asuransi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut,” imbuh Samuji.

Lebih lanjut, Samuji menjelaskan, alasan pentingnya memanfaatkan Free Look period dalam proses klaim. Misalnya, saat mengajukan klaim reimbursement, nasabah akan diminta mengisi sejumlah formulir terkait perawatan medis, data ini akan dicocokkan oleh Penanggung (perusahaan asuransi) dengan data Tertanggung pada polis. Jika semua syarat administratif terpenuhi dan sesuai ketentuan polis pastinya perusahaan asuransi akan melaksanakan kewajiban pembayaran klaimnya. Baca Juga: Sequis Financial Hadirkan Produk Q Critical Care Plus bagi Nasabah Bank CTBC Indonesia

Demikian juga saat Ahli Waris mengajukan UP dari polis asuransi jiwa, Penanggung akan melakukan pemeriksaan apakah syarat klaim terpenuhi, misalnya jika ternyata Tertanggung meninggal karena narkotika maka klaim tersebut tentu tidak dapat dilanjutkan karena masuk dalam pengecualian polis.

Sebagai informasi, perkuartal III 2022, klaim dan manfaat yang dibayarkan oleh Sequis Life sebesar Rp938,6 miliar dan anak perusahaannya Sequis Financial sebesar Rp26,9 miliar. Khusus klaim kesehatan pada periode berjalan (year to date) September 2022, Sequis Life telah membayarkan klaim dan manfaat sebesar lebih dari Rp310 miliar untuk klaim kesehatan yang 74,8% nys berasal dari klaim kesehatan cashless.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: