Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kontroversi Sinyal Munculnya Dinasti, Manuver Kaesang Disoroti: Dia Tentu Belajar dari Jokowi

Kontroversi Sinyal Munculnya Dinasti, Manuver Kaesang Disoroti: Dia Tentu Belajar dari Jokowi Kredit Foto: Twitter/Daniel Ahmad
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Rocky Gerung menyoroti sinyal ketertarikan terhadap dunia politik yang diberikan oleh Kaesang Pangarep.

Dirinya mengatakan walau terlihat seperti kemunculan dinasti politik, hal tersebut tak bisa dihindari dalam demokrasi.

Baca Juga: Jokowi Bilang Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun di Era Anies, Said Didu Langsung Doa: Ya Allah Jangan Beri Kami Pemimpin Pembohong

Menurutnya, yang menjadi masalah utama bukanlah keinginan dari Kaesang sendiri, tetapi adil atau tidaknya kompetisi dalam demokrasi dalam negeri ini.

Untuk itu, Rocky tidak mempermasalahkan keinginan Kaesang yang ingin mengikuti jejak Joko Widodo alias Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka.

"Jadi pendidikan politik di dalam keluarga itu yang menyebabkan dinasti politik modern. Yang penting adalah dinasti atau bukan dinasti, kompetisinya fair apa enggak dengan orang yang bukan dinasti," ucapnya di kanal YouTube-nya, dikutip pada Rabu (25/1/2023).

Akademisi sekaligus filsuf itu mencontohkan Kaesang yang baru-baru ini membuat terkejut satu keluarganya, tak terkecuali Jokowi, karena mendadak berkenan masuk ke dunia politik.

Baca Juga: Sudah Dapat Masukan dari Prabowo Subianto, Gibran bin Jokowi Fix Nyagub di 2024?

"Gibran dan Kaesang tentu belajar dari ayahnya. Tetapi kalau Gibran dan Kaesang misalnya setuju dengan threshold 20 persen, karena ayahnya mungkin akan punya partai yang bisa mendukung 20 persen, maka itu artinya dinasti yang feodal," jelas Rocky.

Baca Juga: Lampau Kinerja Pra Pandemi, Penyaluran KPR BCA Capai Rp 108,3 Triliun pada 2022

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Warta Ekonomi dengan Suara.com.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua