Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Multichannel Selling?

Apa Itu Multichannel Selling? Kredit Foto: Unsplash/Rupixen
Warta Ekonomi, Jakarta -

Multichannel selling adalah proses menjual produk di lebih dari satu saluran penjualan. Multichannel selling mencakup gabungan situs web dan keranjang belanja Anda sendiri, pasar online, pasar seluler, dan/atau toko fisik.

Menjual produk di beberapa saluran penjualan memberi pengecer keuntungan tambahan dalam bersaing dengan pengecer yang lebih besar. Multichannel selling meningkatkan keterpaparan Anda ke pelanggan potensial, yang meningkatkan peluang penjualan Anda.

Baca Juga: Apa Itu Financial Projection?

Multichannel selling atau penjualan multisaluran membawa Anda ke hadapan pelanggan di setiap titik kontak yang memungkinkan. Berada di beberapa saluran penjualan meningkatkan jangkauan Anda dengan mengekspos produk Anda ke pasar baru dan berbeda, serta memungkinkan situs perbandingan harga untuk menemukan dan merekomendasikan Anda.

Saat menggunakan pendekatan penjualan multi saluran, Anda harus mengelola penjualan dan inventaris melalui situs web, pasar online, toko pop-up, dan toko fisik Anda.

Berikut beberapa keuntungan dalam melakukan multichannel selling:

1. Meningkatkan pengakuan merek Anda

Pelanggan melakukan banyak penelitian sebelum melakukan pembelian. Mencantumkan produk Anda di beberapa tempat akan meningkatkan kemungkinan penjualan dan membuat merek Anda lebih dikenal karena konsumen melihatnya di tempat yang berbeda.

2. Menjadi yang terdepan dalam persaingan

Online dan offline, dengan menggunakan penjualan multi saluran, Anda dapat berada di tempat pesaing Anda berada dan di mana mereka tidak berada, memastikan pelanggan menemukan produk Anda di mana pun mereka melihat.

3. Memanfaatkan kehadiran di pasar online dan mesin pencari

Pasar online terbesar semuanya saling bersaing untuk memperebutkan pangsa pasar e-niaga. Berada di berbagai platform memungkinkan Anda untuk tetap menjual jika satu saluran kehilangan dominasi atas ruang pasar.

Namun, tetap ada kekurangan yang dapat Anda hadapi dalam menggunakan multichannel selling, berikut uraiannya:

1. Menjual di saluran yang salah

Memiliki leverage di berbagai titik penjualan adalah hal yang bagus. Namun, jika Anda melakukan penyiapan di saluran yang salah, hal itu bisa lebih merugikan daripada menguntungkan. Itulah mengapa penting untuk meneliti untuk melihat apakah suatu saluran tepat untuk bisnis Anda.

2. Membangun infrastruktur penjualan multi channel

Bisa jadi dengan membangun infrastruktur penjualan multi channel, Anda memulai terlalu dini dan berjuang untuk menangani peningkatan beban kerja. Atau bisa juga Anda tidak memiliki perangkat lunak grosir untuk mendukung usaha Anda.

3. Mengelola Inventaris

Mengelola inventaris di satu lokasi cukup sulit, tetapi ketika Anda memiliki inventaris yang dikirim ke lokasi yang berbeda dan disimpan di gudang yang berbeda, pemantauan pergerakan inventaris dapat dengan cepat menjadi sibuk, terutama jika menggunakan spreadsheet yang tidak efisien.

Sehingga, mulailah dengan saluran yang tepat. Pebisnis harus menilai semua saluran berbeda di atas untuk menentukan saluran mana yang lebih mungkin berisi audiens target yang sejalan dengan merek, dan untuk mulai menjual di saluran baru akan mudah diintegrasikan dengan strategi penjualan Anda saat ini.

Kemudian, berikan layanan pelanggan yang luar biasa. Kembangkan strategi layanan pelanggan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan dan meningkatkan peluang pembelian berulang.

Penjualan multisaluran dapat menawarkan beberapa keuntungan bagi penjual, termasuk peningkatan penjualan, visibilitas merek yang lebih besar, dan keterlibatan pelanggan yang lebih baik.

Namun, mengelola beberapa saluran penjualan juga dapat menjadi tantangan, terutama jika setiap platform memiliki persyaratan dan aturan yang berbeda untuk penjual. Akibatnya, penting bagi penjual untuk memiliki strategi penjualan multisaluran yang solid dan menggunakan alat dan perangkat lunak yang dapat membantu mereka mengelola penjualan di berbagai saluran.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: