Strategi CEO Silverlake Axis Tonjolkan Industri Keuangan Syariah di Indonesia dan ASEAN
Perusahaan penyedia solusi teknologi dan informasi untuk perbankan inti (core banking), Silverlake Axis telah lama mengembangkan sayapnya terhadap industri keuangan syariah di Indnonesia dan Asia Tenggara (ASEAN).
CEO dan Head Islamic Banking Silverlake Axis, Othman Abdullah, menceritakan sepak terjang perusahaan agar membantu menaikkan kelas industri keuangan syariah, khususnya perbankan dan teknologi finansial (financial technology) menonjol di tengah persaingan dengan industri keuangan konvensional. Warta Ekonomi berkesempatan mewawancarainya. Berikut detailnya.
1. Apa perspektif Silverlake Axis terkait perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia saat ini?
Kami melihat Indonesia sebagai potensi yang sangat besar. Ya, karena beberapa alasan. Jika kita benar-benar memahami perlunya perbankan syariah, itu dimulai dari komitmen beragama.
Baca Juga: Industri Keuangan Syariah Potensial, Silverlake Axis Ungkap 3 Faktor Menarik Minat Generasi Muda
Kita tahu itu di Indonesia, adalah negara dengan penganut agama Islam yang sangat besar. Kita memiliki jumlah penduduk Muslim yang sangat besar yang memahami perlunya komitmen agama untuk tidak terlibat dalam transaksi bunga atau riba. Jadi inilah orang-orang yang perlu memastikan bahwa transaksi keuangan memenuhi persyaratan agama sehingga Indonesia adalah salah satu pasar utama ini.
Jika melihat sebagai perspektif industri, tren perkembangan perbankan syariah di seluruh dunia, termasuk Indonesia, benar-benar industri sedang berkembang, di mana kami dapat melihat semakin banyak perkembangan di bidang ini, yang jika Anda perhatikan bahkan pemerintah menaruh banyak komitmen untuk ini.
Di Indonesia, pemerintah lewat Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sudah punya masterplan, sudah punya blueprint. Kalau perlu, ketika perbankan syariah dimulai di Indonesia itu, mungkin agak tersegmentasi, mungkin dari segi bottom up. Sekarang lihat pengembangannya, sudah semakin banyak inisiatif top down. Ya, kami sudah melihat blueprint dari OJK. Kami melihat pendirian KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah Indonesia) yang punya masterplan.
Jadi, berdasarkan itu semua, kami melihat dari sudut pemerintah di Indonesia memang sekarang ini meletakkan penekanan terhadap perbankan syariah dan perkembangannya.
Kami juga melihat contoh penggabungan tiga bank syariah, seperti Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah itu menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Itu adalah sebagai salah satu bukti yang menunjukkan kalau pemerintah itu memang sekarang mau meletakkan penekanan pada pengembangan perbankan syariah. Karena kita harus memahami industri agar sebuah institusi benar-benar sukses. Itu benar-benar harus dapat beroperasi dalam ukuran yang tepat dan cukup besar untuk memahami pasar.
Jadi, kalau melihat semua perbankan yang kecil-kecil saja, mungkin kebutuhan modalnya tidak mencukupi. Terus kami melihat ada inisiatif seperti penggabungan itu. Jadi itu dari segi inisiatif syariahnya.
Dari segi perilaku konsumen atau nasabah, kami melihat kan semakin ramai generasi muda ini, semakin sadar dengan penggunaan produk keuangannya. Semakin ramainya generasi muda yang mungkin sekarang ini mempunyai preferensi terhadap produk perbankan syariah. Apalagi sekarang ini dengan menggunakan produk perbankan syariah yang berasaskan digital. Karena itu kan sangat sesuai dengan generasi muda saat ini, termasuk di Indonesia yang kebanyakannya sudah semakin digital savvy, menggunakan produk fintech.
Jadi, secara umum, perspektif kami dari Silverlake Axis terhadap perkembangan syariah sangat positif. Kami melihat kombinasi antara inisiatif pemerintah dan permintaan pasar. Karena itu, kami akan melihat bahwa ini sebenarnya adalah industri yang sangat menggembirakan untuk maju dalam beberapa tahun mendatang.
2. Mengenai Islamic Financial Technology, bagaimana pandangan Anda soal industri fintech, khususnya fintech syariah di Indonesia?
Pertama dan terpenting, kita perlu benar-benar menyadari bahwa saat ini kita hidup di dunia yang sangat digital. Jadi Anda bayangkan dari uang, saya kira Anda bangun juga menggunakan jam alarm dari ponsel Anda. Benar? Kemudian Anda dapat memesan Grab atau kapan pun menggunakan aplikasi seluler maka Anda bisa, Anda tahu, pergi ke restoran kapan pun Anda mencari opsi dari ponsel Anda, kan?
Jadi intinya di sini adalah kita hidup di dunia saat ini yang sangat digital. Jadi hal yang sama berlaku untuk persyaratan layanan keuangan. Biasanya, sebagai konsumen, saat ini, preferensi kita adalah solusi keuangan digital. Saya yakin Anda diberi pilihan itu. Apakah Anda ingin melakukan transaksi perbankan, ingin pergi jauh-jauh ke cabang bank atau menggunakan ponsel? Saya yakin Anda ingin menggunakan ponsel. Sehingga, perilaku konsumen saat ini akan mendorong kebutuhan solusi digital.
Jadi kami melihat produk syariah juga. Supaya bisa memastikan produk syariah diterima oleh konsumen, kami perlu memastikan produk syariah juga disampaikan secara digital.
Saya ingin menunjukkan sesuatu yang saya temukan di situs OJK yang menurut saya sangat relevan dengan percakapan kita. Ini adalah apa yang dikatakan, ya.
“Sistem dan visi perbankan syariah Bank Indonesia adalah perbankan syariah modern, berkarakter terbuka dan universal, serta inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.”
Perbankan syariah modern, terbuka dan universal, inklusif bagi seluruh rakyat Indonesia, sistem perbankan pertama yang menghadirkan bentuk aplikatif dari konsep ekonomi syariah Islam dan sekaligus dirumuskan dalam konteks permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini, dalam kesadaran sejarah, sosial, budaya, kondisi budaya negara.
Jadi ini sangat, sangat relevan dengan jawaban saya. Bahkan Bank Indonesia bervisi, berbagi solusi yang modern. Lantas apa solusi syariah yang modern? Jadi jawaban singkatnya adalah modern, pada dasarnya harus mendukung permintaan konsumen saat ini yang sangat digital.
Nah oleh karena itu, maka kami melihat bahwa lembaga keuangan saat ini, semakin banyak masalah digitalisasi keuangan yang muncul dengan layanan pengiriman digital ke pelanggan. Jika dulu, kapan pun Anda melakukan transaksi perbankan, Anda harus pergi ke cabang. Namun hari ini Anda dapat melakukannya dengan nyaman.
Namun, bukankah justru muncul solusi fintech itu adalah alternatif? Karena secara tradisional, dalam penyedia jasa keuangan tradisional, layanan mereka sedikit lebih mahal. Katakanlah, Anda tidak mau membayar biaya lebih tinggi, misalnya jika Anda harus mentransfer uang, itu belum termasuk biaya untuk Anda pergi ke cabang.
Jadi yang kami lihat hari ini, banyak perusahaan fintech yang datang dan memberikan solusi alternatif. Jadi misalnya bisa pakai, saya enggak yakin apakah di Indonesia BigPay itu terkenal. BigPay adalah aplikasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan solusi fintech ini dari penyedia layanan alternatif agar Anda dapat mendapatkan layanan dengan biaya yang jauh lebih masuk akal
Karena permintaan dari konsumen ini, kami melihat bahwa di Indonesia, banyak tren ini, sehingga kami melihat banyak dari perusahaan fintech kecil ini hadir dengan solusi digital ini.
Apa yang mereka ingin mereka tunjukkan misalnya, adalah keuangan alternatif. Kalau dulu kapan-kapan mau ambil pembiayaan untuk usaha kecil-kecilan misalnya, ya harus ke bank, atau pas ke bank, kalau tidak punya catatan kredit, tunjukin riwayat kreditnya, mereka mungkin tidak menyetujui aplikasi Anda.
Tetapi hari ini, Anda memiliki platform crowdfunding alternatif. Di Indonesia, kami melihat bahwa ini juga berkembang, dan merebak akan datang. Jadi untuk perusahaan kecil dan menengah di Indonesia, mereka memiliki alternatif tempat bagi mereka untuk mengajukan pembiayaan bisnis mereka dalam jumlah yang lebih kecil, kecil lho, proses yang lebih cepat. Jadi kami melihat bahwa perkembangan financial technology dalam konteks syariah ini juga berkembang sangat pesat di Indonesia.
3. Soal implementasi teknologi dan sistem informasi dalam perbankan syariah, apa manfaat dan pertimbangan yang perlu diambil untuk perusahaan?
Dilihat dari segi manfaat. Nomor satu, lihat dari institusi itu sendiri, yang diuntungkan adalah efisiensi. Jadi menurut saya secara umum, ketika berbicara tentang penggunaan teknologi di institusi mana pun, pada dasarnya itu dimaksudkan untuk efisiensi. Karena dengan menggunakan teknologi, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dengan lebih efisien, bisa lebih cepat, bisa lebih sedikit terhindar dari kesalahan, misalnya. Jadi itulah efisiensinya.
Nomor dua adalah, agar lembaga keuangan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang unggul. Seperti yang kami sebutkan, pelanggan saat ini, permintaannya adalah untuk dapat menggunakan layanan keuangan sesuai keinginan Anda. Jadi untuk pelanggan, konsumen, pengalaman pelanggan yang unggul, dan misalnya dengan teknologi terbaru, seperti kecerdasan buatan (AI), lembaga keuangan akan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi sekalipun.
Baca Juga: CEO Silverlake Axis soal Industri Fintech Syariah di Indonesia: Modern & Harus Dukung Konsumen
Jadi misalnya, lembaga keuangan akan dapat mengidentifikasi nasabah, apa preferensi mereka, jenis produk apa yang cocok untuk nasabah tersebut. Oleh karena itu, lembaga keuangan akan dapat menawarkan layanan keuangan yang dipersonalisasi kepada pelanggan ini.
Saya ulangi, dimulai dari efisiensi institusi turun ke pengalaman pelanggan dan semakin canggih teknologi yang digunakan, Anda bahkan dapat menawarkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. Jadi inilah manfaatnya.
Mari lihat pertimbangannya. Secara pertimbangan, jika berbicara tentang syariah dan perbankan, pertama-tama harus sesuai dengan prinsip syariah. Tak perlu dikatakan, harus ditunjukkan dan patuh.
Tiga aspek tambahan yang ingin saya tunjukkan adalah fleksibilitas, skalabilitas, dan keamanan. Karena fleksibilitas adalah solusi digital yang fleksibel, karena kami ingin lembaga tersebut dapat memiliki kapabilitas sistem yang fleksibel untuk inovasi lembaga keuangan. Misalnya, mereka ingin menghadirkan produk baru, mereka ingin menghadirkan layanan baru, bukan? Sehingga mereka akan membutuhkan solusi teknologi yang fleksibel.
Elemen kedua yang sangat penting adalah dapat diskalasi (scalable), karena biasanya lembaga keuangan khususnya syariah, sangat baru dibandingkan konvensional. Jadi biasanya perbankan syariah akan menjadi institusi yang lebih kecil, tetapi mereka harus tumbuh di kemudian hari. Jadi dari ukuran kecil hingga besar. Kami membutuhkan solusi yang dapat diskalakan, yaitu ‘perahu’ untuk memenuhi ukuran operasi mereka saat ini.
Misalnya, kalau hari ini punya lima cabang kan, solusinya bisa melayani lima cabang. Tapi akhirnya mereka ingin berkembang ingin menambah jumlah cabang menjadi 10, 20, 30, 40. Jadi sistemnya harus fleksibel dan mendukung itu.
Dalam hal jumlah pelanggan yang mungkin mereka mulai dengan 100, kemudian mereka ingin tumbuh menjadi 1000, ingin tumbuh menjadi 20.000, atau 100.000. Jadi solusinya harus dapat mendukung untuk mendukung skalabilitas mereka untuk tumbuh.
Ketiga adalah keamanan, karena kita berbicara tentang solusi digital hari ini. Anda memahami bahwa kata pertama yang akan Anda temui adalah keamanan siber. Sistem harus diamankan agar benar-benar ada orang tidak bisa begitu saja, itu lho, melakukan penipuan atau fraud. Jadi sistemnya harus sangat aman. Itu dari segi pertimbangan.
Salah satu pertimbangan yang ingin saya soroti adalah dari rekam jejak implementasinya. Kami sudah berbicara tentang perspektif solusi tadi. Solusinya harus fleksibel, harus dapat diskalakan, harus aman.
Tapi ada satu komponen lagi, karena tidak peduli seberapa canggih solusi yang ada, penerapan solusi itu sangat penting. Karena sistem perbankan bukanlah solusi bongkar pasang atau plug and play. Sistem perbankan hanya akan beroperasi dengan implementasi yang tepat. Lalu apa saja yang terlibat dalam implementasinya? Konfigurasi, integrasi, dengan sistem sekitarnya dengan sistem eksternal.
Seperti misalnya, jika Anda memiliki sistem perbankan, Anda perlu mengintegrasikan dengan sistem pembayaran lokal agar Anda dapat menangani RTGS, ATM Bersama misalnya. Jadi akan ada persyaratan integrasi.
Jika institusi bermigrasi dari solusi lama ke solusi baru, akan ada elemen migrasi data. Anda perlu memigrasikan data dari sistem lama ke sistem baru. Jadi untuk implementasi ini, rekam jejak implementasinya sangat penting, karena kami tanpa kerja sama dengan mitra yang sudah sangat berpengalaman dengan rekam jejak implementasinya sangat terbukti, ini akan menjadi salah satu kegagalan terbesar yang bisa terjadi.
Jadi Silverlake Axis, kami percaya pada ketiganya. Kami mengatakan bahwa kami memiliki keahlian, pengalaman, dan eksekusi. Jadi ketiga hal ini sangat penting untuk menjamin keberhasilan implementasi.
Jika saya dapat merangkum jawaban atas pertanyaan ini, dua yang pertama dalam hal manfaat atau benefit, saya sebutkan lagi yakni tentang efisiensi dan pengalaman pelanggan, dan dalam pertimbangan adalah fleksibilitas, skalabilitas, keamanan, dan kekuatan penerapannya. rekam jejak, dengan penekanan pada histori, keahlian, pengalaman dan eksekusi.
4. Hingga saat ini, berapa pendapatan Silverlake Axis dan apa rencana perusahaan untuk paruh tahun 2023 ini?
Saya hanya dapat berbagi dengan Anda pendapatan yang kami hasilkan hingga tahun 2022, karena tahun keuangan kami 2023, kami belum tutup dan itu tertunda, menurut disclosure kepada perusahaan publik kami.
Jadi saya dapat membagikan angkanya kepada Anda pada tahun 2022. Jadi pada tahun keuangan 2022, kami menutup buku dengan pertumbuhan pendapatan sebesar RM736,5 juta (Rp2,4 triliun), dan itu pada dasarnya sama dengan pertumbuhan 18% dari tahun sebelumnya dan peningkatan 8% dari tahun sebelumnya melebihi rekor pendapatan tertinggi sebelumnya.
Jadi tahun depan ini kami positif lagi, tapi angkanya belum bisa diumumkan, menunggu pengumuman ke bursa kami.
Satu hal yang kami perhatikan salah satu hal baik yang terjadi saat pandemi, institusi itu mengeluarkan uang untuk IT. Karena saya percaya bahwa orang-orang menyadari selama pandemi, hanya dengan kemampuan digital lah institusi dapat beroperasi.
Maka karena itu adopsi digital sangat tinggi dan itu juga membuat lembaga keuangan benar-benar melihat datanya. Ya, memperbaiki masalah apa pun yang mereka miliki dan mulai memperkenalkan layanan baru. Dan karena itu, kami telah mendapatkan banyak pesanan dari pelanggan kami yang sudah ada serta peluang baru yang datang dari prospek baru, yang sebenarnya ada di pasar lain kami.
Kami melihat tren yang sama di Indonesia, kami melihat tren ini di Malaysia dan Thailand. Jadi kurang lebih itu yang bisa kami tawarkan. Ini prospek yang sangat positif dalam hal pertumbuhan pendapatan, sekali lagi di tahun keuangan berikutnya.
5. Berkompetisi dengan bank konvensional, apakah bank syariah masih diminati di Indonesia dan bagaimana caranya agar tetap menonjol?
Ini pertanyaan yang sangat bagus. Pertama-tama, perlu memahami apa yang akan menjadi batasannya terlebih dahulu, sehingga kita dapat berbicara tentang bagaimana bank syariah dapat menonjol.
Jika kami melihat perbankan syariah dari segi ukurannya. Mari tidak berbicara tentang pengalaman di pasar karena seperti yang kita semua tahu, perbankan syariah, Anda tahu, masih anak baru, new kids on the block. Jadi karena itu, mereka memiliki periode akses terbatas.
Jadi faktor lain yang sangat penting yang perlu dikenali adalah dari segi modal. Kelompok perbankan konvensional yang lebih besar akan memiliki modal yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bank syariah. Jadi, perbankan syariah sudah memiliki keterbatasan dalam hal permodalan.
Ketika Anda memiliki modal yang lebih sedikit, menjadi lebih menantang bagi Anda untuk menjadi sangat kompetitif. Karena Anda kesulitan menarik talenta terbaik, bukan? Dan menghabiskan teknologi paling mahal. Ini merupakan tantangan yang harus kami akui, karena perbankan syariah umumnya lebih kecil dibandingkan konvensional yang lebih berpengalaman, yang syariah justru memiliki modal lebih kecil. Oleh karena itu, mereka akan memiliki tantangan dalam menarik talenta ini dan solusi yang mahal.
Tapi bagaimana bisa mengubah tantangan ini menjadi manfaat? Untungnya, ya, kita hari ini hidup di dunia teknologi. Jadi bayangkan jangkauan nasabah jika perbankan syariah perlu bersaing dengan perbankan konvensional 50 tahun lalu, yang satu-satunya cara agar Anda terlihat adalah dengan membuka cabang, bukan? Jadi perbankan syariah pasti berada di sisi inferior, karena yang syariah tidak akan bisa membuka cabang sebanyak konvensional. Tetapi jawabannya adalah hari ini dengan memanfaatkan teknologi.
Jadi pada dasarnya, Anda dapat menawarkan teknik yang dapat Anda lompati, kata kunci yang ingin saya gunakan di sini adalah melompat. Jadi daripada mengulang apa yang bank konvensional dengan hadir secara fisik kemudian hanya bergerak ke digital, perbankan syariah bisa langsung masuk ke solusi digital.
Jadi dari segi solusi digital, perbankan syariah bisa berada pada level yang sama dan berperan di lapangan dengan konvensional, kan.
Dari segi eksposur atau paparannya yang menyadarkan masyarakat soal ini. Jadi misalnya, sekarang dengan teknologi perbankan syariah, mereka bisa memanfaatkan media sosial. Benar? Jadi dulu-dulu itu kami harus punya iklan yang sangat besar lho. Anda perlu mencetak di koran. Anda harus benar-benar memasang papan reklame di jalan raya, bukan? Tapi sekarang dengan media sosial, bisa nge-blast ke orang Facebook, Instagram, orang Tiktok, dan LinkedIn. Pasti Anda akan dapat memanfaatkan teknologi ini untuk bersaing.
Lalu jawaban singkat atas pertanyaan Anda adalah bagaimana perbankan syariah bisa berdiri? Jadi kami akan benar-benar melakukan lompatan dengan memanfaatkan teknologi yang memanfaatkan inovasi terbaru ini, media sosial dan semua ini yang akan membantu menjadikan perbankan syariah menonjol. Dan untuk pasar seperti Indonesia, misalnya, yang memiliki populasi semakin cakap digital atau digital savvy, saya sangat yakin strategi ini akan berhasil. Jadi itulah jawaban saya untuk pertanyaan Anda.
6. Apa saja kendala yang dihadapi Silverlake Axis saat membantu bank syariah di Indonesia? Bagaimana mengatasinya?
Saya melakukan banyak pemasaran di Indonesia. Saya mempresentasikan kepada banyak orang, pada saat itu untuk calon bagi mereka belum memulai bisnis. Tetapi setiap kali kami memiliki tantangan ini dalam hal keterjangkauan sistem, kembali ke poin yang saya buat sebelumnya bahwa perbankan syariah memiliki modal yang jauh lebih kecil, sehingga mereka memiliki lebih sedikit uang untuk berbelanja pada teknologi.
Tetapi jika Anda tidak mendapatkan layanan keuangan seperti layanan Silverlake Axis, institusi menengah hingga besar, maka keterjangkauan menjadi masalah.
Jadi bagaimana mengatasi keterjangkauan ini sekarang? Terima kasih untuk teknologi ini seperti komputasi awan atau cloud saat ini. Ada konsep perangkat lunak sebagai layanan atau software-as-a-Service (SaaS). Dengan teknologi seperti cloud dan SaaS ini, biaya yang harus Anda keluarkan bagi lembaga keuangan bank syariah untuk menggunakan sistem ini jauh lebih murah dibandingkan dengan di masa lalu, yang mereka harus benar-benar mengimplementasikan sistem on premise. Mereka harus membeli lisensi, perangkat keras, infrastruktur, semuanya, dan mereka harus membayar implementasinya. Namun kini dengan teknologi cloud dengan konsep SaaS, Silverlake Axis kini mampu menawarkan harga yang lebih kompetitif kepada prospek kami di perbankan syariah.
Nah itu salah satu kendala yang kita hadapi. Ya, kurang lebih soal itu karena kami tidak terlalu mempersoalkan dalam hal pemahaman kebutuhan dan sebagainya karena kami sendiri sangat familiar dengan perbankan syariah, tapi lebih pada keterjangkauan seperti yang saya sebutkan.
7. Soal pengelolaan risiko bank syariah, bagaimana solusi yang disediakan Silverlake Axis membantu mereka?
Ketika berbicara tentang manajemen risiko, sebelum berbicara tentang seberapa miripnya itu, lihatlah komponennya.
Perlu pahami sejauh mana manajemen risiko yang diperhatikan, saya selalu ingin menekankan bahwa hal ini dapat menciptakan masalah sumber daya manusia, proses, dan teknologi.
Kami telah menyebutkan sebelumnya bahwa manusia adalah komponen terlemah. Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk dididik dengan baik, dan dilatih dengan baik tentang masalah risiko.
Kedua adalah proses. Institusi harus memiliki proses untuk mengelola risiko dan proses ini berasal dari sisi tata kelola, identifikasi, sisi mitigasi, kemudian sampai ke teknologi.
Jadi teknologinya nanti bisa digunakan dengan benar untuk membantu mitigasi yang ada dan dengan manajer yang mengelola risikonya.
Saya beri contoh dalam hal teknologi, seberapa mirip Silverlake Axis memilikinya. Misalnya, tindakan pengamanan. Kami memastikan bahwa solusi yang kami berikan, sangat aman sehingga tidak ada yang bisa masuk dan meretas sistem. Terima kasih atas teknologi yang telah kami adopsi, bukan? Tentu, ya, berdoa, minta hal itu dijauhkan kepada Allah SWT. Tidak ada lembaga keuangan yang mengaktifkan Silverlake Axis ini, diretas.
Jadi sangat penting dari segi teknologi, kita harus memastikan bahwa teknologi yang kita berikan cukup aman dalam hal manajemen akses pengguna, dalam hal akses jaringan dan semua itu dalam hal keamanan.
Komponen ideal yang dapat dibantu adalah dengan sistem manajemen fraud. Menggunakan teknologi AI, misalnya. Anda akan bisa menjalankan sistem untuk mengecek, apakah ada potensi penipuan.
Kembali lagi ke tiga komponen, yakni manusia, proses, dan teknologi, lalu sebagai penyedia solusi teknologi, kami telah menyediakan modul dan fungsi yang akan dapat membantu lembaga keuangan.
8. Silverlake Axis sudah ekspansi hingga ke Indonesia, apa yang membuat Anda dan tim bisa seperti ini?
Dalam hal ekspansi bisnis, kami mencari peluang untuk memperluasnya, dan seperti yang saya sebutkan Silverlake Axis di Indonesia bukanlah hal baru, mulai tahun 1990, akhir tahun 90-an lah. Karena kami melihat banyak peluang karena kami melihat institusi lembaga keuangan di Indonesia juga sedang melakukan modernisasi.
Karena institusi memodernisasi diri dan kami sebagai mitra teknologi, biasanya kami akan memposisikan diri sebagai agen transformasi. Kami bekerja dengan mitra kami untuk membantu transformasi. Institusi mana pun yang mencari transformasi, kami pasti akan menawarkan layanan kami, dan itu khusus untuk pasar Indonesia. Kami melihat banyak peluang ini.
Sejak dulu ketika sistem perbankan sudah cukup tua, mereka ingin pindah ke sistem terpusat yang lebih kuat sampai sekarang. Kami melihat bahwa mereka mulai bertransformasi lagi lho, dari cara tradisional melayani pelanggan menjadi cara digital melayani pelanggan.
Pada dasarnya itulah faktor pendorong yang timbul dari kebutuhan bisnis pelanggan kami. Kami memiliki motto ini di Silverlake, kami mengatakan bahwa kami menghasilkan pendapatan berulang dengan menyelesaikan masalah pelanggan dan tujuan bisnis kami adalah menghasilkan pendapatan berulang dengan memecahkan masalah pelanggan. Jadi kami akan selalu mencari tahu masalah pelanggan dan prospek dan kam, serta kami ingin menawarkan layanan kami untuk memecahkannya. Kami melihat bahwa solusi teknologi adalah salah satu cara terbaik saat ini untuk membantu memecahkan masalah pelanggan dan bisnis.
9. Industri keuangan syariah memang masih potensial di Asia Tenggara, bagaimana cara Anda untuk merangkul pekerja kelompok milenial dan Gen-Z berkontribusi di sektor ini?
Mari bicara tentang pengembangan talenta, pendidikan, pengembangan bakat sebagai faktor yang mempengaruhi.
Pertama-tama, saya bisa melihat bahwa jika pendidikan, benar, jika pemerintah dapat memasukkan silabus keuangan syariah ke dalam pendidikan, ini akan memberikan lebih banyak eksposur kepada generasi muda. Benar. Jadi dengan eksposur, muncul minat.
Ya, akan terlihat seperti misalnya, kami melihat semakin banyak perguruan tinggi sekarang yang menawarkan gelar di bidang keuangan Islam, bukan? Magister keuangan Islam, PhD dalam keuangan Islam. Jadi, kami melihat bahwa dengan upaya ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Karena mereka melihat setelah lulus baru tahu ada lembaga syariah ini atau sedang mencari pekerjaan, jadi mereka bisa melamar pekerjaan di Bank Syariah Indonesia misalnya, kan? Itu dari segi pendidikan.
Tapi saya ingin sekali melihat pendidikan ini bisa dimulai dari sekolah dasar (SD), tidak menunggu sampai tingkat sarjana, mulai dari SD sudah memberikan paparan tentang syariah, keuangan, kan? Dan kemudian ketika pergi ke pendidikan SMP, dapat memiliki lebih banyak eksposur, maka akan lebih mudah ketika kuliah ke tingkat universitas, bukan? Jadi itu dari unsur pendidikan.
Yang lainnya adalah dari unsur pengembangan talenta. Misalnya, kami memberikan kesempatan kepada masyarakat yang saat ini berada di industri perbankan konvensional untuk mengetahui persyaratan perbankan syariah. Jadi berikan mereka pelatihan, berikan program pengenalan, sehingga mereka dapat memperluas wawasan mereka.
Hal ini sebenarnya sangat penting karena jika Anda mengajar di perguruan tinggi, bagi orang yang tidak memiliki pengalaman praktik, pemahamannya mungkin akan lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang sudah berpengalaman di industri.
Bayangkan jika Anda sudah bekerja di lembaga keuangan, kenapa tidak coba dua tahun, dan Anda mengerti bagaimana sebuah lembaga keuangan bekerja. Kemudian ketika Anda memasukkan unsur syariah ke dalamnya, ya, itu akan meningkatkan pemahaman. Jadi ini dalam hal pengembangan bakat yang berkelanjutan.
Terakhir, saya ingin menyinggung faktor yang berpengaruh seperti media sosial. Seperti yang kita tahu bahwa generasi muda, mereka sangat banyak di media sosial, kan. Jadi kalau kita bisa pakai media sosial, maka untuk memberikan awareness, saya yakin ini akan menjadi salah satu cara yang efektif untuk juga menjaring minat generasi muda terhadap syariah dan perbankan.
10. Apa pesan Anda untuk pemain industri fintech atau keuangan syariah di Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian global?
Kita harus memperbaiki niat. Izinkan saya memulai sedikit dari aspek spiritual, kemudian saya akan membawanya ke aspek ekonomi dan teknologi.
Aspek spiritual, rahasianya adalah Anda harus memperbaiki niat Anda. Apa pun yang Anda lakukan, pada akhirnya, bukan hanya untuk dunia ini, tetapi juga untuk membawa sebagai bekalan di kemudian hari.
Jadi melakukan niat yang benar, lalu Anda melanjutkan ke eksekusi. Ini adalah industri yang sangat berkembang dengan banyak peluang. Seperti yang telah kami sebutkan, kami melihat bahwa ini adalah sesuatu yang akan datang. Teknologi ini, kami melihat permintaan yang sangat besar dari pelanggan. Kami melihat upaya bersama di tingkat pemerintah untuk memajukan industri ini. Jadi saat Anda memiliki kedua elemen ini sangat penting saat Anda membutuhkan pendekatan top down.
Begitu mendapat dukungan dari pemerintah, dan Anda mendapat permintaan dari industri, maka Anda memiliki peluang sukses yang lebih baik.
Jadi ya, dengan itu, lalu apa yang perlu Anda lakukan? Anda perlu memastikan bahwa Anda melakukan sesuatu yang kompetitif. Karena pada akhirnya, agar kebutuhan industri Anda berhasil, itu harus kompetitif.
Anda perlu memastikan bahwa jika Anda memberikan solusi, mengapa orang ingin menggunakan solusi Anda dan bukan solusi orang lain? Harus ingat ini adalah pasar terbuka, orang-orang, semua berinovasi. Semua ingin mendapatkan kue.
Jadi bagaimana Anda bisa memastikan kesuksesan Anda? Anda harus memastikan bahwa Anda kompetitif, praktikal, memecahkan masalah nyata, maka hanya Anda yang dapat menghasilkan uang darinya. Karena Anda tidak bisa hanya menemukan solusi inovatif di pasar, tetapi itu tidak menyelesaikan masalah pelanggan. Saya tidak berpikir orang akan menggunakan solusi Anda. Jadi aspek daya saing sangat penting.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Lestari Ningsih
Advertisement