Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) adalah software yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola interaksi dan hubungan dengan pelanggan mereka. Tujuan utama dari aplikasi CRM adalah untuk membantu perusahaan memahami, mengelola data pelanggan, dan memaksimalkan interaksi dengan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan yang memberi keuntungan bisnis.
Dengan tersedianya berbagai fitur dan fungsi yang membantu bisnis dalam mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis informasi tentang pelanggan, aplikasi tersebut memberi kemudahan pengelolaan bisnis. Informasi yang bisa disediakan seperti data kontak, riwayat pembelian, pilihan transaksi, riwayat komunikasi melalui telepon dan pesan, serta lebih banyak lagi. Melalui informasi ini, bisnis dapat melanjutkan strategi dan aktivitasnya lebih mudah dan terkontrol.
Baca Juga: Tips dan Manfaat Aplikasi Stok Barang di majoo dalam Bisnis
Keuntungan Aplikasi CRM
Bisnis yang menggunakan aplikasi CRM mendapat banyak keuntungan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan. Berikut ini beberapa keuntungan yang sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis.
1.Peningkatan Hubungan Pelanggan
CRM membantu bisnis memahami kebutuhan pelanggan. Melalui aplikasi, bisnis bisa mendapat data lengkap berupa data kontak, preferensi, riwayat pembelian, interaksi yang terjadi, dan catatan khusus. Dengan informasi ini, bisnis dapat memberikan layanan yang lebih baik dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.
Dengan akses ke data pelanggan yang terperinci, bisnis dapat mempersonalisasi komunikasi dengan pelanggan. Pesan-pesan yang dibuat sesuai dengan preferensi dan riwayat pelanggan cenderung lebih menarik perhatian dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Bisnis juga bisa memberi respon cepat terhadap permintaan atau masalah pelanggan dan mengambil tindakan sebagai solusi yang diperlukan.
Dengan mengetahui preferensi pelanggan, Anda juga bisa memberi penawaran khusus atau layanan tambahan pada pelanggan sesuai kebutuhan mereka. Hal ini bisa menjadi peluang meningkatkan nilai transaksi dan menghasilkan penjualan tambahan. Melalui hubungan yang baik, Anda juga bisa melibatkan pelanggan ketika ada perubahan produk atau peluncuran produk baru. Pelanggan yang merasa dihargai dan diperhatikan cenderung tetap setia terhadap perusahaan.
2.Peningkatan Efisiensi Bisnis
Aplikasi CRM membantu bisnis mengoptimalkan berbagai proses operasional dan aktivitas terkait pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara keseluruhan. Cara-cara yang dilakukan antara lain adalah otomatisasi proses bisnis seperti penjadwalan, pengiriman email, dan manajemen inventaris.
Ini mengurangi beban kerja manual, sehingga tim bisnis fokus pada tugas yang lebih penting. Aplikasi juga akan melakukan pencatatan aktivitas bisnis termasuk panggilan telepon, email, dan pertemuan. Pencatatan dibuat rapi dan bisa diakses dengan mudah dalam satu aplikasi saja. Begitu pula dengan pengaturan jadwal aktivitas dan kerjasama antar bagian dalam bisnis yang bisa dibuat dengan alur yang lebih teratur melalui aplikasi.
Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan data dan informasi akurat yang bisa dimanfaatkan dalam penerapan strategi bisnis selanjutnya. Kerjasama tim bisnis yang kompak dan baik akan mengoptimalkan layanan pelanggan, meningkatkan kinerja dan efisiensi bisnis keseluruhan.
3.Peningkatan Penjualan dan Keuntungan Bisnis
Dengan penggunaan CRM, bisnis bisa mengidentifikasi peluang penjualan baru dan cross-selling. Dengan mengetahui data pelanggan setia, preferensi pelanggan, dan tren pembelian, bisnis dapat menargetkan penawaran yang relevan dan meningkatkan penjualan.
Anda bisa memberikan layanan jangka panjang dan penawaran produk sesuai kebutuhan pelanggan yang menguntungkan kedua belah pihak. Sehingga pada akhirnya akan menambah penjualan-penjualan baru dan memberi keuntungan bisnis di masa depan.
4.Peningkatan Performa Bisnis
Aplikasi CRM membantu bisnis meningkatkan performa dengan cara yang akurat. Melalui analisis data yang mendalam terhadap pelanggan, Anda bisa mengidentifikasi tren sekaligus mendapat informasi penting dalam pengambilan keputusan bisnis yang dibutuhkan.
Anda juga bisa menganalisa segmentasi pelanggan dengan mudah untuk tujuan penyusunan strategi pemasaran yang efektif dan relevan. Dengan melakukan personalisasi komunikasi dengan pelanggan, respon yang didapat bisa lebih baik, cepat, dan meningkatkan citra bisnis serta membentuk pelanggan yang setia.
Tim bisnis di bidang pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan bekerja secara real-time melakukan aktivitas dan perbaikan yang dibutuhkan untuk memanfaatkan peluang penjualan. Kinerja antar tim bisa terpantau dengan mudah melalui data penjualan yang dihasilkan. Dengan begitu, bisnis dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan mengoptimalkan produktivitas untuk meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan.
5.Mengidentifikasi Peluang Baru
Bisnis yang didukung dengan penggunaan CRM, bisa mengidentifikasi peluang-peluang baru dan tren yang terjadi. Anda bisa melakukan inovasi produk, mengembangkan produk baru, atau menambah layanan yang bisa didapat pelanggan.
Dengan begitu penjualan baru akan terjadi, baik dari pelanggan lama atau konsumen baru. Kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan semakin meningkat dan membuat pelanggan semakin setia serta mendorong pelanggan memberikan referensi tanpa perlu Anda minta. Hal tersebut membantu meningkatkan efisiensi penjualan dan sangat berguna untuk pertumbuhan bisnis menuju skala yang lebih besar.
Sederet keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan performa bisnis, bahkan lebih dari 75% dengan menggunakan aplikasi CRM yang tepat. Mekari Qontak merupakan penyedia software CRM yang mampu mengelola penjualan dan layanan pelanggan lebih efisien, sehingga pendapatan serta performa bisnis meningkat tajam.
Baca Juga: Aplikasi Preventive Health Fita Dorong Perubahan Gaya Hidup Sehat di Indonesia
Aplikasi ini telah digunakan lebih dari 3500 mitra bisnis untuk mengelola seluruh data pelanggan dari berbagai channel dalam satu database terpadu. Hubungan dengan pelanggan jadi lebih dekat, keputusan bisnis dapat diambil lebih tepat, pemantauan performa bisnis lebih akurat, dan efisiensi biaya serta layanan pelanggan hingga 80%.
Aplikasi ini juga sudah tersertifikasi dan memiliki sistem keamanan sangat ketat untuk melindungi seluruh data mitra bisnis dan pelanggannya. Segera gunakan aplikasi ini untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda!
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ayu Almas
Tag Terkait:
Advertisement