Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PT PII Jamin Proyek Jalan Tol Cikunir-Ulujami dengan Nilai Rp21,25 Triliun

PT PII Jamin Proyek Jalan Tol Cikunir-Ulujami dengan Nilai Rp21,25 Triliun Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan penjaminan proyek jalan tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami yang berlokasi di DKI Jakarta dan Jawa Barat. 

Penjaminan infrastruktur jalan sepanjang 21,44 km dengan nilai investasi sebesar Rp21,25 triliun ini dilakukan melalui kerja sama pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

Komitmen PT PII dalam proyek ini ditandai dengan penandatanganan beberapa Perjanjian Kerja Sama oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Direktur Utama PT PII Wahid Sutopo, dan Direktur Utama PT Jakarta Metro Ekspressway Omar Dani Hassan.

Baca Juga: PUPR Siap Bangun Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami di 2024

Sutopo mengatakan, dengan ditandatanganinya perjanjian proyek tersebut, PT PII akan memberikan penjaminan yang mencakup risiko keterlambatan pengadaan tanah, risiko keterlambatan penyesuaian tarif, risiko politik temporer dan risiko politik permanen.

Penjaminan yang diberikan oleh PT PII tersebut dimaksudkan untuk memberikan kepastian dan kenyamanan bagi investor dalam berinvestasi pada proyek jalan tol tersebut. 

“Skema KPBU yang merupakan bagian dari Innovative Financing yang kami dukung pada proyek jalan tol ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur jalan yang saat ini sangat dibutuhkan sehingga akan meningkatkan dampak positif yang dirasakan masyarakat, salah satunya dengan kelancaran lalu lintas sehingga mobilitas dan distribusi di masyarakat lebih optimal serta dampak ekonomi pun meningkat," kata Sutopo, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (18/10/2023).

Sutopo juga menambahkan, penandatanganan ini merupakan penjaminan proyek jalan tol kedua PT PII di tahun 2023, setelah sebelumnya memberikan penjaminan pada proyek jalan tol akses Patimban di awal 2023 lalu. 

“Komitmen PT PII untuk terus mendorong skema pembiayaan inovatif akan terus dijalankan, utamanya untuk membantu beban APBN. PT PII juga secara terbuka senantiasa mendukung Kementerian PUPR, kementerian-kementerian lain maupun Pemerintah Daerah yang akan mengembangkan proyek skema KPBU," tambah Sutopo. 

Baca Juga: Empat Tahun Beroperasi Penuh dan Terkoneksi, Jasa Marga Catat 1,11 Juta Kendaraan Lintasi Ruas Jalan Tol Trans Jawa Setiap Hari

Sebagai informasi, proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami dibangun bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, mengurangi kemacetan dan waktu tempuh di JORR-1, serta meningkatkan tingkat pelayanan jalan, menyediakan rute alternatif untuk perjalanan jarak jauh, dan memperkuat jaringan jalan tol di Jabodetabek.

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: