Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bak Pisau Bermata Dua, Ada Ancaman Dibalik Cuan Pemanfaatan AI

Bak Pisau Bermata Dua, Ada Ancaman Dibalik Cuan Pemanfaatan AI Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria menilai pemanfaatan Artifisial Intelijen (AI) di Indonesia kian masif di berbagai sektor. Berdasarkan data yang diperolehnya, pemanfaatan AI di Indonesia telah membantu sekitar 22,1 persen pekerja di berbagai bidang.

Nezar juga menyebut, pemanfaatan AI juga mendorong pertumbuhan ekonomi secara global. Menurutnya, nilai pasar global AI saat ini telah mencapai angka USD 142,3 miliar di tahun 2023.

Baca Juga: Kominfo Beberkan Strategi untuk Tekan Angka Generasi Muda Terjerat TPPO Online Scamming

"Kontribusinya bagi PDB ASEAN di tahun 2030 diprediksi mencapai angka 1 Triliun US Dolar dengan Indonesia berkontribusi sebesar 366 Miliar US Dolar diantaranya," kata Nezar dalam konferensi persnya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Kendati demikian, Nezar menilai AI bak pisau bermata dua yang tak luput dari tantangan kendati tak dipungkiri memberikan disrupsi di berbagai lini, di sektor bisnis, dunia pendidikan hingga jasa kreatif.

"Kehadiran AI juga membawa berbagai tantangan, seperti bias algoritma AI yang dapat mendorong tindakan diskriminatif, hingga ancaman keberlangsungan beragam pekerjaan akibat otomasi AI," ungkapnya.

Oleh karena itu, Nezar menilai perlu dibentuk tata kelola AI yang baik untuk menghindari ancaman-ancaman tersebut. Nezar mengaku tengah menggodok pedoman tentang penggunaan AI di Indonesia.

Baca Juga: Usung Kolaborasi Antarsektor, Kominfo Kenalkan Program SSI X

"Kita perlu menyiapkan tata kelola AI yang komprehensif dan dapat melindungi masyarakat. Untuk itu, kita tengah menyiapkan Surat Edaran Menteri Kominfo tentang Pedoman AI," jelasnya.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: