Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Mempercepat Financial Freedom Sebelum Pensiun

Cara Mempercepat Financial Freedom Sebelum Pensiun Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mencapai kebebasan finansial menjadi impian hampir semua orang, terutama di kalangan generasi muda. Pada kondisi tersebut, Anda telah memiliki aset dan keuangan yang cukup tanpa merasa khawatir akan kekurangan. Segala kebutuhan hidup dasar, seperti makan dan membeli pakaian, sudah terpenuhi tanpa harus bekerja secara aktif.

Financial freedom merupakan keadaan ketika Anda secara sadar mampu mengendalikan keuangan selaras dengan pilihan hidup. Hal ini berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan seperti tabungan, investasi, dan ketersediaan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ditambah dana pensiun yang menjadi salah satu tujuan jangka panjang.

Lantas bagaimana cara mempercepat financial freedom sejak muda?

Cara Mempercepat Financial Freedom Sebelum Pensiun

Untuk mencapai financial freedom sebelum pensiun, Anda membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda mempercepat pencapaian financial freedom sebelum pensiun.

1. Tentukan Target Pensiun

Langkah pertama menuju financial freedom adalah menentukan target pensiun yang jelas. Tentukan kapan Anda ingin pensiun dan berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk mencapai gaya hidup yang Anda inginkan. Target yang jelas membuat Anda bisa rencana yang lebih terarah dan realistis.

2. Memahami Kondisi Finansial

Pahami kondisi finansial Anda saat ini dengan menilai aset, utang, pendapatan, dan pengeluaran. Buat neraca keuangan pribadi untuk mengetahui posisi keuangan Anda secara keseluruhan.

Melalui cara ini, Anda bisa menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai target pensiun.

3. Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan dengan bijak adalah kunci untuk mencapai financial freedom. Buat anggaran bulanan realistis yang mencakup semua pengeluaran dan penghasilan bulanan Anda dari berbagai sumber tersedia.

Identifikasi pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan, prioritaskan pengeluaran yang mendukung tujuan keuangan jangka panjang Anda. Buka tabungan khusus untuk mengalokasikan dana pensiun dan manfaatkan hasil investasi untuk mempercepat terwujudnya rencana jangka panjang.

4. Miliki Sumber Pendapatan Lebih

Mengandalkan satu sumber pendapatan mungkin tidak cukup untuk mencapai financial freedom sebelum pensiun. Cari cara untuk menambah sumber pendapatan, seperti pekerjaan sampingan, side hustle, melakukan bisnis online, atau berinvestasi.

Diversifikasi sumber pendapatan dapat meningkatkan stabilitas keuangan dan mempercepat pencapaian tujuan Anda.

5. Memulai Investasi

Investasi adalah cara efektif untuk meningkatkan kekayaan dan mencapai financial freedom. Mulailah berinvestasi sedini mungkin dalam berbagai instrumen, seperti saham, obligasi, reksa dana, atau deposito.

Diversifikasi portofolio investasi bertujuan untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan. Ingatlah untuk memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan serta melakukan konsultasi dengan ahli investasi untuk mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai.

6. Lunasi Utang

Utang dapat menjadi beban besar yang menghambat pencapaian financial freedom. Prioritaskan pelunasan utang dengan bunga tinggi, seperti kartu kredit atau pinjaman pribadi.

Buat strategi pelunasan yang efektif, seperti metode snowball atau avalanche, yakni melunasi utang secara terstruktur dengan lebih cepat dan efisien menggunakan strategi yang cocok sesuai kondisi keuangan Anda saat ini.

7. Tingkatkan Tabungan

Menabung secara rutin dan disiplin adalah kunci untuk mencapai financial freedom. Tetapkan persentase tertentu dari pendapatan yang akan Anda sisihkan untuk tabungan dan investasi setiap bulan.

Buat dana darurat yang cukup untuk menutupi biaya hidup selama 3-6 bulan untuk menghadapi situasi tak terduga tanpa mengganggu investasi jangka panjang.

8. Pendidikan Keuangan

Pendidikan keuangan juga menjadi investasi yang sangat penting. Teruslah belajar tentang manajemen keuangan, investasi, dan strategi perencanaan pensiun.

Ikuti seminar, baca buku, atau konsultasikan dengan penasihat keuangan profesional untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keuangan Anda.

9. Rencana Pensiun yang Fleksibel

Buat rencana pensiun yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan perubahan situasi. Tinjau kembali rencana pensiun Anda secara berkala untuk memastikan masih relevan dan sesuai dengan kondisi finansial dan pasar saat ini.

Fleksibilitas dalam rencana pensiun memungkinkan Anda bisa menyesuaikan strategi jika ada perubahan yang signifikan dalam kehidupan atau tren ekonomi.

Mencapai financial freedom sebelum pensiun membutuhkan perencanaan yang matang, disiplin, dan strategi yang tepat. Menjaga kesehatan juga berperan penting dalam memastikan Anda dapat menikmati masa pensiun dengan tenang, sejahtera, dan terhindar dari kebutuhan biaya kesehatan yang tinggi yang dapat menguras tabungan dan investasi di masa depan.

Baca Juga: Bukan Orang Sembarangan, Ini Sosok Ahli Keuangan di Balik Lounge Canggih Milik Dinar Candy

Mempercepat Financial Freedom dengan Buka Rekening Tabungan digibank

Mau mempercepat terwujudnya financial freedom sebelum pensiun? Berikut ini beberapa cara buka tabungan dapat membantu mempercepat pencapaian financial freedom.

1. Menyisihkan Dana Secara Teratur

Sisihkan dana secara teratur dengan menetapkan jumlah tertentu setiap bulan. Melalui cara ini, Anda dapat membangun kebiasaan menabung yang konsisten yang dapat digunakan untuk kebutuhan di masa depan.

2. Memisahkan Dana untuk Tujuan Keuangan Tertentu

Pisahkan dana sesuai dengan tujuan keuangan tertentu. Misalnya, rekening khusus untuk dana darurat, pendidikan anak, atau liburan. Cara ini dilakukan supaya Anda bisa lebih mudah mengelola keuangan dan memastikan bahwa setiap tujuan keuangan memiliki dana yang cukup.

3. Memanfaatkan Bunga Tabungan

Bunga yang diperoleh dari rekening tabungan, meskipun mungkin tidak besar, dapat menambah saldo seiring waktu. Ini adalah bentuk pendapatan pasif yang dapat membantu mempercepat pencapaian financial freedom. Pilih bank yang menawarkan bunga kompetitif untuk memaksimalkan keuntungan.

4. Mendisiplinkan Pengeluaran

Alokasikan sebagian penghasilan untuk menabung terlebih dahulu, baru mengelola sisa uang untuk kebutuhan sehari-hari. Ini mendorong pengelolaan keuangan yang lebih bijaksana dan mencegah pengeluaran berlebihan yang dapat menghambat pencapaian financial freedom.

5. Menyiapkan Dana Investasi

Investasi adalah cara yang efektif untuk mengembangkan kekayaan dan mencapai financial freedom. Anda dapat secara bertahap mengumpulkan dana yang cukup untuk diinvestasikan dalam berbagai instrumen, seperti saham, obligasi, atau reksa dana. Pilih produk yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuanganmu.

Anda bisa menabung lebih mudah bareng 1 Aplikasi digibank by DBS yang memberi layanan perbankan all in one dalam genggaman. 

Tak hanya itu saja, dengan membuka Tabungan Maxi di Aplikasi digibank by DBS Anda bisa menikmati tabungan dengan suku bunga tinggi per tahunnya untuk memaksimalkan pertumbuhan saldo Anda.

Menariknya lagi, tersedia 20 Dompet Maxi yang bisa Anda personalisasikan sesuai tujuan keuangan. Cara ini dapat membantu Anda mengatur keuangan lebih mudah dan rapi.

Selain tabungan, digibank by DBS juga menyediakan lebih dari 120 produk investasi mulai dari Reksadana hingga Obligasi. Anda bahkan bisa mendapatkan edukasi dan panduan berinvestasi, analisis pasar terkini dan pandangan ekonomi oleh tim ahli dari DBS, serta rekomendasi strategi personal dari digibank Advisor yang siap Anda curhatin tentang investasi kapan aja. Melalui akses 24 jam secara digital.

Tim digibank Advisor akan memastikan setiap langkah investasi yang Anda ambil sejalan dengan tujuan keuangan dan profil risiko, sekaligus memanfaatkan peluang terbaik yang ditawarkan pasar. 

Yuk, wujudkan financial freedom lebih cepat bareng Aplikasi digibank by DBS. Dapatkan informasi produk lebih lengkap dbs.id.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: