Kredit Foto: Istimewa
Merek air minum dalam kemasan (AMDK) Indonesia, Le Minerale, kembali menunjukkan eksistensinya dengan meraih penghargaan Gold pada kategori Mineral Water Brand dalam ajang Marketeers Youth Choice Award 2025. Prestasi ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai merek AMDK favorit di kalangan Generasi Z (Gen Z), berdasarkan hasil survei yang digelar oleh Marketeers.
Meskipun bersaing ketat dengan merek-merek ternama seperti Aqua dan Nestle Pure Life, Le Minerale berhasil menempati posisi teratas sebagai merek yang paling direkomendasikan dan dikonsumsi oleh Gen Z. Penghargaan ini didasarkan pada survei mendalam yang dilakukan Marketeers untuk mengidentifikasi brand-brand yang paling diminati oleh generasi muda Indonesia.
Marketeers Youth Choice Award merupakan ajang penghargaan tahunan bergengsi bagi merek-merek yang menjadi favorit Gen Z. Tahun ini menandai perhelatan kelima, yang menunjukkan komitmen konsisten Marketeers dalam mendorong kesadaran merek untuk memaksimalkan potensi pasar anak muda Indonesia.
CEO Marketeers, Iwan Setiawan mengatakan, “Secara keseluruhan, Le Minerale meraih indeks paling tinggi pada survei online voting. Pilihan ini berdasarkan kebiasaan Gen Z dalam mengonsumsi suatu produk serta preferensi bila suatu saat akan menggunakan. Melalui metode ini menunjukkan bahwa responden sudah memiliki preferensi merek jika membutuhkan produk pada kategori merek tersebut dan Le Minerale menjadi pilihan utama.”
Apresiasi ini didasarkan pada survei dengan online voting yang dilaksanakan selama periode Juni 2025, melibatkan 1.183 mahasiswa-mahasiswi dari 44 universitas di seluruh Indonesia. Dari 1.183 responden yang disurvei, sebanyak 31% di antaranya memilih Le Minerale, Aqua 24%, Nestle Pure Life 21%, Cleo 16%, dan Pristine 8%.
"Segmen Gen Z penting bagi brand karena mereka adalah the one setting the trend. Di sisi lain, banyak sekali keputusan pembelian di dalam keluarga yang terjadi atau diserahkan ke Gen Z sebagai anak," ujar Iwan.
Iwan menambahkan bahwa karakter Gen Z dan Milenial memiliki perbedaan signifikan. Generasi yang sangat digital savvy ini menyukai hal-hal yang autentik, memperhatikan product utility, dan peduli terhadap keberlanjutan.
"Sebab itu, untuk menyasar Gen Z, brand harus menggunakan gaya komunikasi yang sesuai, dari konvensional ke fungsional. Jangan sampai pemasar merasa sudah memiliki komunikasi dengan tone anak muda tapi ternyata bukan preferensi yang dimiliki Gen Z, melainkan komunikasi untuk Milenial. Semoga Le Minerale dapat terus berinovasi, memahami karakter generasi muda, serta menjaga kualitas produknya," ucap Iwan.
Melalui penghargaan ini, Le Minerale kembali membuktikan diri sebagai air mineral berkualitas yang relevan dengan kebutuhan generasi muda, serta menjadi pengakuan atas konsistensi Le Minerale dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan kandungan mineral esensial, serta komitmennya sebagai brand asli Indonesia yang terus berinovasi dan berkontribusi bagi gaya hidup sehat masyarakat.
“Penghargaan dari Marketeers Youth Choice Award 2025 ini sangat berarti bagi kami karena sekaligus menjadi bukti dari komitmen Le Minerale sebagai air mineral berkualitas yang berhasil menjawab kebutuhan Gen Z, yang kini berperan penting sebagai pionir dalam tren sekaligus pembentuk opini,” ujar Yuna Eka Kristina, Head of Public Relations and Digital Le Minerale.
Yuna menambahkan bahwa Gen Z adalah generasi yang kritis, sadar kesehatan, dan sangat selektif dalam memilih produk. “Untuk menjawab kebutuhan Gen Z yang sangat teliti saat memilih suatu produk, Le Minerale hadir sebagai satu-satunya AMDK yang mencantumkan kandungan mineral di kemasannya. Kami percaya hal ini menjadi salah satu keunggulan kami dan menjadi alasan Le Minerale menjadi AMDK pilihan utama Gen Z,” jelasnya.
Selain peduli terhadap kesehatan dan kualitas, Gen Z juga dikenal mendukung brand yang memiliki nilai lokal dan keberlanjutan. “Sebagai generasi yang menjadi penggerak sekaligus cerminan gaya hidup masa kini, Gen Z memiliki peran krusial dalam membentuk arah preferensi konsumen ke depan. Karena itu, kami bangga bisa menjadi bagian dari keseharian mereka, dengan menghadirkan air mineral berkualitas yang mengandung mineral esensial serta membawa nilai lebih sebagai brand kebanggaan asli Indonesia,” tambah Yuna.
Raihan ini memperkuat posisi Le Minerale sebagai brand air minum dalam kemasan pilihan generasi muda Indonesia. Ke depan, Le Minerale akan terus berinovasi dan berkomitmen untuk mendekatkan diri dengan konsumen, terutama Gen Z, dan menjadi bagian dari gaya hidup sehat yang mereka jalani.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement