Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menjaring Wisatawan Kaledonia Baru ke Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Asosiasi tur operator Kaledonia Baru sepakat menjalin kerja sama dengan anggota Asita (Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies) Bali untuk menjual berbagai produk paket wisata ke Indonesia.

Rencana kerja sama tersebut disepakati dalam kegiatan seminar yang diselenggarakan KJRI Noumea bertajuk Wonderful Indonesia dalam format table top meeting di Le Meridien Hotel Noumea, Rabu (23/3/2016). Hadir sekitar 100 operator tur dan travel agent Kaledonia Baru serta dua perusahaan wakil Asita Bali, Alliance Indonesia, dan PT Bali Cahaya.

Konjen RI Noumea Widyarka Ryananta mengatakan pihaknya senang dapat mempertemukan pelaku usaha industri pariwisata Indonesia dan Kaledonia Baru. Ia mengharapkan berbagai paket destinasi wisata ke Indonesia dapat dijual oleh tur operator dan agen perjalanan Kaledonia Baru.

"Selain itu, KJRI Noumea juga akan terus mem-branding Wonderful Indonesia melalui pemasangan iklan di media TV serta advertisment bus kota Karuia, dengan target untuk meningkatkan awareness masyarakat Kaledonia Baru dan wisatawan asing," katanya.

Dengan pendapatan per kapita sekitar 3,3 juta XPF (atau sekitar 27.654 Euro), lebih dari 100.000 masyarakat Kaledonia Baru berwisata ke luar negeri setiap tahunnya. Meskipun demikian, jumlah turis Kaledonia Baru yang mengunjungi Indonesia belum banyak.

Mayoritas mereka berkunjung ke Australia, Prancis dan Selandia Baru. Selain itu, terdapat lebih dari 4.000 diaspora keturunan Indonesia yang menetap di Kaledonia Baru yang dapat menjadi target promosi wisata ke Indonesia.

Wisatawan Kaledonia Baru biasanya datang secara berkelompok atau keluarga, sangat tertarik dengan keindahan alam dan mengagumi eksotisme kebudayaan Indonesia serta wisata belanja. Mereka juga menyukai relaksasi, seperti sauna dan spa. Selain itu, cukup banyak calon wisatawan yang meminta agar disediakan penterjemah bahasa Prancis karena tidak semua masyarakat Kaledonia Baru dapat berbahasa Inggris.

Wakil perusahaan wisata Alliance Indonesia yang hadir dalam seminar tersebut diundang untuk memberikan pelatihan mengenai pembuatan paket wisata dengan tujuan berbagai objek wisata di Indonesia kepada tiga tur operator Kaledonia Baru, yaitu Eden Tours, Eden Plus, dan UniTours.

General Manager UniTours Françoise Chenais menyatakan pihaknya gembira dengan kesepakatan yang terjalin tersebut.

"Mulai bulan depan (April) kami akan mempromosikan paket wisata ke Indonesia di semua travel agent," ujar Chenais

Sementara itu, Manajer Nord Avenir selaku Wakil Presiden Asosiasi Tur Operator Kaledonia Baru, Serge Wolf, mengungkapkan seminar Wonderful Indonesia ini membuka peluang kerja sama dengan mitra dari Indonesia.

 

"Kendatipun demikian, tidak bisa dipungkiri harga tiket yang relatif mahal merupakan salah satu kendala untuk menarik minat masyarakat. Untuk itu, diharapkan dapat terjalin kerja sama antar-maskapai penerbangan Kaledonia Baru dan Indonesia," jelasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: