Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina-Pemkab Inhu Riau Kerja Sama Kembangkan Budi Daya Ikan Air Tawar

Warta Ekonomi -

WE Online, Rengat, Riau - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menjalin kerjasama dengan PT Pertamina EP Field Lirik untuk pengembangan budi daya perikanan air tawar di daerah itu diantaranya dengan membentuk kelompok tani perikanan dan pelatihan pembuatan pakan ikan.

"Kerja sama dibidang budi daya perikanan sangat penting untuk membantu peningkatan ekonomi kerakyatan, karena program ini sangat cocok untuk daerah yang berdekatan langsung dengan aliran sungai," kata Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Peternakan dan Perikanan Indragiri Hulu (Inhu), Jebul Suharto di Rengat, Rabu (11/3/2015).

Setelah kedua pihak menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/Mou), lanjutnya, instansi peternakan dari Pemkab Inhu akan turun meninjau lokasi program tanggung jawab sosial perusahaan yang sudah dilakukan oleh Pertamina.

Menurut dia, pemerintah daerah sangat mengapresiasi keinginan Pertamina untuk menjalin kerjasama karena budi daya perikanan akan berdampak positip jika terus ditumbuh kembangkan dengan baik. Sebabnya, selain produksi ikan hasil budi daya nantinya akan memenuhi kebutuhan ikan lokal, juga bisa dipasarkan ke daerah lain. "Sehingga petani ikan Indragiri Hulu meningkat ekonominya. Jadi, kami bangga atas kerjasama ini," sebutnya.

Ia menjelaskan, nantinya kerjasama ini akan membentuk kelompok tani perikanan yang menjadi binaan dari Pertamina. Pengembangan program perikanan itu akan berada di dalam lokasi wisata CSR PT Pertamina Lirik. Sedangkan, Dinas Peternakan dan Perikanan Inhu akan memberikan pelatihan budi daya ikan tawar hingga pembuatan pakan ikan.

Asisten Manajer Legal Relation Pertamina EP Field Lirik, Ahmad Jabbar mengatakan, kelompok perikanan tersebut diberi nama "Tumbuh Bersama". Kelompok itu beranggotakan 21 orang, dari 12 desa binaan PT Pertamina di Kecamatan Lirik. "Para anggota kelompok tersebut diberi bantuan keramba, bibit ikan, pakan dan pembinaan," terangnya.

Ia menjelaskan kelompok ini akan mendapat bantuan alat dan mesin pembuatan pakan dari Pertamina. "Kami berharap dengan adanya bantuan CSR kepada kelompok perikanan Tumbuh Bersama, hendaknya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan budi daya perikanan di tengah masyarakat desa asal anggota kelompok masing-masing," kata Ahmad Jabbar. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: