Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendagri: PNS Harus Saling Dukung Berikan Layanan Publik

Warta Ekonomi -

WE Online, Biak - Kementerian Dalam Negeri mengajak jajaran aparatur Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor memaksimalkan pelayanan publik untuk melayani masyarakat.

"Saling mendukung dalam memberikan pelayanan publik agar bisa mewujudkan masyarakat berdaya dan mandiri dalam menggapai kesejahteraan yang hakiki dalam kerangka NKRI," ungkap Bupati Thomas Ondy saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pada Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Otonomi Daerah XIX di Biak, Senin (27/4/2015).

Bupati Thomas Ondy mengatakan otonomi daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem NKRI. Momentum regionalisasi yang ditandai dengan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean, memberikan peluang bagi setiap daerah untuk meningkatkan daya saing.

Dikatakan, otonomi daerah menjadi faktor penguat bagi setiap daerah, khususnya dalam mendorong keluarnya arus barang dan jasa dari daerah untuk bersaing di kancah regional Asia Tenggara.

Meningkatnya perekonomian masyarakat di daerah, menurut Bupati Thomas, pada gilirannya mengurangi kemiskinan, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan, mendorong penciptaan lapangan pekerjaan, menjaga kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Kebijakan otonomi daerah juga, menurut Bupati Thomas Ondy, menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan di tengah masyarakat Indonesia. "Otonomi daerah dituntut untuk menumbuhkan kemandirian penyelenggaraan tata kelola pemerintahan daerah yang aspiratif, transparan dan akuntabel," ujarnya.

Bupati Thomas mengutip Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, otonomi daerah dituntut pula untuk mengharmoniskan pemanfaatan berbagai sumber daya lokal dan kearifan daerah yang merefleksikan perlunya kesiapan kapasitas pengetahuan dan keterampilan masyarakat.

"Terutama bagi generasi muda yang pada 15-20 tahun mendatang akan menghadapi bonus demografi," demikian Bupati Thomas Ondy. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: