Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag: Produk Makanan dan Minuman Indonesia Sangat Digemari di Malaysia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Selama tiga tahun terakhir (2012-2014) tren impor produk makanan Malaysia dari dunia rata-rata tumbuh sebesar 7,27% per tahun. Sementara impor dari Indonesia setiap tahunnya tumbuh lebih tinggi rata-rata sebesar 14,08%. Meski tak besar, pangsa pasar produk makanan dan minuman Indonesia di Malaysia pada 2014 sekitar 11,83% dengan nilai ekspor tercatat USD 897,98 juta atau naik 1,58% dibandingkan ekspor tahun 2013.

Duta Besar RI di Malaysia Marsekal Herman Prayitno menegaskan pangsa pasar produk makanan dan minuman (mamin) diharapkan terus tumbuh di Malaysia. "Produk makanan dan minuman Indonesia sangat digemari di Malaysia. Saya berharap pangsa pasar produk makanan dan minuman akan terus tumbuh semakin besar," kata Herman saat pembukaan Pameran Experience

Remarkable Indonesia (ERI) 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia, beberapa waktu lalu. Pameran ini berlangsung pada 27 April dan berakhir 3 Mei 2015 di Mall NU Sentral Kuala Lumpur. Harapan Herman Prayitno langsung mendapat sambutan masyarakat Malaysia. Produk makanan Indonesia banyak diserbu pengunjung.

Kegiatan yang dimotori Atase Perdagangan Indonesia di Kuala Lumpur bersama KBRI Malaysia tersebut dibuka oleh Duta Besar RI Marsekal Herman Prayitno pada 29 April 2015. Menurut catatan Atase Perdagangan Indonesia di Kuala Lumpur Fajarini Puntodewi, selama pameran, produk mi instan paling banyak dibeli pengunjung. Kemudian disusul oleh kopi Kapal Api yang meluncurkan produk barunya Java Latte KAW, air kelapa Karta, dan kacang Mayasi.

"Dengan nilai penjualan ritel rata-rata yang cukup besar, acara ini menjadi media yang sangat menarik untuk membangun brand awareness atas produk Indonesia bagi konsumen Malaysia dan internasional," tegas Fajarini.

Menurut Fajarini, kegiatan pameran seperti ini akan terus dilakukan sebagai upaya branding produk yang sudah established, sekaligus tes pasar bagi produk-produk dan merek baru yang belum dikenal konsumen. Pameran ini juga diselingi acara membagi-bagikan sampel produk dan demo masakan.

Produk-produk makanan yang tampil pada ERI 2015 adalah santan Kara, air kelapa Karta, biskuit Deka, kopi Kapal Api, Teh Botol Sosro, kacang Mayasi, mi instan Indomie, Supermi, dan Mie Sedap, serta minuman energi Hemaviton. Selain makanan, produk lain yang ditampilkan pada ERI 2015 adalah kosmetik, produk spa, produk garmen, tas kulit, jas hujan, dan produk jasa penerbangan Garuda Indonesia Airways.

"Melihat respon pengunjung yang sangat sangat tinggi terhadap ERI 2015, ke depan kegiatan ERI perlu dilakukan secara rutin sebagai upaya membangun dan mengembangkan brand image produk Indonesia," kata Fajarini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: