Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Polda Metro Buru Pelaku Pencuri Lukisan Rp9,9 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Petugas Polda Metro Jaya memburu pelaku pencurian lukisan bertemakan "Self Portrait and His Pipe" karya Affandi seharga Rp9,9 miliar milik mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional periode 1971-1973, Widjojo Nitisastro.

"Sekarang sudah ada titik terang," kata Kepala Unit I Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Imran Gultom di Jakarta Senin (4/5/2015).

Imran mengatakan menantu Widjojo Nitisastro, Emil Sundoro melaporkan tindak pidana pencurian lukisan itu ke Polda Metro Jaya pada 7 Mei 2014. Imran menjelaskan awalnya Widjojo membeli lukisan Affandi saat masih dalam bentuk abstrak pada 1973.

Selanjutnya, Widjojo yang juga mantan Menteri Koordinator Ekonomi Keuangan dan Industri itu mengambil lukisan setelah selesai dikerjakan Affandi pada 1974. Widjojo menyerahkan lukisan itu kepada putrinya, Wijaya Laksmi Kusumaningsih setelah ayahnya meninggal dunia pada 9 Maret 2012.

Laksmi menyimpan lukisan bernilai miliaran rupiah itu di ruangan Joglo kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan. Namun, Laksmi terkejut saat anaknya, Sawitri membuka internet terdapat informasi lelang lukisan karya Affandi itu di Hongkong pada awal Mei 2014.

Laksmi memanggil ahli lukisan yang juga cucu Affandi, Selarti Venetzia menyatakan lukisan di rumah itu ternyata palsu. "Ahli itu juga kemudian memastikan bahwa lukisan yang ada di rumah Widjojo itu palsu," ucap Imran. Imran menuturkan penyidik kepolisian telah memastikan kapan lukisan itu ditukar pelaku yang diduga bekerja sama dengan orang di dalam rumah. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: