Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bisnis 'Contact Center' Masih Menjanjikan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bisnis contact center dianggap masih menggiurkan di tengah era konvergensi komunikasi di masyarakat.

"Masih besar ruang pertumbuhan untuk bisnis contact center. Misalnya, di perbankan contact center masih banyak dikelola sendiri. Tren ke depan itu di-outsourcing-kan. Pemain business process outsourcing (BPO) seperti Infomedia menggarap potensi itu," ungkap Direktur Utama Infomedia Nusantara Joni Santoso seperti dikutip dari laman Indotelko di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Diungkapkannya, Infomedia adalah penguasa pasar di layanan BPO dengan kisaran 36%. BPO merupakan perusahaan yang mengambil alih moda interaksi perusahaan dengan customer. Sejak awal 2000 Infomedia telah menjadi perusahaan penyedia layanan customer relationship management (CRM) atau biasa dikenal sebagai layanan contact center. Selain CRM, Infomedia menggarap service operations management.

"Kami dari perusahaan teknologi informasi (TI) yang bermain BPO, pesaing ada yang latar belakang dari lembaga keuangan atau dari tenaga kerja. Kita dengan kekuatan TI mencoba menawarkan solusi yang meringankan pelanggan dari sisi operasional dan biaya," katanya.

Dijelaskannya, salah satu tantangan yang dihadapi pemain contact center di era konvergensi adalah tren pemanfaatan media sosial untuk berkomunikasi.

"Saat ini panggilan suara turun 10% karena banyak yang memanfaatkan media sosial. Tantangan di media sosial ini mengolah data yang belum terstruktur menjadi sebuah solusi," urainya.

Infomedia sendiri pada tahun ini membidik earning before interest tax depreciation and amortization (EBITDA) sebesar Rp 270 miliar dan pendapatan Rp 1,82 triliun dengan sokongan belanja modal Rp 60 miliar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: