- Home
- /
- EkBis
- /
- Transportasi
Garuda Indonesia: Animo Masyarakat Makassar untuk Jalan-jalan Tetap Tinggi
Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Makassar -
Animo masyarakat Makassar untuk melakukan traveling, baik lingkup domestik maupun mancanegara, tercatat tetap tinggi. Hal tersebut terlihat dari membeludaknya kunjungan pada Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 di Atrium Trans Studio Makassar, Jumat-Minggu, 15-17 September. Hingga hari kedua, sedikitnya 18.915 orang berkunjung dengan transaksi mencapai Rp14,3 miliar.
Vice President Kalimantan Sulawesi dan Papua Region PT Garuda Indonesia, I Wayan Supatrayasa, menuturkan masyarakat yang 'menyerbu' GATF berasal dari berbagai latar belakang dan komunitas. Mulai dari keluarga, ibu-ibu arisan dan karyawan yang memanfaatkan momen pameran guna mendapatkan penawaran terbaik. Mereka antusias berburu tiket murah. Terlebih, periode masa berlaku tiket murah cukup panjang yakni selama setahun.
"Hingga hari kedua, GATF Phase II berhasil membukukan Rp14,3 miliar dengan total pengunjung 18.915 orang. Rinciannya pada hari pertama Rp6,2 miliar dan hari kedua Rp8,1 miliar. Di hari terakhir pelaksanaan GATF (Minggu, 17 September), kami cukup yakin bisa memenuhi target (transaksi Rp25 miliar). Itu semua tak lepas dari tetap tingginya animo masyarakat untuk melakukan traveling," kata Supatrayasa, di Makassar.
Supatrayasa meyakini dengan tingginya animo masyarakat untuk melakukan traveling, maka transaksi pada GATF Phase II akan melonjak signifikan. Transaksi GATF dari hari ke hari diketahui mengalami peningkatan signifikan. Begitu pula dengan kunjungan masyarakat. Salah satu faktor yang juga berpengaruh yakni pelaksanaan kegiatan pada libur akhir pekan.
Direktur Marketing dan Teknologi Informasi PT Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati, sebelumnya menuturkan pelaksanaan GATF merupakan upaya pihaknya mendukung program pemerintah memajukan industri pariwisata nasional. Dikatakannya, sektor pariwisata Indonesia sangat potensial, khususnya '10 Destinasi Prioritas Beyond Bali'. Makassar dan Indonesia Timur sendiri, sambung dia, juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.
?GATF merupakan event tahunan yang selalu ditunggu oleh pelanggan setia Garuda Indonesia. Hal itu terlihat dari peningkatan pengunjung GATF dari tahun ke tahun sejak kali pertama dilaksanakan pada 2008. Menyikapi tingginya minat pelanggan dan masyarakat dalam melakukan perjalanan wisata, maka GATF yang semula hanya digelar di Jakarta, kemudian digelar serentak di kota-kota besar di Indonesia. Frekuensinya pun ditambah menjadi dua kali setahun," ulasnya.
GATF 2017 Phase II periode 15-17 September dilaksanakan serentak di lima kota di Indonesia. Selain Makassar, event akbar tersebut juga lebih awal digelar di Palembang, Balikpapan, Batam dan Kupang. Selanjutnya pada akhir September, GATF volume II dilaksanakan di 18 kota lainnya di Indonesia. Khusus di Makassar, selama tiga hari pelaksanaan GATF, Garuda Indonesia Branch Office membidik total penjualan alias transaksi sebesar Rp25 miliar.?
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Vicky Fadil