Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Rakyat Beirut Tak Lagi Punya Air Mata untuk Menangis

        Rakyat Beirut Tak Lagi Punya Air Mata untuk Menangis Kredit Foto: Al Jazeera/Timour Azhari
        Warta Ekonomi, Beirut -

        Korban tewas akibat ledakan mengerikan yang melanda Beirut telah meningkat menjadi 137 orang saat penyelidik menggeledah pelabuhan Ibu Kota Lebanon untuk mencari petunjuk penyebab ledakan tersebut.

        Ledakan besar pada Selasa (4/8/2020) malam itu juga menyebabkan puluhan orang hilang dan sedikitnya 5.000 orang terluka, dan menyebabkan 300.000 orang mengungsi. Demikian disampaikan Kementerian Kesehatan Lebanon, Kamis (6/8/2020).

        Baca Juga: Presiden Prancis: Reformasi Lebanon Atau Menderita Selamanya

        Seorang pemilik toko di Beirut mengatakan ia dan warga lain tak mengerti bagaimana mereka akan pulih. Sebab tak ada lagi yang bisa diharapkan dari bantuan sedikit negara yang sudah bangkrut.

        "Kurasa aku sudah cukup," kata Naila Saba ketika dia berdiri di antara puing-puing bisnis Beirut yang dihancurkannya, dilansir Al Jazeera, Kamis (6/8/2020).

        "Saya merasakan ledakannya, saya melihat beritanya, dan saya tidak dapat bergerak lagi. Saya kelelahan. Saya tidak lagi menangis," kata rekan pemilik dan koki berusia 42 tahun di Aaliya's Books, sebuah perlengkapan. dari lingkungan kota Mar Mikhail yang bersejarah.

        Bar dan toko bukunya sudah tidak ada lagi. Pintu panel baja dan kaca yang membentuk bagian luarnya telah lepas dari engselnya setelah ledakan besar yang melanda Beirut pada Selasa.

        Pecahan kaca menembus interior bar yang nyaman seperti peluru, beberapa tertanam di buku yang melapisi dinding belakangnya. Meja dan kursi tergeletak terbalik sementara vas yang pecah meninggalkan bunga merah muda dan putih di lantai kayu, bertabur debu kristal.

        Ventilasi AC besar berwarna merah hancur dan terbuka, tergantung dengan berbahaya dari langit-langit. Begitu kuatnya ledakan itu sehingga mengelupas beberapa ubin biru laut dari dinding bar.

        Kerusakan pada bisnis Aaliya tercermin di sebagian besar lingkungan Mar Mikhail dan Gemmayze di Beirut, yang dulu merupakan wilayah ibu kota yang ramai, berpusat di jalan panjang yang memotong dari pusat kota ke tepi timur kota.

        Jalan ini berjarak sekitar 500 meter (550 yard) dari pelabuhan Beirut, pusat ledakan hari Selasa.

        Selama hampir setahun, bar, restoran, galeri seni, dan toko di lingkungan ini berjuang untuk memenuhi kebutuhan karena krisis ekonomi Lebanon yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang telah menyebabkan mata uangnya kehilangan 80 persen nilainya.

        Kemudian, lockdown selama tiga bulan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus vorona memperburuk keadaan mereka.

        Bagi mereka, ledakan yang menggulung komunitas Bohemian mereka --merusak tangga jalan berwarna-warni yang ikonik dan menghancurkan bangunan-bangunan berusia seabad-- hampir pasti merupakan pukulan yang mematikan.

        "Ini benar-benar melelahkan," kata Saba, yang juga berada di garis depan pemberontakan anti-kemapanan besar-besaran yang mengguncang Lebanon Oktober lalu, ekspresi kemarahan publik terbesar di kelas politik negara itu.

        "Saya seorang revolusioner. Saya berada di jalanan dari Oktober hingga Januari, kemudian depresiasi lira [pound Lebanon] melanda, uang kami tertahan di bank, dan kami dibiarkan membayar harga pasar gelap," katanya.

        Saba harus melepaskan delapan dari 20 stafnya dalam beberapa bulan terakhir, mereka yang tetap bekerja lebih sedikit dari sebelumnya.

        "Kami berebut untuk mendapatkan gaji untuk bulan depan, dan kemudian toko meledak, dan saya sangat lelah, saya pikir, 'Luar biasa. Persetan.' Jangan buka lagi. Kenapa kita? "

        Setelah kehancuran, hanya sedikit bantuan yang datang dari negara yang bangkrut.

        'Kami tidak ingin bantuan mereka'

        Upaya penyelamatan dan pembersihan di Mar Mikhail dan Gemmayze dipimpin oleh sukarelawan pertahanan sipil dan para tetangga yang membawa sapu, pengki, dan sekop.

        Setidaknya, belasan sukarelawan membantu Aaliya memindahkan buku-buku itu ke gudang, menumpuk pintu-pintu putih yang rusak dan membersihkan tumpukan-tumpukan kaca yang tampaknya tak berujung.

        Saba menawari mereka wiski dan, meskipun saat matahari terbenam, mereka langsung menerimanya.

        Di jalan, banyak yang mengatakan mereka merasa seperti telah diserang oleh politisi mereka sendiri, yang tahu bahwa 2.750 ton amonium nitrat yang sangat mudah meledak disimpan di pelabuhan Beirut selama lebih dari enam tahun, tetapi tidak melakukan apa pun sampai meledak.

        "Mereka telah menyatakan perang terhadap kami, negara korup ini, dan terserah kami untuk membereskan kekacauan ini. Kami tahu mereka tidak akan membantu. Kami tidak ingin bantuan mereka," Roy Rached, 30 tahun- pria tua pengangguran yang mengenakan rompi visibilitas tinggi dan sarung tangan tebal, kata Al Jazeera.

        Begitu tingginya permusuhan antara orang-orang dan negara sehingga kelompok pembersih sipil berturut-turut bersorak saat mereka berjalan melewati kerangka hancur sebuah bangunan yang menampung perusahaan listrik milik negara, Electricite du Liban.

        Para pengunjuk rasa telah berkumpul di luar struktur selama berbulan-bulan untuk mengecam pemadaman listrik kronis dan lebih dari $ 40 miliar kerugian yang ditimbulkan perusahaan selama tiga dekade terakhir, membebani negara dengan hutang.

        "Semoga Tuhan mencegah kesembuhanmu," seorang wanita yang terbungkus bendera Lebanon berteriak pada fasad bangunan yang pucat, sebuah simbol korupsi yang sekarang sudah compang-camping.

        Bagi penduduk kota yang hancur, kehancuran awal dari ledakan dengan cepat berubah menjadi kemarahan.

        Fakta bahwa pejabat negara, yang sering dituduh melakukan korupsi dan pendekatan yang lalai terhadap kepentingan publik, menyadari bahayanya tetapi tidak melakukan apa pun telah membuat marah orang Lebanon, letih oleh ledakan dan ketidakadilan selama bertahun-tahun.

        "Saya ngeri ini bisa jadi kelalaian belaka dan korupsi versus serangan teroris yang jujur ??dan langsung, yang bisa saya mengerti," kata Saba yang geram.

        "Kita dapat memahami kaum fundamentalis. Tetapi gagasan ini bahwa selama enam tahun kita dapat diledakkan kapan saja, dan tidak ada yang melakukan sesuatu tentang itu? Tidak ada pelapor? Itu mengejutkan."

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: