Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Menegangkan, Hujan Rudal Masih Terjadi Usai Gencatan Senjata Armenia-Azerbaijan

        Menegangkan, Hujan Rudal Masih Terjadi Usai Gencatan Senjata Armenia-Azerbaijan Kredit Foto: Antara/Defence Ministry of Armenia/Handout via REUTERS
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pertempuran baru antara Armenia dan Azerbaijan dilaporkan terjadi hanya beberapa jam setelah gencatan senjata diberlakukan.

        Ledakan menghantam Stepanakert, ibu kota wilayah sengketa Nagorno-Karabakh, pada Sabtu malam, kata saksi mata dan media di Armenia. Kedua belah pihak sebelumnya menuduh pihak lawan terus membombardir.

        Baca Juga: Armenia-Azerbaijan Akhirnya Sepakat Gencatan Senjata Setelah...

        Setelah dua minggu pertempuran, kedua negara menyetujui memberlakukan gencatan senjata sementara ketika digelar pembicaraan di Moskow pada Jumat.

        Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell mengatakan "laporan kegiatan militer yang terus berlanjut, termasuk terhadap sasaran sipil, serta korban sipil" meskipun perjanjian itu dicatat "dengan sangat prihatin", menurut pernyataan yang dirilis Minggu.

        Lebih dari 300 orang tewas dan ribuan lainnya mengungsi sejak kejadian kekerasan terbaru dalam konflik berkepanjangan yang pecah pada 27 September.

        Pemimpin wilayah Nagorno-Karabakh, Arayik Harutyunyan, mengatakan kepada AFP bahwa situasinya "lebih tenang" pada Minggu tetapi memperingatkan gencatan senjata itu berbahaya.

        Sebuah blok apartemen tempat tinggal di kota Ganja, Azerbaijan, dihancurkan pada Sabtu malam dalam apa yang dikatakan para pejabat sebagai serangan rudal Armenia.

        Para pejabat mengatakan tujuh orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Armenia menyebut laporan serangan itu sebagai "kebohongan mutlak".

        Gencatan senjata yang sekarang rapuh memungkinkan kedua negara untuk bertukar tahanan dan mengumpulkan mayat-mayat dari pertempuran baru-baru ini.

        Mayoritas warga Nagorno-Karabakh adalah etnis Armenia, meskipun secara resmi merupakan bagian dari Azerbaijan.

        Kedua bekas republik Soviet saling menyalahkan atas pecahnya kekerasan terbaru - yang merupakan terburuk dalam beberapa dekade.

        Sementara itu, selebritas AS Kim Kardashian West, yang merupakan keturunan Armenia, mengumumkan di media sosial bahwa dia menyumbangkan $ 1 juta (£ 770.000) untuk dana bagi korban konflik Armenia.

        Bagaimana gencatan senjata bisa terjadi?

        Gencatan senjata disepakati setelah pembicaraan yang berlangsung selama 10 jam di ibu kota Rusia, Moskow. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan kedua negara sekarang akan memulai pembicaraan "substantif".

        Namun, Menteri Luar Negeri Armenia Zohrab Mnatsakanyan kemudian menggambarkan pembicaraan itu sebagai "agak sulit" dan mengatakan Armenia ingin Nagorno-Karabakh diakui secara internasional sebagai negara merdeka.

        Pejabat Karabakh, yang mendeklarasi diri atas jabatannya, menggemakan seruan ini dan menuduh Azerbaijan menggunakan pembicaraan gencatan senjata sebagai kedok untuk mempersiapkan serangan baru.

        Sementara itu, Menteri Luar Negeri Azerbaijan, Jeyhun Bayramov, mengatakan tidak cukup banyak tekanan yang diberikan kepada Armenia selama pembicaraan dan situasi di Nagorno-Karabakh tidak bisa tetap seperti itu.

        Azerbaijan mengharapkan untuk menguasai lebih banyak wilayah dan gencatan senjata hanya akan berlangsung selama Palang Merah mengatur agar jenazah ditukar, katanya.

        Turki, yang mendukung Azerbaijan, mengatakan gencatan senjata adalah "kesempatan terakhir" Armenia untuk menarik pasukan dari wilayah sengketa.

        Rusia memiliki pangkalan militer di Armenia dan keduanya merupakan anggota aliansi Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO). Namun Moskow juga memiliki hubungan baik dengan Azerbaijan.

        Apa yang terjadi setelah gencatan senjata diberlakukan?

        Kementerian Pertahanan Armenia mengatakan pasukan Azeri meluncurkan serangan lima menit setelah gencatan senjata diberlakukan, dengan pasukan etnis Armenia merespons. Pasukan Azerbaijan juga membombardir sebuah kota, kata kementerian pertahanan.

        Sementara itu, kementerian pertahanan Azerbaijan mengatakan Armenia "secara terang-terangan melanggar rezim gencatan senjata" dan menembak ke wilayah Azerbaijan di Terter dan Agdam. Armenia membantahnya.

        Ada juga pertempuran sengit menjelang gencatan senjata. Otoritas etnis Armenia yang mendeklarasikan diri di Nagorno-Karabakh mengatakan Azerbaijan menembakkan rudal ke lingkungan sipil di kota utama, Stepanakert, sementara Armenia menuduh pasukan Azerbaijan meningkatkan serangan drone.

        Sementara itu, Azerbaijan mengatakan Armenia telah menyerang daerah berpenduduk di dekat Nagorno-Karabakh dan mengatakan pihaknya membalas tembakan.

        Pada hari Kamis, Armenia menuduh Azerbaijan sengaja menembaki katedral bersejarah di Nagorno-Karabakh. Gambar-gambar menunjukkan kerusakan serius di Holy Saviour Cathedral di kota Shusha (dikenal sebagai Shushi dalam bahasa Armenia).

        Pada saat yang sama, Azerbaijan mengatakan bahwa kota terbesar kedua, Ganja, dan wilayah Goranboy telah dihancurkan oleh pasukan Armenia, dengan setidaknya satu warga sipil tewas.

        Berbicara kepada BBC awal pekan ini, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan memperingatkan tentang "genosida" di wilayah itu, dan mengatakan itu adalah "Armenia, tanah orang Armenia".

        Bentrokan itu telah membuat setengah dari populasi Nagorno-Karabakh - sekitar 70.000 orang - mengungsi, menurut kata para pejabat.

        Stepanakert telah mengalami beberapa hari penembakan dengan penduduk yang berlindung di ruang bawah tanah dan sebagian besar kota dibiarkan tanpa listrik.

        Armenia dan Azerbaijan berperang memperebutkan Nagorno-Karabakh pada 1988-1994, akhirnya mengumumkan gencatan senjata. Namun, mereka tidak pernah mencapai penyelesaian dalam perselisihan tersebut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: