Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mengenal Dasar-Dasar On-Page SEO

        Mengenal Dasar-Dasar On-Page SEO Kredit Foto: Just Do Digital
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Setiap strategi SEO bertujuan untuk meraih peringkat setinggi mungkin di halaman mesin pencarian. Untuk melakukan hal ini, semua pemasar mencoba merancang dan mengembangkan situs web yang disukai oleh algoritma Google.

        Faktor dalam algoritma Google dapat dibagi menjadi dua kategori yang akan menentukan peringkat situs Anda: on-page dan off-page. Di sini, saya akan mengajak Anda untuk mengenal dasar-dasar on-page SEO, serta membahas berbagai teknik dan cara penerapannya.

        Apa itu On-Page SEO?

        On-page SEO adalah praktik mengoptimalkan halaman web untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi serta mendapatkan trafik yang lebih relevan di mesin pencarian. On-page SEO mengacu pada konten dan kode sumber HTML dari sebuah halaman yang dapat dioptimalkan. Hal itu merupakan kebalikan dari off-page SEO yang mengacu pada link dan sinyal eksternal lainnya.

        Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar Teknik SEO

        On-page SEO harus dilakukan dengan elemen yang ada di situs web Anda sendiri. On-page SEO meliputi pengaturan teknis, kualitas kode Anda, kualitas konten secara tekstual dan visual, serta kemudahan penggunaan situs web Anda.

        Setelah Anda sudah memahami pengertian dari on-page SEO, maka ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui berbagai cara yang diperlukan dalam menerapkan strategi on-page SEO.

        Page Title Optimization

        Page title optimization adalah sebuah upaya untuk menambahkan dan mengoptimalkan tag judul meta pada halaman situs web agar lebih menarik bagi pembaca dan mesin pencarian. Tag judul diberikan ke halaman dengan menambahkan baris kode HTML:

        Contoh Tag Judul .

        Tag heading (diidentifikasi sebagai baris kode HTML 'H1') adalah judul yang muncul di bagian atas halaman web. Di WordPress, tag heading ditambahkan ke bagian judul dari posting-an atau halaman yang baru.

        Tag judul (diidentifikasi sebagai baris kode HTML 'judul') dapat berbeda atau sama dengan tag judul pada halaman, dan tidak muncul pada halaman konten. Sebaliknya, tag ini ditampilkan di tempat lain yang berfungsi untuk mendeskripsikan konten ke mesin pencari serta memberikan pratinjau konten kepada pembaca.

        Meta Description

        Deskripsi meta adalah atribut HTML yang memberikan ringkasan singkat dari halaman web. Mesin pencari seperti Google sering menampilkan deskripsi meta dalam hasil pencarian, yang dapat mempengaruhi rasio klik-tayang.

        Deskripsi meta adalah tag HTML, yang terlihat seperti ini di kode HTML untuk halaman:

        Tujuannya sederhana: seseorang perlu mencari di Google untuk mengeklik tautan Anda. Dengan kata lain, deskripsi meta ada untuk menghasilkan klik-tayang dari mesin pencari.

        Mesin telusur mengatakan tidak ada manfaat peringkat langsung dari deskripsi meta-mereka tidak menggunakannya dalam algoritma peringkat mereka. Namun, ada manfaat tidak langsung: Google menggunakan rasio klik-tayang (RKT) sebagai cara untuk mengetahui apakah Anda mendapatkan hasil yang baik.

        Jika lebih banyak orang mengklik hasil Anda, Google menganggap Anda sebagai hasil yang baik dan akan-berdasarkan posisi Anda-menaikkan peringkat Anda. Inilah sebabnya mengapa mengoptimalkan deskripsi meta sangat penting, seperti halnya mengoptimalkan judul Anda.

        H1 Tag Optimization

        Setiap halaman atau posting-an dapat memiliki banyak judul. Tag HTML

        biasanya digunakan pada judul halaman atau posting, dan ini adalah header pertama yang terlihat pada suatu halaman. Pemformatan h1 biasanya berbeda dari tag header lainnya yang dapat ditemukan di halaman selanjutnya (h2, h3, h4). Untuk membuat teks ini, tag H1 biasanya diformat berbeda dari tag halaman lainnya.

        Lihat contoh di bawah ini.

        Tag H1 yang digunakan adalah On-Page SEO dan jika dilihat dalam HTML terlihat seperti ini:

        On-Page SEO

        .

        Cara yang lebih mudah untuk memahami penggunaan tag H1 adalah dengan membayangkan bahwa Anda sedang menulis garis besar suatu dokumen atau tulisan lainnya. Judul utama dokumen Anda akan menjadi

        Anda, poin utama Anda

        , dan sub-poin

        .

        Salah satu tugas paling rumit dari mesin pencari adalah memahami makna (konteks) pada suatu halaman. Untuk dapat melakukannya dengan cara yang paling efektif dan efisien, mereka menggunakan data dari sinyal yang berbeda. Salah satu sinyal tersebut adalah judul halaman dan Tag H1.

        Saat menge-crawl sebuah konten di halaman situs, spider mesin pencari akan membaca kode HTML dan mereka mencoba mengidentifikasi kalimat mana yang disertakan dalam tag heading (h1, h2, dan lain-lain). Mereka menganggap ini sebagai indikasi sebagai sebuah konten.

        Jadi, dengan menggunakan kata kunci dalam tag H1, Anda dapat membantu mesin pencarian untuk memahami tentang halaman situs Anda lebih dalam. Alasan lain mengapa heading penting untuk SEO adalah karena heading akan memudahkan pengguna untuk menavigasi halaman.

        Content SEO

        Content SEO merupakan pembuatan konten yang membantu halaman situs web Anda untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi di halaman pencarian. Ini mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan penulisan dan penataan konten yang terdapat di situs web Anda.

        Ada tiga elemen utama yang perlu dipertimbangkan untuk menghasilkan konten yang akan meningkatkan peringkat pencarian situs web Anda, yakni strategi penggunaan kata kunci, site structure, dan copywriting.

        Content SEO merupakan sebuah hal yang penting bagi on-page SEO karena mesin pencari seperti Google akan membaca dan menelaah situs web Anda sehingga setiap kata yang Anda gunakan di situs tersebut menentukan apakah situs Anda akan mendapat peringkat terbaik di halaman pencarian mereka atau tidak.

        Tentu saja, situs web Anda harus dirancang dengan baik, dengan menggunakan interface pengguna yang hebat, dan semua hal teknis yang membuat Anda menduduki peringkat teratas di halaman pencarian Google. Tanpa konten yang berkualitas baik, situs Anda tidak memiliki peluang untuk menempati peringkat teratas di halaman pencarian.

        Internal Linking SEO

        Internal link adalah link yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain di situs web Anda. Pengguna dan mesin pencarian akan menggunakan link untuk menemukan konten yang berada di situs web Anda.

        Pengguna juga akan menggunakan link untuk menavigasi situs Anda serta menemukan konten yang ingin mereka temukan. Mesin pencarian juga menggunakan link untuk menavigasi situs Anda. Pengguna dan mesin pencarian tidak dapat menemukan halaman tersebut jika tidak ada link yang mengarah ke halaman tersebut.

        Ada beberapa jenis internal link. Selain dapat menambahkan link di beranda, menu, posting-an, dan lain-lain, Anda juga dapat menambahkan link di dalam konten Anda. Semakin banyak link yang diterima halaman penting situs Anda, maka hal tersebut akan berdampak pada visibilitasnya yang semakin meningkat di halaman pencarian. Oleh karena itu, internal link yang baik sangat penting bagi performa SEO Anda.

        Internal link berguna untuk membangun arsitektur situs dan menyebarkan ekuitas link. Pada suatu halaman situs, mesin pencarian perlu melihat konten untuk membuat daftar halaman dalam indeks berbasis kata kunci yang sangat besar. Mereka juga harus memiliki akses ke struktur link yang dapat di-crawl sehingga diperlukan site structure yang memungkinkan bot spider menjelajahi jalur situs web untuk menemukan semua laman yang berada di situs web Anda.

        Terdapat ratusan ribu situs yang membuat kesalahan dengan menyembunyikan atau mengubur navigasi link utama mereka dengan cara yang tidak dapat diakses oleh mesin telusur. Ini akan menghalangi kemampuan mereka untuk membuat halaman yang terdaftar dalam indeks mesin pencari.

        Image SEO

        Image atau SEO Gambar merupakan salah satu elemen dalam melakukan on-page SEO yang berkaitan dengan file bergambar. Dalam praktiknya, cara ini biasanya disebut sebagai pengoptimalan konten bergambar. Penggunaan SEO gambar dapat meningkatkan peringkat situs web di pencarian gambar Google, serta membantu meningkatkan visibilitas situs web secara umum.

        Gambar juga meningkatkan rasio TF * IDF. Gambar biasanya dioptimalkan untuk Google dibandingkan dengan mesin telusur lainnya karena Google memiliki basis data gambar terbesar di dunia, diperkirakan 10 miliar gambar. SEO gambar melibatkan semua elemen grafik seperti nama file, ukuran, dan bahkan posisi gambar tersebut di situs web.

        Sebuah situs web terdiri dari banyak elemen berbeda. Beberapa di antaranya terlihat oleh pengguna dan yang lainnya tidak, contohnya seperti source code. Selain teks, gambar adalah komponen utama situs web yang terlihat. Dalam situs e-commerce, kualitas dan desain gambar produk memiliki pengaruh yang menentukan perilaku pembelian pelanggan.

        Toko online yang sudah besar biasanya secara rutin mengoptimalkan gambar produknya. Namun, faktor yang terlihat maupun yang tidak terlihat tetap memainkan peran yang sama pentingnya dalam pengoptimalan mesin pencarian.

        Sementara tujuan dari SEO konvensional berorientasi pada situs web, SEO gambar bertujuan untuk mencapai peringkat yang baik untuk file bergambar. SEO gambar sangat penting dalam lingkup optimisasi mesin pencari yang holistik.

        Video SEO

        SEO video adalah optimalisasi konten yang berisi video untuk diindeks dan diberikan peringkat pada pencarian kata kunci yang relevan. Ada banyak strategi pengoptimalan untuk memberikan konten video Anda peluang peringkat yang lebih tinggi.

        Dalam beberapa tahun terakhir, pemasaran melalui video menjadi semakin populer di kalangan bisnis. Setelah pemasar mulai menggunakan kamera digital pada akhir 2000-an, memproduksi video dan menayangkannya secara online (salah satunya melalui YouTube) menjadi lebih mudah tanpa harus memiliki gelar di bidang videografi.

        Sekarang kita tidak dapat menjelajahi internet tanpa melihat video, dan kita semua mempunyai ponsel di saku kita yang memiliki kemampuan untuk merekam video berkualitas tinggi dimana saja dan kapan saja. 

        Mendapatkan peringkat dengan video di pencarian universal sangat berkaitan dengan otoritas situs web Anda, dan bagaimana peringkatnya untuk kueri yang berkaitan dengan video tersebut. 

        Pada 2017, video online menyumbang 74% dari semua trafik online, dan pada 2018, angka tersebut meningkat menjadi 80%. Video adalah media yang ampuh, dapat menarik pengunjung situs web dua hingga tiga kali lebih banyak setiap bulannya.

        Dengan permintaan konten video yang sedang naik daun, menjadi hal yang penting agar orang-orang dapat dengan mudah menemukan konten video Anda. Itu dapat dicapai melalui pengoptimalan mesin pencari (SEO) video.

        Homepage SEO

        Beranda atau homepage memiliki banyak tujuan berbeda. Beranda adalah halaman sambutan Anda dan panduan pengguna utama untuk situs web Anda. Namun, terdapat satu tujuan yang menurut tidak dimiliki beranda dan itu adalah peringkat untuk penggunaan kata kunci, selain nama atau merek bisnis Anda. 

        Proses mengoptimalkan beranda situs Anda untuk Google, atau mesin pencarian lainnya, bisa disebut sebagai SEO beranda. Jika situs web Anda diatur dengan benar dan Anda memiliki banyak backlink, beranda Anda mungkin akan diberi peringkat pencarian untuk nama atau merek bisnis Anda. 

        Namun, terdapat pengecualian untuk aturan tersebut. Saat ini, banyak situs web memiliki nama berbasis kata kunci. Jika nama 'merek' Anda adalah kata kunci yang dapat digunakan orang di Google, itu akan menjadi situasi yang agak berbeda. Akan ada lebih banyak situs web yang menggunakan kata kunci tersebut, jadi Anda akan menghadapi persaingan untuk memperebutkan nama situs Anda.

        Meskipun Anda tidak harus mengoptimalkan beranda menggunakan kata kunci, masih ada pekerjaan lainnya yang harus diselesaikan. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan beranda situs Anda:

        • Pastikan judul halaman berfokus pada nama merek atau produk utama Anda;

        • Tambahkan logo yang jelas dan dapat dikenali di sudut kiri atas untuk pencitraan merek;

        • Harus ada ajakan bertindak yang jelas yang menarik perhatian;

        • Jangan lupa untuk menyusun menu Anda;

        • Sediakan OpenGraph dan Twitter Cards untuk berbagi sosial yang lebih baik;

        • Pastikan deskripsi meta diisi, yang menyebutkan USP Anda dan mengundang pengunjung ke situs web Anda;

        • Gambar produk mengundang, tetapi halaman tersebut membutuhkan informasi tekstual atau tagline yang bagus juga;

        • Jangan mengacaukan beranda Anda dengan jutaan tautan. Tetap fokus dan jangan membanjiri footer atau menu Anda dengan link ini;

        • Rincian kontak harus tersedia di sebagian besar situs web, termasuk tombol sosial dan mungkin langganan buletin;

        • Jika memungkinkan, tambahkan bilah pencarian (menonjol atau sebagai tambahan).

        Posts and Pages SEO

        Strategi pengoptimalan mesin pencarian (SEO) yang sukses melibatkan berbagai taktik di seluruh bauran pemasaran digital Anda. Beberapa taktik SEO meliputi content marketing, penerbitan blog, dan SEO teknis (seperti memastikan bahwa situs web Anda cepat dan berkinerja tinggi).

        Untuk menentukan peringkat di hasil pencarian Google untuk kata kunci yang telah dipilih, Anda perlu menggunakan semua taktik ini. Tetapi hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah membangun banyak halaman yang ramah terhadap SEO, serta mengatur konten lainnya.

        Pages SEO adalah halaman situs web yang ditargetkan untuk penggunaan kata kunci tertentu. Sasaran utamanya adalah mendatangkan trafik situs web untuk penggunaan istilah tertentu dan mengubah pengunjung menjadi prospek. Pages SEO harus selaras dengan prinsip bisnis Anda.

        Pages SEO dapat digunakan untuk membangun kelompok kata kunci dan memusatkan strategi penautan Anda di satu tujuan utama. Anda dapat menganggap pages SEO sebagai "inti" dari topik atau klaster konten.

        Pages SEO seringkali ditempatkan di lokasi paling strategis yang berada di tengah topik, atau klaster konten. Pada intinya, pages SEO harus memiliki kata kunci yang berkualitas baik. Kemudian Anda harus bisa menautkan variasi kata kunci lain dan ide yang berkaitan kembali ke bagian tengah ini.

        Sebagai contoh, jika target kata kunci pages SEO Anda adalah "manajemen layanan TI", Anda mungkin memiliki link artikel blog yang ramah SEO ke arahnya, termasuk:

        • Tips manajemen layanan TI

        • ITSM untuk perusahaan besar

        • Definisi manajemen layanan TI

        Secara keseluruhan, Anda sedang membangun kelompok topik seputar "manajemen layanan TI", dan menunjukkan kepada Google bahwa Anda memiliki banyak konten lain untuk mendukungnya. Google kemudian akan melihat bahwa Anda memiliki otoritas seputar topik ini, dan akan memberi Anda penghargaan dengan meningkatkan peringkat penggunaan kata kunci Anda untuk istilah ini.

        Google cukup pintar untuk mengetahui kapan segala sesuatunya bisa terhubung secara semantik. Dalam contoh di atas, "manajemen layanan TI" digunakan secara bergantian dengan ITSM, misalnya. Jadi jangan terlalu khawatir tentang pilihan kata kunci yang terkesan kaku. Lebih baik memilih istilah yang masuk akal bagi audiens Anda dan sejalan dengan bisnis Anda.

        Berikut adalah enam tip mudah pengoptimalan mesin pencari (SEO) yang dapat membantu situs Anda:

        1. Lakukan riset Anda. Riset kata kunci sangat penting untuk pengoptimalan halaman situs. Kemungkinan Anda secara alami memasukkan kata kunci tanpa menyadarinya hanya dengan menyediakan konten berkualitas tentang suatu topik tertentu.

        Namun, ada berbagai alat dan teknik untuk menemukan kata kunci terkait yang relevan dengan entri blog Anda. Alat bantu seperti Google Adwords dan semrush.com menawarkan fitur hebat yang memungkinkan Anda untuk menemukan kata kunci yang berkaitan dengan topik konten Anda dan bahkan bisa memata-matai pesaing Anda untuk melihat kata dan frasa apa yang mereka gunakan.

        2. Manfaatkan penggunaan kata kunci di seluruh posting-an Anda. Setelah Anda menargetkan beberapa kata kunci yang berharga dan relevan, penting untuk menempatkannya di tempat yang paling berpengaruh bagi pengguna dan crawler mesin pencari yang sedang mengindeks konten Anda. Cobalah untuk memasukkannya di tempat berikut:

        - Judul

        - Judul dan subpos

        - Kalimat pengantar

        - Paragraf penutup

        - Anchor text (teks yang dihubungkan hyperlink ke halaman lainnya di situs Anda)

        - Tag judul dan deskripsi meta

        Peringatan: Jangan terlibat dalam pengulangan kata kunci, yang merupakan tindakan mengisi konten Anda dengan begitu banyak kata kunci sehingga menjadi sulit untuk dibaca. Ini tidak hanya akan mengganggu pengguna, tetapi juga akan membuat Anda diberikan penalti oleh Google.

        3. Optimalkan file gambar Anda. Setiap kali Anda mengunggah foto ke situs Anda, pastikan untuk memasukkan nama file yang bisa menjadi kata kunci dan mengisi bidang teks alternatif dengan deskripsi singkat yang kaya akan kata kunci dari foto tersebut.

        4. Referensikan orang lain dengan menggunakan link. Saat Anda menyebutkan artikel lain di entri blog Anda, sertakan link ke informasi yang Anda rujuk. Hal itu tidak hanya etiket blogging yang baik, tetapi Anda juga bisa beruntung dan menerima tautan Kembali (backlink). Link yang berkualitas adalah komoditas berharga bagi situs mana pun yang ingin mendapat peringkat yang lebih tinggi di halaman pencarian.

        5. Gunakan media sosial untuk memperluas jangkauan posting-an blog Anda. Anda harus memanfaatkan Facebook, Twitter, Google+, atau situs media sosial lainnya untuk menjalin hubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini.

        Selain itu, program gratis seperti Hootsuite memudahkan untuk mengirim link ke entri blog terbaru Anda di semua situs media sosial Anda secara serentak hanya dengan beberapa klik. Anda bahkan dapat menjadwalkan untuk mengirim posting-an di media sosial Anda.

        Categories and Tag Pages SEO

        Halaman tag dan kategori (juga disebut halaman taksonomi) adalah konten gabungan dari situs web yang dapat digabungkan menjadi satu melalui kata kunci. Halaman taksonomi bertujuan untuk memudahkan navigasi pengguna melalui situs web yang lebih besar. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

        • Halaman Kategori – Membantu untuk mengatur halaman web dengan kata kunci yang menentukan keseluruhan konten halaman situs web tersebut. (Kata kunci ada dalam URL dan judul halaman.)

        • Halaman Tag - Membantu untuk mengatur halaman web yang menggunakan istilah kata kunci yang dibahas halaman web. (Kata kunci ini berada di konten atau mendukung tag heading h2 sampai h6.)

        Sebagian besar platform CMS menggunakannya, dan yang paling populer adalah WordPress dan Drupal. Terkadang halaman taksonomi dapat menguntungkan kinerja SEO, namun ada situasi dimana halaman tersebut dapat merugikan SEO. 

        Baca Juga: Apa Itu 301 Redirect?

        Jika dilakukan dengan benar, halaman kategori situs web sebenarnya dapat membantu peringkat situs web untuk penggunaan kata kunci tertentu. Anda hanya perlu menyiapkan konten otentik dan struktur URL yang baik. Selain itu, penggunaan halaman kategori dapat membantu situs e-commerce untuk memberikan peringkat untuk kata kunci tertentu sehingga memungkinkan halaman produk menjadi jauh lebih spesifik. 

        Halaman kategori dan tag situs Anda sangat penting untuk meningkatkan performa SEO. Keduanya bisa menjadi lebih penting daripada halaman dan postingan individual. Halaman tersebut harus menjadi hasil pertama di mesin pencari, dan itu adalah landing page. Oleh karena itu, keduanya juga harus bisa memberikan pengalaman pengguna (UX) terbaik.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: