Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Cost Per Action (CPA)?

        Apa Itu Cost Per Action (CPA)? Kredit Foto: Unplash/Campaign Creators
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ada beberapa cara untuk melakukan kampanye pemasaran secara online. Anda bisa membayar layanan yang ditawarkan oleh mesin pencari atau publisher iklan web lainnya setiap kali iklan itu diklik, setiap 1.000 kali iklan itu dilihat, atau setiap kali interaksi pengguna yang mengarah kepada penjualan dari iklan produk tersebut.

        Opsi ketiga mengharuskan pengguna mengklik iklan Anda dan mendaftar untuk dapat uji coba gratis suatu produk, mendaftar untuk mengunduh secara gratis, atau membeli produk Anda. Pendaftaran dan registrasi akun akan menghasilkan prospek perusahaan dan peningkatan dari segi penjualan.

        Baca Juga: Apa Itu Contextual Advertising?

        Dengan jenis iklan ini, Anda membayar hosting web terkait sejumlah biaya yang disepakati untuk setiap jenis tindakan tertentu. Untuk prospek, hal itu dapat berarti dalam jumlah tertentu, sedangkan untuk penjualan, hal itu dapat berarti dalam persentase tertentu dari total jumlah penjualan. Cara ini dinamakan Cost Per Action (CPA). Simak artikel berikut ini untuk mengenal apa itu Cost Per Action.

        Mengenal Apa Itu Cost Per Action (CPA) 

        Cost Per Action adalah model pembayaran iklan digital yang memungkinkan publisher iklan online menagih pengiklan untuk setiap tindakan tertentu yang dilakukan oleh calon pelanggan. Semua tindakan yang dicakup oleh model periklanan ini berkaitan langsung dengan beberapa jenis konversi, mulai dari pendaftaran newsletter hingga mendapatkan “klik” tautan tertentu, Semua ini ditentukan dan disepakati oleh pengiklan.

        CPA adalah model periklanan di mana publisher iklan online dibayar untuk setiap tindakan yang dihasilkan sebagai dampak positif dari pemasaran produk Anda. Ini berbeda dari pemasaran afiliasi biasa karena Anda mungkin tidak perlu melakukan penjualan untuk mendapatkan bayaran dalam jaringan CPA. Pembayaran biasanya didasarkan pada perolehan prospek seperti mengirimkan nomor telepon atau alamat email untuk mendapatkan beberapa produk atau informasi gratis.

        Seperti yang dapat Anda bayangkan, fakta bahwa Anda bisa mendapatkan bayaran tanpa harus melakukan satu penjualan pun dapat membuat strategi pemasaran CPA sangat menarik bagi para pemasar yang ingin "menghasilkan uang secara online" dan berpotensi meninggalkan banyak ruang untuk dieksploitasi. Ini berarti bahwa jaringan CPA biasanya akan sedikit lebih ketat daripada jaringan afiliasi biasa saat Anda mengizinkan orang masuk ke jaringan mereka.

        Metode Promosi Cost Per Action

        Ada banyak cara  untuk mempromosikan kampanye CPA, beberapa di antaranya memerlukan situs web Anda sendiri, sementara cara lainnya tidak membutuhkan situs web. Sebenarnya, pemasaran CPA tidak jauh berbeda dari jenis pemasaran lainnya. Pada dasarnya, Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mempertimbangkan produk yang Anda promosikan dan di mana Anda benar-benar akan menemukan pasar yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut atau membeli produk tersebut.

        Karena itu, berikut adalah beberapa contoh metode promosi CPA yang populer dan mungkin pernah Anda temui:

        • Review Situs Web - Umumnya jenis situs web ini akan berisi tiga atau lebih produk dalam ceruk tertentu. Mereka kemudian akan memberi Anda pengantar singkat untuk setiap produk, review dar setiap produk dan biasanya ditampilkan peringkat lima bintang. Masing-masing dari produk ini biasanya akan diberi peringkat secara berurutan dan semuanya akan berisi tautan ke landing page yang sudah dipersonalisasi atau langsung ke penjual produk tersebut.

        • Halaman Penjualan atau Landing Page - Situs ini merupakan halaman penjualan dan kemungkinan akan memperkenalkan lebih banyak informasi tentang produk yang sedang ditampilkan. Ini biasanya menjadi cara yang cukup sulit, namun dapat bekerja dengan baik bagi para pembaca yang cermat, sehingga ada potensi bagi mereka untuk mengklik ke toko online terkait kemudian mendaftar ke mailing list pemilik situs. Beberapa halaman penjualan sebenarnya akan mencoba melakukan kedua hal ini, meskipun sering kali lebih efisien untuk memiliki satu jalur langsung melalui halaman arahan. 

        Splash Page - Ini biasanya berisi konten ringan dan akan memiliki grafik yang mencolok dengan beberapa headline dan salinan untuk mendorong pembaca memasukkan detail mereka atau mengklik ke profil toko online. Informasi produk biasanya minim dan jenis halaman ini sering disediakan untuk setiap produk yang memerlukan sedikit penjelasan atau sudah terkenal, misalnya penjualan produk smartphone terkenal seperti iPhone atau Samsung.

        Quiz atau Fun Landing Page - Mirip dengan splash page tetapi bentuknya lebih sederhana. Biasanya akan ada pertanyaan dengan dua atau lebih jawaban yang kemudian dapat diklik melalui tombol yang besar. Kadang-kadang beberapa jenis permainan dapat digunakan di halaman dengan gaya ini dan jelas bukan jenis halaman yang akan dikunjungi kembali oleh seseorang. Satu-satunya tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk mendapatkan click-through ratio.

        Setelah memberi Anda beberapa contoh situs web yang digunakan, jangan salah mengira bahwa Anda hanya dapat memasarkan melalui situs web Anda sendiri. Metode lain yang mungkin untuk mempromosikan produk melalui CPA meliputi postingan ke media sosial, mengirim email ke daftar kontak, menambahkan tautan video YouTube dan setelah Anda meningkatkan modal pemasaran, Anda mungkin saja dapat mengiklankan produk secara tradisional di majalah atau TV nasional, walaupun metode itu dirasa sudah kuno.

        Mengapa Cost Per Action Itu Penting?

        Cost Per Action memungkinkan pengiklan untuk bisa mengontrol biaya iklan untuk setiap tujuan pemasaran tertentu, karena ini hanya dirancang untuk menagih pembayaran sewa iklan kesepakatan. Dengan model pembayaran ini, CPA juga memberi pengiklan kontrol yang lebih baik untuk bisa melacak dan memaksimalkan return of investment di berbagai saluran pemasaran. Melacak CPA memastikan Anda untuk berinvestasi di saluran yang paling hemat biaya serta membantu mengukur keberhasilan berbagai upaya pemasaran Anda.

        Bagaimana Cara Menghitung Cost Per Action?

        Rumus yang digunakan untuk menghitung Cost Per Action bisa menjadi sangat rumit, tetapi rumus yang paling dasar adalah: CPA = Total pengeluaran pemasaran (bulan atau tahun) dibagi total pelanggan yang diperoleh.

        Semakin banyak tujuan pemasaran yang diperlukan, semakin mahal biaya layanan ini. Untuk menghitung CPA Anda di setiap saluran pemasaran, gunakan angka yang sesuai dengan saluran tersebut (misalnya, jika Anda membelanjakan 1,4 juta rupiah untuk setiap Facebook ads dan memperoleh 10 pelanggan baru, maka CPA Anda akan menjadi 14 ribu rupiah per akuisisi baru untuk saluran Facebook saja).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Bagikan Artikel: