Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Duh… Bikin Ngeri! Ini Daftar Organ yang Terdampak Diabetes

        Duh… Bikin Ngeri! Ini Daftar Organ yang Terdampak Diabetes Kredit Foto: Pexels/Anna Shvets
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

        Gula darah yang tak terkendali dari kondisi diabetes mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya. Artinya organ-organ lainnya yang ada dalam tubuh juga ikut terdampak.

        Apa saja organ tubuh lainnya yang terdampak diabetes? Apa saja dampak yang ditimbulkan pada organ-organ tersebut? berikut informasinya yang disadur dari laman Verywell Health.

        Baca Juga: Perlu Dicatat! Bikin Gula Darah Tak Terkendali, Penderita Diabetes Harus Kurangi Asupan Berikut Ini

        Jantung

        American Heart Association menganggap diabetes sebagai salah satu dari tujuh faktor risiko utama yang dapat dikontrol untuk penyakit kardiovaskular (CVD), yang mencakup semua jenis penyakit jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah. Jenis CVD yang paling umum adalah penyakit arteri koroner dan disebabkan oleh penumpukan plak (deposit kolesterol) di dinding arteri.

        Ginjal

        Seiring waktu, tingginya kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh diabetes dapat merusak pembuluh darah di ginjal dan mengganggu kemampuannya untuk membersihkan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan limbah dan cairan dalam darah. Jenis penyakit ginjal ini dikenal sebagai nefropati diabetik. Jika tidak diobati, nefropati diabetik dapat menyebabkan gagal ginjal, yang dapat mengancam jiwa.

        Sekitar 30% orang dengan diabetes tipe 1 mengalami gagal ginjal. Bagi mereka dengan diabetes tipe 2, 10% hingga 40% orang terpengaruh.

        Otak

        Memiliki kadar gula darah tinggi dapat mempengaruhi kognisi, khususnya terkait pemikiran dan memori. Penelitian juga menunjukkan bahwa diabetes dapat mengubah struktur otak. Karena perubahan ini, penderita diabetes berada pada peningkatan risiko penurunan kognitif dan 50% lebih mungkin untuk mengembangkan demensia dibandingkan mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut.

        Baca Juga: Dampaknya Bikin Ngeri! Penderita Hipertensi Wajib Kurangi Asupan Makanan Ini

        Paru-paru

        Diabetes yang tidak terkontrol telah terbukti mengurangi fungsi paru-paru. Pengurangan ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih ringan seperti asma atau komplikasi yang lebih parah seperti fibrosis paru.

        Mekanisme di balik disfungsi paru-paru pada penderita diabetes tidak dipahami dengan jelas seperti halnya dengan organ lain, meskipun hubungannya telah dibuat. Beberapa teori menunjukkan bahwa itu mungkin disebabkan oleh peradangan.

        Pankreas

        Diabetes dan pankreas terkait erat karena pankreas memproduksi insulin, dan ketika tidak menghasilkan cukup atau insulin sama sekali, itu menyebabkan gula darah tinggi.

        Baca Juga: Perlu Dicatat! Bikin Gula Darah Tak Terkendali, Penderita Diabetes Harus Kurangi Asupan Berikut Ini

        Mata

        Gejala mata seperti penglihatan kabur biasanya merupakan gejala awal diabetes. Seiring waktu, diabetes dapat menyebabkan retinopati diabetik, yang dapat menyebabkan masalah penglihatan dan kebutaan. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di retina, lapisan jaringan di belakang mata yang sensitif terhadap cahaya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: