Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu cPanel?

        Apa Itu cPanel? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        cPanel adalah salah satu control panel yang populer di kalangan developer web dan perusahaan hosting. Biasanya, alat ini dipasangkan dengan WHM (Web Host Manager), sehingga kedua komponen bekerja bahu-membahu, dengan masing-masing dari mereka memainkan peran terpisah. Web Host Manager menyediakan kontrol administratif atas server. Selain konfigurasi server, WHM membuat banyak akun dan mengelola lebih dari satu situs web.

        Selanjutnya, dashboard cPanel menyediakan berbagai file web, MySQL, statistik, pelacakan data, dan fitur SEO. Tidak heran jika cPanel adalah salah satu panel kontrol paling populer di kalangan developer web dan perusahaan hosting.

        Baca Juga: Apa Itu DBMS?

        Agar penyedia hosting dapat menentukan ketika mengelola server dengan WHM dan membuat akun cPanel bagi pelanggan mereka, praktik ini dikenal sebagai cPanel hosting.

        Apa Itu cPanel?

        cPanel adalah control panel berbasis Linux yang digunakan untuk mengelola web hosting Anda dengan mudah. Sistem ini beroperasi mirip dengan aplikasi desktop. Dengan cPanel, Anda dapat melakukan tindakan dari dasbor yang mudah digunakan, alih-alih menjalankan perintah yang rumit.

        Apa Itu cPanel Hosting?

        cPanel hosting pada dasarnya adalah web hosting berbasis Linux yang mencakup instalasi cPanel. Paket hosting menyediakan akun cPanel untuk mengontrol elemen web hosting Anda.

        Mengingat hal itu, cPanel dapat digunakan di berbagai jenis hosting, termasuk shared, dedicated, dan managed WordPress hosting.

        Control panel ini adalah pilihan yang baik bagi pemula yang mencari solusi direct control panel. Namun, sama seperti control panel hosting lainnya, cPanel memiliki kelebihan dan kekurangan.

        1. Kelebihan

        Interface yang ramah pengguna. Interface pada cPanel mengelompokan berbagai fitur di bawah modul yang dapat dikelola, sehingga memungkinkan pengguna untuk menemukannya dengan mudah. Dasbor cPanel juga dilengkapi dengan menu dan grafik intuitif untuk melakukan navigasi yang mulus.

        Sangat kompatibel. Sebagai salah satu control panel yang populer, cPanel kompatibel dengan beberapa browser web, termasuk Google Chrome, Safari, dan Mozilla Firefox. Selain itu, cPanel mendukung banyak aplikasi pihak ketiga, termasuk pembuat situs dan alat SEO.

        Memiliki berbagai fitur. Karena tidak memerlukan pengetahuan teknis tingkat lanjut, cPanel memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas rumit seperti membuat subdomain dan akun FTP, mengelola database MySQL, dan membuat cadangan situs.

        Instalasi software otomatis. cPanel tidak hanya menyediakan banyak fitur, tetapi juga terintegrasi dengan baik dengan Softaculous Apps Installer. Ini memberikan akses ke lebih dari 400 aplikasi, termasuk sistem manajemen konten populer. Softaculous menangani setiap aplikasi selama siklus hidupnya, mulai dari penginstalan hingga pembaruan.

        Dukungan yang dapat diandalkan. Forum dan blog cPanel berisi banyak sumber daya. Manual teknis khusus untuk cPanel dan WHM juga tersedia. Mereka menjelaskan cara menggunakan dan menyelesaikan masalah dengan produk cPanel.

        2. Kekurangan

        Kerentanan keamanan. Penelitian menunjukkan bahwa metode two-factor authentication (2FA) cPanel rentan terhadap serangan brute force. Untuk mencegahnya, selalu pastikan versi cPanel Anda up-to-date.

        Lisensi mahal. cPanel memiliki biaya lisensi tertinggi dibandingkan dengan pesaingnya. Jadi, jika Anda hanya mengelola situs web, paket cPanel hosting bisa menjadi solusi yang lebih murah karena web host akan meminjamkan Anda lisensi cPanel mereka.

        Risiko kehilangan atau kerusakan data. Ada kalanya sistem cPanel secara tidak sengaja menimpa pengaturan server dan menghapus semua data selama pembaruan besar. Ini terjadi karena hard drive yang rusak atau gagal. Dalam kasus seperti itu, coba lakukan disaster recovery untuk memulihkan server web Anda.

        Tiga Opsi cPanel Host Terbaik

        Memilih cPanel host terbaik untuk memenuhi kebutuhan situs WordPress Anda itu sangat penting. Anda harus berhati-hati dalam memilih web host berdasarkan keandalan, performa, dukungan pelanggan, fitur, dan harga.

        Deretan web host terbaik yang menggunakan cPanel adalah:

        1. Bluehost adalah salah satu penyedia hosting terbesar dan terbaik yang menggunakan cPanel. Bluehost sangat dihormati dan menjadi salah satu perusahaan web hosting tertua. Mereka menyediakan pemasangan WordPress otomatis, domain gratis dan sertifikat SSL, dan dukungan 24/7. WordPress secara resmi merekomendasikan mereka sebagai penyedia hosting.

        2. HostGator menggunakan cPanel dan menghosting jutaan domain. Ini adalah salah satu penyedia hosting web paling populer di industri ini. HostGator memberi pelanggannya instalasi WordPress sekali klik, waktu aktif 99,9%, dan dukungan sepanjang waktu. Banyak orang menganggap mereka sebagai salah satu penyedia hosting web terbaik bagi bisnis.

        3. GreenGeeks telah menjadi host web terkenal yang menggunakan cPanel. GreenGeeks juga memiliki instalasi WordPress sekali klik, migrasi situs gratis, CDN gratis, dan dukungan hebat. GreenGeeks ramah lingkungan dan menampung lebih dari 500.000 situs web.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: