Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sukses Buat Lamudi Jadi Proptech Besar di Indonesia, CEO Fokus Hadir Jadi Sahabat bagi Konsumen

        Sukses Buat Lamudi Jadi Proptech Besar di Indonesia, CEO Fokus Hadir Jadi Sahabat bagi Konsumen Kredit Foto: Lamudi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Seiring dengan percepatan digitalisasi, terutama akibat pandemi, layanan berbasis daring makin digemari oleh masyarakat, tak terkecuali di sektor properti. Pertumbuhan property technology (proptech) kian meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Industri ini menghadirkan alternatif tak hanya bagi masyarakat, namun juga bagi pengembang, agen, dan juga bank.

        Meski demikian, CEO dari salah satu pengembang terbesar di Indonesia, yaitu Lamudi, menolak gagasan industri proptech hadir hanya sebagai organisasi penjualan. Mart Polman, namanya, menekankan kepada timnya untuk menjadi sahabat terpercaya bagi masyarakat dalam rencana pembelian rumah.

        “Saya selalu mengatakan kepada tim saya bahwa konsumen bukanlah sesuatu yang harus kita dorong untuk melakukan sesuatu. Kami ingin membantu masyarakat. Kami ingin membantu masyarakat untuk memahami apa yang terbaik bagi mereka, rumah apa yang terbaik bagi mereka,” kata Mart Polman saat berbincang dengan tim Warta Ekonomi beberapa waktu lalu.

        Baca Juga: Dukung Pertumbuhan Sektor Properti Nasional, Lamudi.co.id Akuisisi Bisnis Properti OLX

        Pria lulusan Rotterdam School of Management, Erasmus University, ini dipercaya untuk menduduki posisi CEO Lamudi di Indonesia hanya setelah delapan bulan dirinya bergabung dengan Lamudi pusat.

        Dengan basis pengetahuan manajemen informasi bisnis, Mart Polman mengembangkan Lamudi Indonesia dengan capaian lebih dari 4,5 juta unique visitors, 600.000 listing baru tiap bulannya, dan telah mempekerjakan 700 karyawan sejak kehadiran pertama Lamudi di Indonesia pada Februari 2014 silam.

        Guna mengetahui lebih dalam kisah Mart Polman selama memegang jabatan CEO Lamudi Indonesia, atau dikenal dengan Lamudi.co.id, berikut isi percakapan Mart Polman dengan tim Warta Ekonomi.

        Apa yang membuat Lamudi memilih Indonesia sebagai salah satu target dari perluasan bisnisnya?

        Jadi, Lamudi sudah beroperasi di Indonesia selama lebih dari tujuh tahun, dan saya rasa apa yang menarik perhatian kami sejak awal masih sama dengan apa yang menarik kami di pasar Indonesia saat ini. Terlebih, Indonesia sebagai pasar negara berkembang memiliki ukuran pasar yang sangat besar dan peluang besar untuk pertumbuhan ekonomi, yang menurut saya juga ditunjukkan oleh pertumbuhan ekonomi yang sangat stabil selama beberapa tahun terakhir. Jadi saya pikir itu membuat banyak investor sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari itu. 

        Dan saya pikir jika kita berbicara tentang penetrasi internet ketika kita mulai 2014-2015 masih sangat sangat rendah dan saya juga melihat perkembangannya sangat cepat selama beberapa tahun terakhir, jadi saya pikir itu juga membuat platform seperti Lamudi memiliki waktu yang tepat untuk muncul dan memulai karena orang lebih banyak menggunakan manfaat teknologi dan internet yang ditawarkan.

        Pada saat yang sama, kami bukan hanya perusahaan internet, menurut saya yang sangat menarik sebagai perusahaan proptech, kami sangat terkait dengan industri properti, kami tidak hanya bersemangat tentang ekonomi internet di Indonesia tetapi juga potensi dari industri properti. Saya pikir sebagai pasar yang sedang berkembang, industri properti adalah industri yang sangat penting, memiliki kontribusi besar terhadap PDB negara, sekitar 2%. 

        Pada saat yang sama, kami melihat banyak peluang untuk membantu industri ini menjadi lebih baik dan pada dasarnya melakukannya dengan menggunakan teknologi. Bagi kami, teknologi atau proptech adalah cara otomatis membantu semua pemangku kepentingan di industri, katakanlah pengembang, agen properti, dan bank untuk terhubung dengan konsumen melalui teknologi. Saya pikir kita bisa membuat hidup banyak orang lebih mudah dengan itu. Saya pikir itulah yang menarik kami 7 tahun yang lalu dan juga masih ada ambisi yang besar untuk kami.

        Bagaimana cara yang Anda lakukan untuk membuat Lamudi beradaptasi dengan pasar properti di Indonesia?

        Menariknya, memang itu adalah sesuatu yang sangat inti untuk bisnis kami. Lamudi tidak bisa bertahan tanpa industri properti. Kami sebenarnya di sini untuk memungkinkan, membuat segalanya lebih mudah, dan kami benar-benar ingin menjadikan pengalaman kami sebagai pengalaman paling terpercaya bagi orang-orang untuk benar-benar membeli properti. 

        Saya pribadi telah di sini selama enam tahun, saya telah melihat bahwa kepemilikan rumah begitu tinggi dalam agenda orang. Banyak orang melihat membeli rumah sebagai hal pertama yang harus dilakukan ketika mereka berpikir untuk menikah. Keluarga Indonesia tanpa kepemilikan rumah itu tidak terpikirkan, semua orang berpikir untuk membeli rumah.

        Dan pada saat yang sama, jika Anda bertanya kepada orang-orang bagaimana pengalaman mereka, mereka akan merasa sulit, atau mereka tidak memahami prosesnya, sehingga banyak hal di industri properti membuat pelanggan sulit untuk dapat percaya dan memutuskan properti yang tepat untuk dibeli. 

        Jadi, ini adalah pembelian terbesar yang akan dilakukan orang dalam hidup mereka. Dan bagi kami, ini benar-benar masalah yang tepat. Kami ingin membuat lebih mudah dan lebih dapat dipercaya bagi setiap orang Indonesia untuk menemukan rumah impian mereka. Kami harus memahami masalah di pasar dan mencoba menyelesaikannya dengan menggunakan teknologi. Saya pikir kami telah menempuh perjalanan jauh.

        Jadi, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, secara otomatis, visi kami adalah menghubungkan semua pihak yang berbeda sehingga kami ingin menghubungkan pengembang, agen properti, dan bank untuk juga memberikan pembiayaan, untuk memberikan solusi ujung ke ujung (end-to-end solution) kepada pelanggan untuk dapat menemukan rumah impian mereka dan secara otomatis menyediakan platform satu atap untuk menemukan tempat impian mereka. Itulah cara bagaimana kami beradaptasi dengan industri properti di Indonesia.

        Melihat tren properti di Indonesia, menurut Anda apa tantangannya dan bagaimana Anda membuat Lamudi dapat menghadirkan solusi untuk tantangan-tantangan tersebut?

        Jadi, saya pikir kami melihat beberapa tren. Saya kira bagian terbesar sebenarnya terkait dengan demografi pelanggan yang berubah. Mungkin 3-4 tahun yang lalu pembeli properti didominasi oleh orang-orang berusia di atas 40 tahun, sementara sekarang lebih beralih ke pengguna akhir yang sebenarnya, pertama kali rumah pembeli, yang membeli rumah untuk pertama kalinya.

        Dan yang menarik dari segmen ini adalah mereka lebih muda dari sebelumnya, segmen ini mungkin berusia 25-35 tahun dan orang-orang ini sangat paham teknologi. Mereka hidup dengan teknologi, mereka terikat dengan teknologi, mereka tidak dapat hidup tanpa teknologi. Saya pikir mereka memiliki harapan yang sama tentang membeli properti karena mereka mungkin menggunakan e-commerce. 

        Pada saat yang sama, mereka masih melihat sesuatu yang sangat sulit dan tidak berwujud bagi mereka, jadi kami mencoba membuatnya lebih mudah. Kami mencoba mengedukasi pasar tentang bagaimana teknologi properti dapat membantu mereka dan benar-benar menggunakannya sebagai alat untuk mempermudah mereka menemukan rumah impian mereka. Jadi, saya kira itu adalah salah satu tantangan terbesar, di mana orang tidak mengerti cara membeli rumah, dan saya pikir teknologi dapat memainkan solusi besar di sana.

        Pada saat yang sama, kami juga melihat industri, jika kita berbicara tentang properti bukanlah industri yang bergerak cepat. Ini sebenarnya industri yang bergerak lambat. Pada dasarnya masih banyak stakeholders, agen, pengembang yang belum begitu beradaptasi dengan teknologi. Ada kesenjangan yang cukup besar antara harapan konsumen dan pengalaman yang dapat diperoleh agen dan pengembang. Kami di sini, sebagai Lamudi, itulah peran kami di sana, untuk membantu pengembang, agen, dan bank untuk mengadopsi teknologi digital sehingga kami ingin membantu mereka dalam informasi digital untuk menghubungkan mereka pada dasarnya dengan konsumen.

        Jadi, menurut saya ada dua sisi. Di satu sisi, kami ingin mengedukasi pelanggan untuk membeli rumah, tetapi pada saat yang sama, kami membantu para pemangku kepentingan industri untuk memastikan bahwa mereka mampu menjaga teknologi dan menggunakan teknologi untuk membuat bisnis mereka lebih baik.

        Bagaimana Anda melihat performa Lamudi.co.id sejak dimulai pada 2014 hingga sekarang? Menurut Anda, bagaimana posisi Lamudi.co.id di ekosistem proptech Indonesia?

        Tergantung pada metrik apa yang akan Anda lihat untuk mengatakan siapa pemain utama, tetapi saya pikir di hampir setiap metrik kami akan menjadi pemain utama. Kami, dengan OLX yang bergabung menjadi bagian dari Lamudi, kami memiliki jumlah lalu lintas terbesar dalam hal pencari properti di situs web kami setiap bulan, kami memiliki tim terbesar, kami memiliki klan paling banyak, jadi saya pikir Lamudi sebenarnya memimpin grafik ketika berbicara tentang proptech. Tapi itu perjalanan yang panjang, kan? Jadi, kami mulai pada tahun 2014 dan dalam tujuh tahun terakhir kami berhasil membangun itu. Kami melakukannya dengan bermitra dengan semua pemangku kepentingan yang berbeda sehingga saat ini kami memiliki lebih dari 400 mitra pengembang properti, lebih dari 15.000 mitra agen properti, dan kami bekerja dengan bank untuk menyediakan ekosistem properti digital, sedangkan Lamudi adalah platform di tengahnya.

        Jadi, saya pikir ada beberapa pemain proptech di luar sana tetapi sekarang, dengan OLX menjadi bagian dari Lamudi, Lamudi jelas menjadi nomor satu dan kami juga senang dengan perjalanan yang kami alami selama tujuh tahun terakhir.

        Bagaimana Anda menyusun strategi untuk memperkuat posisi Lamudi di persaingan ekosistem proptech Indonesia?

        Menurut saya yang paling penting adalah bagaimana kami bisa bertahan dan menjadi lebih baik. Bagaimana menurut saya, jika kami ingin menjadi proptech nomor satu atau kami ingin menjadi platform nomor satu untuk mencari properti, kami harus memiliki properti yang beragam dari timur ke barat Indonesia, dari utara ke selatan, seluruh Indonesia. Kami perlu memiliki properti yang tersedia. 

        Kalau melihat pasar saat ini, saya kira untuk adopsi teknologi teknis umum, adopsi internet, masih lebih berpusat di sekitar kota besar, jadi proptech juga lebih besar di, katakanlah, Jabodetabek atau Surabaya. Tapi kalau Anda melihat di luar kota besar itu, Anda dapat melihat adopsi (teknoogi dan internet) masih perlu waktu untuk tumbuh. Jadi bagi kami, kami ingin banyak berekspansi ke seluruh Indonesia, dan itu dilakukan dengan bermitra dengan lebih banyak pengembang, agen, dan bank untuk mempermudah bisnis mereka. 

        Jadi, kami memperluas bisnis kami di seluruh negeri. Pada saat yang sama, di Jabodetabek kami masih memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Jadi dengan OLX sekarang, kami ingin memberikan pengalaman yang mudah dengan mengintegrasikan dua platform, dan saya pikir bagi kami, kami benar-benar baru memulai misi kami untuk memudahkan setiap orang Indonesia menemukan rumah impian mereka. Dan bahkan setelah tujuh tahun, kami masih bersemangat tentang langkah-langkah yang harus kami ambil untuk menjadi pemain nomor satu, top of mind setiap orang Indonesia.

        Meski bergerak secara online, Lamudi belum lama ini mengatakan sektor properti masih membutuhkan interaksi langsung. Bisakah Anda mengelaborasikan pandangan Anda tentang ini? Dan bagaimana Lamudi merespons hal tersebut?

        Jadi menurut saya, sebenarnya banyak startup di Indonesia yang masih membutuhkan bagian dari interaksi langsung, atau mungkin bisa dikatakan offline. Jadi di Lamudi, kami mencoba menggabungkan online dan offline sebagai jembatan. Bagi kami, jika berbicara tentang properti, belum ada orang yang mau membeli rumah hanya secara online.

        Mereka akan ingin melihat rumah itu, merasakan rumah itu, dan melihat lokasinya sebelum mereka percaya bahwa ini adalah rumah yang tepat untuk dibeli. Oleh karena itu, kami benar-benar ingin mencakup pengalaman online dan offline. Kami ingin memastikan satu orang menggunakan platform Lamudi. Ketika mereka pergi dan menyurvei properti, mereka juga memiliki pengalaman terbaik. 

        Jadi bagi kami, ini sebenarnya adalah sesuatu yang berjalan beriringan, pengalaman yang ditawarkan pengembang, agen, itu tidak akan pernah tergantikan oleh teknologi. Saya pikir properti akan selalu membutuhkan hubungan dan nasehat yang sangat kuat bagi konsumen untuk membuat keputusan, dan bagi kami, ini benar-benar tentang membantu orang-orang di industri untuk lebih terhubung dengan konsumen dan melakukannya secara online. Dan itu sangat berarti bagi kami, online dan offline, bergandengan tangan, dan bersama-sama sebenarnya lebih kuat.

        Milenial dan Gen Z menjadi incaran utama sektor properti belakangan ini, apa rencana Lamudi untuk menggaet lebih banyak konsumen di grup ini?

        Jadi saya pikir bagian terbesarnya adalah pembeli yang relatif muda ini, yang menurut kami, adalah generasi pembeli properti berikutnya. Mereka paham teknologi, mereka juga memiliki ekspektasi tinggi terhadap pengalaman. Jadi pada dasarnya, ini semua tentang pengalaman pelanggan. Pada saat yang sama, para pelanggan ini belum tahu cara membeli properti, ini pertama kalinya bagi mereka.

        Jadi, kami ingin membantu milenial dan gen Z untuk membuat keputusan ini, mengedukasi mereka, dan membuat proses mereka lebih mudah, menjadi lebih pribadi. Kami ingin memastikan bahwa kami memberikan saran yang dipersonalisasi, dan kami melakukannya dengan membantu mereka secara menyeluruh. 

        Jadi, Lamudi tidak hanya dapat menemukan properti, tetapi Anda sebenarnya juga dapat menyurvei dan meneliti properti terbaik untuk Anda, kami dapat membantu Anda dengan lokasi, kami dapat membantu Anda dengan pembiayaan, KPR untuk membeli rumah Anda. Itu pada dasarnya adalah perjalanan ujung ke ujung (end-to-end) yang kami tawarkan kepada pelanggan kami.

        Dan yang terpenting, saya selalu mengatakan kepada tim saya bahwa konsumen bukanlah sesuatu yang harus kita dorong untuk melakukan sesuatu. Kami ingin membantu masyarakat. Kami ingin membantu masyarakat untuk memahami apa yang terbaik bagi mereka, rumah apa yang terbaik bagi mereka.

        Seperti yang kita ketahui, kita baru menyambut tahun 2022. Lantas, inovasi apa saja yang disiapkan dan dikembangkan oleh Lamudi untuk tahun ini?

        Ada beberapa hal besar yang kami kerjakan untuk tahun ini. Sebagian besar, menjalankan masalah pelanggan. 

        Pertama, saya pikir masih menjadi salah satu masalah terbesar bagi orang untuk membeli rumah adalah akses ke pembiayaan. Itu adalah hal yang sangat mahal untuk dibeli dan banyak orang tidak tahu bagaimana melakukannya, dan juga banyak orang tidak tahu bagaimana sebenarnya menemukan akses untuk mendapatkan uang untuk melakukan itu. Maka kami bermitra dengan perbankan untuk benar-benar merancang program khusus bagi nasabah Lamudi untuk dapat benar-benar mendapatkan pembiayaan untuk rumah impian mereka. Dan kami benar-benar fokus merancang solusi khusus untuk memastikan bahwa kami bermitra bersama bank, dan pengembang, dan agen bersama-sama untuk memudahkan orang mengakses pembiayaan untuk membeli rumah impian mereka. 

        Bagian kedua lebih ke pengalaman agen. Jadi, pada saat OLX menjadi bagian dari Lamudi, kami sebenarnya memiliki visi untuk merancang satu platform yang dapat digunakan agen untuk mengelola dua portal. Jadi, itu adalah sesuatu yang akan segera kami rilis ketika para agen dapat menggunakan teknologi Lamudi untuk menggunakan OLX dan Lamudi secara bersamaan. Jadi, itu adalah sesuatu yang lebih untuk bekerja pada agen. 

        Dan secara otomatis solusi ketiga yang paling utama adalah membantu industri untuk maju melalui transformasi digital seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Dan kami masih melihat lebih banyak peluang untuk bermitra erat dengan pengembang, agen, dan mitra bank untuk memastikan bahwa mereka juga dapat mengadopsi teknologi tersebut. 

        Jadi, saya pikir ini adalah 3 inovasi dasar tahun ini. Dan saya berharap banyak orang akan terbantu untuk menemukan cara yang lebih mudah untuk membeli rumah impian mereka.

        Apa target Anda untuk Lamudi ke depannya?

        Seperti yang saya sebutkan, cara kami melihatnya, perusahaan ini tidak terlalu muda, kami berusia tujuh tahun, kami masih startup tetapi juga tumbuh dengan cepat. Pada saat yang sama, kami hanya di titik awal dari perjalanan kita. Saya pikir perjalanan kami hanya akan selesai jika kami benar-benar memudahkan setiap orang Indonesia untuk menemukan rumah impian mereka dan melakukannya melalui Lamudi. Jadi, bagian terbesar untuk saat ini adalah memperluas layanan kami, kami menawarkan lebih banyak solusi untuk membantu agen dan pengembang tidak hanya dengan pemasaran mereka tetapi juga dengan penjualan. 

        Kami benar-benar ingin menjadi platform bagi mereka untuk mempercepat pertumbuhan bisnis mereka, jadi kami ingin membantu industri untuk membuat adopsi digital itu dan tumbuh dari sana. Dan pada saat yang sama untuk melakukan itu, kami merekrut lebih banyak lagi, katakanlah game-changer di perusahaan kami, jadi karyawan baru yang ingin kami rekrut. Untuk tahun ini saja sebenarnya kami ingin merekrut seribu lebih karyawan di Indonesia saja. Jadi itu ambisi besar. Sehingga seribu pekerjaan harus diisi. Dan kami membutuhkannya karena industri properti adalah industri yang sangat besar sehingga untuk benar-benar membuat perbedaan dan membantu industri ini berkembang, kami membutuhkan banyak orang untuk mewujudkan visi tersebut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Imamatul Silfia
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: