WE Online, Tanggerang - Pengusaha Chairul Tanjung berencana menghapus jejak gerai Carrefour peritel asal Perancis secara bertahap dalam kurun waktu lima tahun, setelah berhasil menguasai 100 persen saham perusahaan tersebut yang juga dilakukan secara bertahap. "Saham Carrefour Indonesia secara bertahap telah kita kuasai yakni 40 persen pada tahun 2010, serta 60 persen pada tahun 2012," kata Senior Manager Marketing dan Customer Engagement PT Trans Retail Indonesia (Carrefour), Indira Manoppo di Tangerang, Sabtu (10/1/2015).
Menurut dia, sudah ada empat gerai yang namanya sekarang menjadi Transmart Carrefour. Nanti lambat laun semuanya akan kita ganti dengan Transmart saja, tidak pakai nama Carrefour. "Kita berkomitmen dalam lima tahun kedepan tidak ada lagi Carrefour di Indonesia," ujar Indira.
Indira menjelaskan, pergantian nama tersebut dilakukan untuk menunjukkan bahwa Carrefour merupakan gerai ritel nasional. Pasalnya, grup usaha milik pengusaha Chairul Tanjung (CT) yaitu CT Corp berhasil menguasai 100 persen saham Carrefour Indonesia.
Seperti diketahui pada tahun 2010, CT Corp membeli 40 persen saham Carrefour dengan nilai sekitar USD 300 juta (Rp 3,75 triliun, dengan kurs Rp 12.500 per dolar AS), lalu pada tahun 2012 CT Corp kembali mengakuisisi saham yang tersisa sebanyak 60 persen dengan harga pembelian USD 750 juta (Rp 9,3 triliun). Jika dijumlahkan pengusaha dana untuk menguasai Carrefour Indonesia mencapai Rp13,1 triliun.
Saat ini Carrefour telah memiliki 89 gerai di seluruh Indonesia, dimana empat diantaranya bernama Transmart Carrefour. Indira mengaku Carrefour akan terus berupaya menambah gerai seiring dengan pertumbuhan ekonomi di beberapa kota. "Tahun 2015 ini, kita berencana akan menambah 10-15 gerai lagi, semuanya diluar Jabodetabek. Itu karena banyak kota-kota baru yang sedang tumbuh," ungkapnya.
Secara terpisah, Direktur Utama PT Trans Ritail Indonesia Shafie Samsudin mengatakan untuk melakukan ekspansi dibutuhkan investasi sebesar Rp100 miliar per gerai. Nilai tersebut diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur dan isi dari Transmart Carrefour. "Transmart tetap akan mengusung konsep one stop shopping yang mengkaloborasikan gaya hidup, entertainment, fashion, food, dan hypermarket," jelasnya.
Lebih lanjut, untuk menggenjot penjualan Carrefour, Transmart Carrefour secara resmi memperkenalkan brand ambassador yaitu grup band Nidji. "Kita pilih Nidji karena mereka anak-anak muda dan family man. Selama ini mereka bebas dari narkotika, dan jarang sekali terlibat masalah. Ini sesuai dengan pengembangan basis pelanggan yang menyasar kaum muda kalangan menengah, baik yang single maupun berkeluarga," jelasnya. (Ant)
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Achmad Fauzi
Tag Terkait: