Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sasar Penerima BBM Subsidi Sesuai Target, Pertamina Ujicoba Penjualannya Lewat MyPertamina

        Sasar Penerima BBM Subsidi Sesuai Target, Pertamina Ujicoba Penjualannya Lewat MyPertamina Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Pertamina (Persero) terus melakukan terobosan guna bisa menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi tepat dengan sasaran, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi melalui MyPertamina.

        Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyebut meskipun telah mendapatkan angin segar atas rencana pemerintah untuk menaikkan subsidi energi, namun perseroan masih memiliki tantangan yaitu menjaga agar kuota subsidi tidak jebol.

        Baca Juga: Jika Ada Tambahan Anggaran Subsidi, Pertamina Pastikan BBM dan LPG Subsidi Tidak Naik

        "Tantangan masih ada karena kita harus menjaga mengendalikan agar kuotanya tidak jebol, yaitu dengan pengendalian tadi nozzle otomatis dengan MyPertamina, karena kalau kuotanya lewat maka itu akan berdampak," ujar Nicke saat Media Gathering dengan pimpinan redaksi dikutip Kamis (9/6/2022).

        Nicke menyebut, nantinya MyPertamina akan digunakan sebagai pembayaran tanpa uang dan rencananya akan ada uji coba untuk menggunakan aplikasi itu sebagai pembayaran BBM bersubsidi.

        "Supaya lebih targeted. Kalau sekarang semua orang bisa, tergantung risih apa enggak pakai mobil bagus beli Pertalite atau Biosolar. Tapi ini tidak bisa dengan begitu, gak cukup, jadi kita akan melakukannya secara sistemik, satu adalah tentang kriteria siapa yang berhak menikmati BBM bersubsidi ini," ujarnya.

        Baca Juga: Mau Jadi Gubernur Jakarta, Giring Ganesha Disindir Haris Pertama: Sifatmu Selalu Buat Orang Murka

        Nicke menyebut, untuk dapat melaksanakan itu semua kuncinya ada di regulasi pada Peraturan Presiden 191 tahun 2014 yang saat ini sedang direvisi oleh pemerintah. Hal itu perlu dilakukan untuk mendapatkan detail jenis kendaraan masyarakat yang berhak menerima subsidi.

        Lanjutnya, jika nantinya sudah terdapat kriteria yang jelas maka akan langsung di atur di dalam digitalisasinya sehingga nanti jika ada yang tidak berhak mendapatkan BBM bersubsidi maka nozzle akan berhenti otomatis. 

        "Karena kalau sekarang tanpa pengaturan secara digital seperti ini yang kasihan para operator SPBU, kita lihat kan ada yang dipukulin, dipaksa, kalau ini ya mau dipukulin gak bisa ngocor. orang dari sananya sudah gak bisa," ungkapnya.

        Baca Juga: Dibuat Naik Pitam, Haris Pertama Tantang Denny Siregar: Dasar Manusia Dungu!

        Nicke melanjutkan, nantinya setiap penerima BBM bersubsidi nomor kendaraannya harus terdaftar di MyPertamina, jadi jika tidak terdaftar maka otomatis tidak berhak mendapatkan subsidi.

        Selain itu, juga dapat mencegah pencurian yang dalam arti membeli secara berlebihan di SPBU. Dimana saat ini setiap kendaraan sudah diatur maksimal mengisi bahan bakar sebanyak 200 liter .

        Baca Juga: Tak Disangka, Pertamina Blak-blakan Sebut Pemerintah Masih Berhutang Rp72 Triliun!

        "Pencurian itu bisa dalam arti mencuri ada juga yang membeli berlebihan di SPBU, itu juga sekarang kita sedang set untuk kendaraan kita maksimalkan 200 liter. Nakalnya tuh beli 150 liter, beli lagi 150 liter, beli lagi 100 liter, jadi total dalam sehari itu bisa 2000 misal.  itu juga sama secara sistem akan menolong," tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Djati Waluyo
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: