Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        90 Persen Makanannya Adalah Impor, Pakar Soroti Siasat Singapura, Indonesia Mau Coba?

        90 Persen Makanannya Adalah Impor, Pakar Soroti Siasat Singapura, Indonesia Mau Coba? Kredit Foto: Unsplash/Justin Lim
        Warta Ekonomi, Singapura -

        Singapura dikenal dengan berbagai makanan jalanan dan masakan lokalnya, tetapi banyak yang mungkin tidak tahu bahwa Singapura menghadapi tantangan yang terus-menerus yakni tentang ketahanan pangan.

        Masalah yang semakin mendesak menjadi sorotan nasional setelah larangan ekspor makanan baru-baru ini, khususnya larangan ekspor ayam oleh negara tetangga Malaysia, di mana Singapura mengimpor 34% ayamnya.

        Baca Juga: Angin Segar dari Singapura Datang buat Indonesia, Semoga Gak PHP Ya!

        Sebagai negara kepulauan kecil, Singapura kekurangan sumber daya alam. Negara-kota itu harus mengimpor lebih dari 90% makanannya dari lebih dari 170 negara dan wilayah.

        Dengan negara yang rentan terhadap banyak tantangan eksternal, pemerintah meluncurkan inisiatif “30 kali 30” untuk menghasilkan 30% dari kebutuhan nutrisinya pada tahun 2030.

        Tapi negara ini sudah merasakan efek dari kenaikan inflasi makanan, lapor CNBC.

        Harga makanan naik 4,1% pada April dari tahun sebelumnya, naik dari 3,3% pada Maret, Otoritas Moneter Singapura dan Kementerian Perdagangan dan Industri mengatakan.

        Situasi global

        Pemilik kios jajanan, khususnya, mulai merasa terjepit karena mereka berada di bawah tekanan untuk menjaga harga tetap rendah untuk massa.

        Remus Seow, pemilik Fukudon, sebuah kios jajanan yang menjual rice bowl Jepang, adalah salah satu contohnya.

        Selama enam bulan terakhir, katanya, harga produk yang dia beli, seperti minyak goreng, telur, dan daging, naik antara 30% hingga 45%.

        Seow baru-baru ini menaikkan harga untuk pertama kalinya sejak membuka kiosnya dua tahun lalu. Jika harga terus naik, 20% hingga 35% pelanggan mungkin tidak akan mengontrak lapaknya lagi, katanya.

        Otoritas Moneter Singapura mengatakan kenaikan harga pangan global diperkirakan akan terus berkontribusi terhadap inflasi pangan lokal setelah tahun 2022.

        Harga pangan global sudah mulai naik selama pandemi, tetapi perang Ukraina telah memperburuk tekanan inflasi tersebut.

        Baca Juga: Setelah Malaysia Gagal Penuhi Keinginannya, Singapura Langsung Tatap Indonesia, Siap-siap Cuan!

        Kekurangan pangan akan berlanjut dalam jangka pendek, dan bahkan mungkin hingga satu atau dua tahun ke depan, kata Dil Rahut, peneliti senior di Asian Development Bank Institute.

        Negara-negara lain tidak dapat dengan cepat mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Ukraina dan Rusia karena dibutuhkan setidaknya satu tahun untuk menumbuhkan produk segar, kata Rahut.

        Demikian pula, Paul Teng, ajun rekan senior di S. Rajaratnam School of International Studies, memperingatkan bahwa bahkan jika perang berakhir, harga pangan tidak akan segera kembali ke harga sebelum perang.

        Itu karena faktor-faktor seperti kenaikan biaya bahan bakar, kekurangan tenaga kerja, dan rantai pasokan yang terganggu akan menambah kekurangan makanan yang ada, membuat harga tetap tinggi, kata Teng.

        Bank Dunia telah melaporkan bahwa harga pangan diperkirakan akan naik sekitar 20% tahun ini sebelum mereda pada tahun 2023.

        Hambatan

        Teng mengatakan sementara Singapura masih relatif baik dalam menjaga ketahanan pangan, masa depannya tidak diketahui.

        "Singapura telah meremehkan pertanian dan mengimpor makanan," katanya. “Sekarang kami telah melakukan putaran balik dan mulai meningkat, tetapi ini perlu waktu untuk melunasinya,” tambahnya.

        Rencana “30 kali 30” bertujuan untuk memberi Singapura tingkat produksi sendiri yang cukup untuk mengatasi masa-masa sulit, tetapi itu tidak akan cukup untuk sepenuhnya menggantikan impor, kata Teng.

        Itu karena pemerintah telah memutuskan untuk berinvestasi lebih banyak dalam menumbuhkan produk domestik bruto negara dan pendapatan rumah tangga rata-rata daripada berinvestasi dalam kegiatan pertanian, tambahnya.

        “Selama Anda punya uang, dan selama tidak ada gangguan rantai pasokan, maka Anda selalu bisa membeli makanan di suatu tempat karena volume yang kami butuhkan (relatif) tidak terlalu tinggi,” kata Teng.

        Tetapi sementara Singapura secara "teknis dan teknologi" mungkin untuk mencapai tujuannya, masih ada dua masalah - harga dan sikap konsumen terhadap "makanan baru," tambahnya.

        Teng mengatakan konsumen secara khusus membeli “makanan alami” dan mungkin tidak menerima “makanan baru” – seperti ayam yang ditanam di laboratorium dan sumber protein alternatif – yang merupakan bagian besar dari tujuan “30 kali 30”.

        Baca Juga: Jarang Terjadi, Singapura Mulai Konsumsi Ayam Kampung dan Ayam Cemani Gara-gara Malaysia

        Namun Rahut memperingatkan bahwa mencapai tujuan itu akan “sangat sulit” karena tenggat waktu semakin dekat, dan Singapura masih memproduksi hanya 10% dari kebutuhan nutrisinya sendiri.

        Masyarakat juga masih akan membeli produk pangan impor jika harganya lebih murah dari produk lokal kecuali pemerintah dapat mensubsidi produk tersebut, tambahnya.

        Seow, juga, mengatakan dia tidak akan membeli produk lokal kecuali harganya bisa menyamai impor.

        “Tetapi satu-satunya cara (ke depan) adalah agar pemerintah melanjutkan dan melakukan yang terbaik untuk mempertahankan harga, kualitas, dan permintaan dari apa yang kita butuhkan,” katanya. “Dan kemudian orang perlahan akan menerima (produk lokal).”

        Rahut juga menyarankan agar memasarkan produk lokal sebagai makanan berkualitas tinggi dan bergizi dapat mendorong konsumen untuk membelinya dengan harga lebih tinggi, seperti halnya beberapa orang bersedia membayar lebih untuk produk yang dipasarkan sebagai organik.

        Apa yang bisa dilakukan Singapura?

        Baik Teng maupun Rahut mengatakan, dalam jangka pendek pemerintah dapat memberikan jaring pengaman bagi masyarakat kurang mampu, misalnya melalui pembayaran tunai atau voucher.

        Namun Teng menambahkan bahwa salah satu kelemahan Singapura adalah meskipun mencoba mendiversifikasi impornya dari sekeranjang negara, masih sangat bergantung pada satu atau dua negara saja.

        Misalnya, Singapura mengimpor 48% ayamnya dari Brasil, dan 34% dari Malaysia pada 2021, kata Badan Pangan Singapura.

        Teng juga mencatat bahwa sebagian besar ayam yang diimpor dari Malaysia adalah ayam hidup, sedangkan sisanya ayam yang diimpor dari Brasil dan negara lain dalam keadaan beku.

        Pada tingkat kebijakan, penting untuk mendiversifikasi impor untuk berbagai jenis produk, kata Teng, seperti mencari lebih banyak sumber ayam hidup untuk diimpor.

        Pemerintah juga dapat mendorong lebih banyak perusahaan Singapura untuk menanam makanan di luar negeri dan membentuk perjanjian dengan pemerintah lain untuk memastikan produk tidak dikenai larangan ekspor, tambahnya.

        “Solusi gambaran besarnya adalah memastikan negara produsen, negara pengekspor, memiliki surplus (makanan), dan ada banyak cara kami dapat membantu negara lain melakukannya,” kata Teng.

        Demikian pula, Rahut menambahkan bahwa karena Singapura adalah negara yang sangat maju secara teknologi, ia dapat membantu negara lain meningkatkan sistem produksi pangan mereka.

        “Itu tidak hanya akan membantu Singapura menstabilkan harga pangan dan ketahanan pangannya, tetapi juga ketahanan pangan dan harga pangan global,” kata Rahut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: