Multi-channel marketing adalah praktik menggunakan banyak saluran untuk menjangkau pelanggan. Ini memudahkan pelanggan untuk menyelesaikan pesanan yang diinginkan pada media apa pun yang paling nyaman bagi mereka. Multi-channel marketing memungkinkan pengguna memutuskan dalam memberikan mereka pilihan.
Di era pemasaran modern saat ini, ada banyak saluran yang dapat dimanfaatkan bisnis untuk menjangkau pelanggan potensial. Beraneka ragam saluran pemasaran berarti pelanggan potensial Anda bisa berada di mana saja, dan Anda harus berada di tempat mereka berada.
Karena jumlah saluran pemasaran potensial tumbuh lebih jauh, merancang kampanye Multi-channel marketing akan terus menjadi kunci untuk menguasai pelanggan.
Baca Juga: Apa Itu Manajemen Keuangan?
Mungkin ada satu media yang Anda sukai, tetapi dengan multi-channel marketing, Anda kehilangan kendali untuk mengarahkan pengguna ke satu media tertentu. Misalnya, penjual yang baik biasanya dapat memperoleh lebih banyak penjualan dengan percakapan telepon daripada situs web dengan mendorong penjualan silang.
Dengan begitu banyak saluran dan begitu sedikit waktu, mencoba memanfaatkan banyak media Anda bisa terasa luar biasa. Pemasaran multi saluran yang berhasil juga berarti mengelola promosi silang dan menggunakan pemasaran terpadu sehingga saluran yang berbeda bekerja sama satu sama lain.
Multichannel marketing (MCM) mengintegrasikan beberapa saluran media sosial, blog, email, TV, seluler, dan layanan streaming—untuk menjangkau pelanggan di mana pun mereka berada. MCM pada dasarnya menciptakan pengalaman yang lancar di semua saluran.
Dalam hal audiens yang besar dan tersegmentasi serta interaksi satu lawan satu yang disesuaikan, MCM bisa menjadi sangat terperinci dan kompleks. Otomatisasi pemasaran dapat membantu memperkuat upaya MCM yang lebih canggih, menyuntikkan data pelanggan ke dalam pemasaran untuk menghasilkan pengiriman pesan yang dipersonalisasi dan penempatan waktu ke perilaku pelanggan. Misalnya, saat seseorang menelusuri toko e-commerce, tindakan tersebut akan memicu iklan di situs media sosial atau email dengan kupon.
Anda dapat menyinkronkan saluran pemasaran dengan hati-hati untuk menciptakan keluaran layanan saluran yang lebih signifikan sambil memberikan pengalaman yang mulus dan bebas gangguan kepada pelanggan Anda. Dengan pemasaran multichannel, Anda dapat menjangkau pelanggan Anda melalui saluran online dan offline, termasuk notifikasi push seluler, pesan, email, situs web, surat langsung, platform media sosial, dan hasil mesin pencari berdasarkan preferensi dan pilihan mereka.
Perusahaan yang menjual produk dan layanan bermerek melalui pasar bisnis lokal melalui saluran online dan offline ke audiens lokal. Kampanye pemasaran multisaluran online dan offline dapat menginformasikan satu sama lain atau dijalankan secara terpisah. Sebagian perusahaan menggunakan upaya pemasaran online mereka untuk menginformasikan iklan offline mereka.
Sementara pemasaran multisaluran berfokus terutama pada platform media baru dalam pemasaran, pendekatan tradisional menggunakan media lama seperti sumber cetak, pemasaran jarak jauh, surat langsung, dan stasiun penyiaran seperti radio dan televisi.
Multi-channel marketing tidak hanya menggunakan formulir web 2.0 tetapi juga mengintegrasikan model konvergensi media, menargetkan interaksi pelanggan melalui berbagai platform seperti melalui pesan teks, di situs web, email, kampanye video online, GPS untuk melacak lokasi pelanggan dan kedekatan mereka dengan produk atau layanan. Multi-channel marketing mampu menjangkau pelanggan secara langsung adalah strategi pemasaran yang penting karena nyaman dan meningkatkan interaksi langsung dengan pelanggan.
MCM penting karena alasan sederhana bahwa Anda harus berada di tempat pelanggan Anda berada. Dan mereka ada di mana-mana. Jika Anda memerlukan alasan lain, pertimbangkan ini: Pelanggan multisaluran membelanjakan tiga hingga empat kali lebih banyak daripada yang dilakukan pelanggan saluran tunggal.
Tidak ada keraguan bahwa pelanggan saat ini memiliki kendali lebih besar atas proses pembelian daripada pemasar. Berkat proliferasi saluran yang tersedia, pelanggan memiliki lebih banyak pilihan dalam hal bagaimana mereka ingin mendapatkan informasi.
Saat ini ada lebih banyak cara untuk menjangkau pelanggan, baik dari segi jumlah maupun variasi saluran, daripada yang dapat kita bayangkan belum lama ini. Dan karena jumlah saluran terus meningkat, kebutuhan untuk merangkul pemasaran multisaluran tidak hanya akan menjadi ide yang bagus, tetapi juga kritis.
Manfaat Multi-Channel Marketing
Marketer telah memuji multi-channel marketing selama beberapa dekade, dengan satu studi mengklaim bahwa pelanggan multi-saluran membelanjakan dua hingga lima kali lebih banyak daripada pelanggan saluran tunggal. Berikut manfaat dari multi-channel marketing:
1. Jangkauan yang Diperluas
Saat pemasar memperluas upaya pemasaran mereka ke saluran baru, mereka meningkatkan jangkauan mereka di antara anggota audiens potensial mereka. Banyak pelanggan berinteraksi di sejumlah saluran – jadi dengan memperluas kampanye Anda untuk mencakup lebih banyak saluran, Anda dapat menemukan pelanggan dengan potensi pembelian yang belum dimanfaatkan.
2. Peningkatan Keterlibatan
Peningkatan jumlah saluran sering kali berarti jumlah titik kontak pelanggan potensial yang lebih tinggi. Ini tidak hanya memberi konsumen lebih banyak peluang untuk terlibat dengan merek, tetapi juga membuka saluran komunikasi baru antara organisasi dan pelanggan.
3. Menjangkau Konsumen di Saluran Pilihan Mereka
Konsumen berinteraksi dengan banyak sumber media yang berbeda setiap hari – alih-alih menunggu pelanggan menemukan merek mereka, pemasar perlu mengungkap saluran mana yang lebih disukai konsumen untuk digunakan dan menemui mereka di mana pun mereka berada. Jadi, pelanggan yang memiliki minat sepintas pada produk atau layanan Anda mungkin ingin menerima iklan ekspositori di televisi, sementara pelanggan yang hampir siap membeli mungkin ingin membaca ulasan mendetail tentang merek Anda secara online.
Kebanyakan orang saat ini menghabiskan rata-rata hampir tujuh jam online per hari. Mereka memeriksa email mereka, menelusuri media sosial, streaming acara, dan membaca dengan teliti situs web.
Strategi multi-channel marketing akan memungkinkan merek Anda beriklan kepada mereka di semua saluran ini. Berikut adalah yang paling umum untuk dipertimbangkan termasuk:
- Media sosial: Platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dll. menawarkan peluang berbeda untuk penempatan iklan dan belanja dalam aplikasi
- Paid research: Tempat terjamin di hasil mesin pencari (SERP) untuk menarik pelanggan baru dan kembali
- SEO (pengoptimalan mesin telusur): Mengoptimalkan situs web dan konten Anda untuk mendapatkan peringkat secara organik (yaitu tanpa membayar) untuk istilah teratas setiap kali orang menelusuri istilah terkait secara online.
- SMS: Pemasaran pesan teks yang sulit diabaikan.
- Email: Saluran ideal untuk mengirimkan pesan yang disesuaikan kepada audiens Anda dengan ROI yang luar biasa.
- Obrolan langsung dan bot obrolan: Perangkat lunak bertenaga manusia atau AI di platform media sosial dan situs web Anda yang menawarkan layanan pelanggan langsung.
Tidak peduli berapa banyak saluran yang Anda pilih untuk beriklan, Anda tetap memerlukan strategi pemasaran digital yang kohesif untuk memastikan upaya Anda membuahkan hasil.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: