Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bancassurance: Pengertian, Sejarah, dan Kelebihannya

        Bancassurance: Pengertian, Sejarah, dan Kelebihannya Kredit Foto: Ruparupa.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bancassurance adalah hubungan antara bank dan perusahaan asuransi yang memungkinkan perusahaan asuransi menjual produknya ke basis klien bank. Hubungan kemitraan ini dapat menguntungkan kedua perusahaan. Bank memperoleh pendapatan tambahan dengan menjual produk asuransi, dan perusahaan asuransi memperluas basis pelanggan mereka tanpa meningkatkan tenaga penjualan mereka.

        Hubungan bancassurance cukup umum di Eropa, di mana praktik tersebut memiliki sejarah yang panjang. Bank-bank Eropa, seperti Credit Agricole (Prancis), ABN AMRO (Belanda), BNP Paribas (Prancis), dan ING (Belanda), mendominasi pasar bancassurance global.

        Tetapi gambarannya sangat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Sebuah laporan tahun 2013 menemukan bahwa bancassurance menyumbang 83,6% dari penjualan asuransi jiwa di Italia, 66,2% di Spanyol, 64,2% di Prancis, dan 62,6% di Austria, pangsa pasarnya lebih rendah di Eropa Timur dan tidak ada di Inggris dan Irlandia.

        Baca Juga: Annual Report: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Membacanya

        Bahkan, Amerika Serikat lebih lambat daripada banyak negara untuk menerima konsep tersebut. Sebagian, itu karena pertanyaan apakah bank di AS harus diizinkan untuk menjual asuransi adalah bahan perdebatan yang diperdebatkan selama bertahun-tahun.

        Di antara isu-isu tersebut ada persaingan tidak sehat untuk agen asuransi, kemungkinan risiko pada sektor perbankan, dan potensi bank untuk menekan nasabah agar membeli asuransi agar memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman.

        Sementara itu, para advokat menyatakan bahwa baik bank maupun perusahaan asuransi akan mendapat keuntungan dari pengaturan tersebut, bahwa hal itu juga akan memberikan kemudahan bagi konsumen, dan bahwa persaingan tambahan dapat menyebabkan harga asuransi yang lebih rendah.

        Dari sisi konsumen, bancassurance menawarkan keuntungan dan kerugian. Sisi positifnya, membeli asuransi di bank itu nyaman. Itu terutama berlaku di kota-kota kecil di mana agen asuransi mungkin langka, meskipun sekarang asuransi lebih sedikit tersedia secara online. Kenyamanan itu juga dapat mendorong lebih banyak orang Amerika yang membutuhkan asuransi jiwa untuk membeli beberapa.

        Sisi negatifnya, kemudahan membeli di bank dapat membuat konsumen enggan berbelanja dan mendapatkan harga asuransi yang kompetitif. Ada juga beberapa pertanyaan tentang seberapa berkualitas karyawan bank untuk memberi tahu pelanggan tentang kebutuhan asuransi mereka, dibandingkan dengan agen dan broker asuransi yang berspesialisasi dalam bidang tersebut.

        Bagi bank yang terlibat dalam bancassurance, tampaknya ada sedikit kerugian, kecuali kemungkinan risiko terhadap reputasi mereka jika produk asuransi yang dijual karyawan terbukti tidak memadai atau tidak cocok untuk konsumen.

        Bancassurance seperti yang kita kenal sekarang telah dimulai di Prancis pada tahun 1970-an. Spanyol juga merupakan pengadopsi awal, pada 1980-an. Kedua negara tersebut terus menjadi pemimpin pangsa pasar bancassurance.

        Implementasi teknologi mendalam seperti AI dan Open Data membantu bank untuk mengidentifikasi kebutuhan klien dengan lebih baik dan menawarkan apa yang mereka cari. Dengan cara ini, bank cukup menjual silang produk asuransi kepada nasabah banknya.

        Misalnya, dalam kasus pembayaran dengan kartu, bank menerima informasi dasar yang tidak dapat digunakan untuk menjual silang ke pelanggan. Sebaliknya, teknologi mendalam menambahkan informasi berharga tentang pembayaran sehingga bank dapat menjual produk asuransi secara silang. Hasilnya adalah peningkatan 20% dalam penjualan asuransi per kuartal.

        Di beberapa negara, asuransi bank sebagian besar masih dilarang, tetapi baru-baru ini dilegalkan di negara-negara seperti ketika Glass–Steagall Act dicabut setelah pengesahannya. Tetapi pendapatan telah sederhana dan datar dalam beberapa tahun terakhir, dan sebagian besar penjualan asuransi di bank-bank AS adalah untuk asuransi hipotek, asuransi jiwa, atau asuransi properti yang terkait dengan pinjaman.

        Sementara itu, China baru-baru ini mengizinkan bank untuk membeli asuransi dan sebaliknya, merangsang produk bancassurance, dan beberapa perusahaan asuransi global utama di China telah melihat produk bancassurance sangat memperluas penjualan ke individu di beberapa lini produk.

        Bank adalah agen perusahaan asuransi untuk menjual lebih banyak polis kepada mereka. Bancassurance adalah saluran distribusi yang efisien dengan produktivitas lebih tinggi dan biaya lebih rendah daripada saluran distribusi tradisional.

        Dalam modul bancassurance modern, terdapat staf yang ditugaskan oleh perusahaan asuransi yang ditempatkan di bank tertentu untuk melayani nasabah perbankan dengan solusi asuransinya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: