Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mengarungi Arus Ekonomi Digital, Begini Strategi Managing Director FedEx Express Indonesia

        Mengarungi Arus Ekonomi Digital, Begini Strategi Managing Director FedEx Express Indonesia Kredit Foto: FedEx Express Indonesia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Managing Director FedEx Express Indonesia, Garrick Thompson beberapa waktu lalu bercerita banyak pada Warta Ekonomi soal strategi perusahaan, cara memperlakukan tim, hingga pandangannya soal transparansi dan inklusi. Di tengah kondisi disrupsi, industri logistik, hingga digitalisasi ekonomi saat ini, bagaimana pandangannya? 

        Garrick Thompson atau biasa disapa Garrick, memimpin operasional FedEx Express di Indonesia, tepatnya di Jakarta, dengan mengawasi strategi perusahaan dan mengelola lebih dari 900 anggota tim sejak Juli 2021. Memulai karirnya sejak tahun 2007, ia bekerja sebagai Spesialis Sumber Daya Manusia (SDM) di Selandia Baru. Sejak itulah, Garrick telah memegang berbagai peran manajemen operasional di Selandia Baru dan Filipina. 

        Baca Juga: Strategi Daur Ulang Menuju Ekonomi Sirkular, Ini Wejangan AEPW-Roland Berger

        Di Filipina, Garrick menjabat sebagai Manajer Senior untuk Penjualan FedEx Express Filipina dan bersama timnya, berhasil memenangkan penghargaan Revenue Growth and Customer Base Growth tahun 2021-2022. Bahkan ia juga menerima penghargaan bergengsi di FedEx Express, yakni Five Star Award. Berikut wawancara lengkapnya bersama Warta Ekonomi pada Jumat (20/10/2023). 

        Apa pandangan Anda tentang industri logistik saat ini selama Anda berada di Indonesia? 

        Saya pikir ini adalah waktu yang menarik untuk industri di Indonesia. Jelas, COVID-19 dan pandemi global benar-benar mengubah cara kita beroperasi, bukan? Dan dengan itu, jika saya melihat bisnis kami secara khusus, hal ini jelas membawa perubahan besar pada operasional, rantai pasokan, regulasi, dan tenaga kerja. Saya rasa, ini benar-benar mengubah cara kami beroperasi agar bisnis tetap berjalan.

        Dan saya pikir apa yang kita lihat dari COVID, Anda tahu, itu benar-benar berdampak jangka panjang pada sektor ini. Jadi, ketika saya melihat secara khusus di Indonesia, saya pikir pemerintah telah melakukan banyak upaya untuk mengembangkan dan mempromosikan ekosistem logistik nasional. Dan dengan itu, fokus untuk benar-benar memfasilitasi perdagangan, terutama e-dagang (e-commerce), yang telah dipercepat, menurut saya, melalui COVID. 

        Jadi menurut saya, ini adalah hal yang baik. Ini adalah inovasi yang akan mendorong bisnis korporasi, yang jelas merupakan bisnis yang kami geluti, dan mendukung pertumbuhan atau kelanjutan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

        Selama menjabat sebagai Managing Director FedEx Indonesia, bagaimana pandangan Anda terhadap kompetitor yang banyak bermain di bidang digitalisasi, khususnya UMKM? 

        Secara pribadi, saya senang melihat dampak digitalisasi dan ekosistem UMKM yang lebih luas di Indonesia. Menurut saya, digitalisasi benar-benar merupakan enabler hebat, dan benar-benar menciptakan peluang yang sebelumnya tidak ada bagi banyak UMKM.

        Saya yakin Anda mungkin sudah tahu bahwa UMKM adalah kunci dari perekonomian Indonesia, sekitar 60% dari PDB Indonesia, bukan? Jadi, karena kita terus melihat kebangkitan e-commerce yang dipercepat melalui COVID, saya pikir peluang yang sangat menarik bagi UMKM adalah memanfaatkan digitalisasi untuk memperluas dan melampaui pasar domestik, bukan? 

        Dan seperti yang saya sebutkan, saya pikir bagi kami di FedEx, kami merangkul pergeseran ke arah digitalisasi. Hal ini mendobrak batasan, membuka pintu yang sebelumnya tidak terbuka. Digitalisasi, inovasi, [dan] teknologi adalah intinya, juga apa yang kami yakini di FedEx. Ini adalah fondasi dari FedEx dan kami pertama kali mendirikannya. Kami terus membangun dan berkembang menjadi berbagai penawaran digitalisasi yang ada di luar sana.

        Beberapa contoh hebat yang kami miliki dalam bisnis kami dan bagaimana kami mendukung beberapa UMKM, termasuk, kami memiliki layanan seperti dokumen perdagangan elektronik. Daripada meminta usaha kecil untuk melengkapi dokumen manual, kami memiliki proses digital yang mereka dapat melengkapi dokumentasi secara daring (online). Dan itu memfasilitasi proses perizinan pelanggan dengan cara yang jauh lebih cepat di negara tujuan. Jadi, ini membantu mempermudah bisnis kecil atau UMKM.

        Kami memiliki sejumlah alat lain seperti manajer pengiriman yang memungkinkan pelanggan melacak pengiriman, memilih lokasi, [dan] mengalihkan pengiriman mereka. Sekali lagi, untuk UMKM kami, ketika mereka ingin melakukan pengiriman, kami memiliki alat lain yakni dinamakan FedEx Ship Manager atau FSM, yang memungkinkan bisnis untuk membuat dokumen digital dibandingkan dengan salinan atau kopian dokumen iPad tradisional. Ini memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan antarmuka e-commerce mereka dengan pelanggan tanpa back-end.

        Jadi, apakah mereka menggunakan Shopify atau BigCommerce, WooCommerce, atau beberapa alat lain di luar sana, kami dapat terhubung ke alat-alat tersebut dan membantu membuat pengalaman yang sangat mulus bagi mereka, memanfaatkan dokumen perdagangan FedEx yang saya sebutkan sebelumnya, dan membuat segalanya lebih mudah bagi UMKM. Menurut saya [ini] merupakan sesuatu yang penting bagi mereka, mengingat sumber daya yang mereka miliki sering kali sangat terbatas.

        Jadi, ya, bagi saya, saya senang dengan dorongan tersebut menuju digitalisasi [UMKM]. 

        Apakah FedEx menjangkau UMKM yang saat ini sedang mendigitalkan bisnis e-commerce? Jika ya, apa saja langkahnya?

        Kami memiliki sejumlah saluran yang digunakan untuk menjangkau UMKM. Jadi, kami memiliki tim penjualan yang banyak di Indonesia [yang memiliki] banyak kontak melalui tim penjualan kami. Kami memiliki orang-orang yang, menurut saya, spesialis di sisi teknologi pelanggan.

        Mereka adalah orang-orang yang akan masuk ke UMKM dan benar-benar duduk untuk memahami kebutuhan mereka, sehingga kami dapat menyesuaikan solusi untuk apa yang mereka butuhkan [dan] membantu mereka mendapatkan akses ke platform digital yang kami tawarkan. 

        Kami juga sering mengadakan beberapa acara dengan para pelanggan. Baru-baru ini, kami mengadakan kemitraan strategis di Semarang dengan US ASEAN Business Council. Kami berpartisipasi dan mendukung untuk membantu serta mengedukasi sejumlah UMKM di Jawa Tengah. Ini adalah sesuatu yang membuat kami, dan saya pribadi, sangat antusias untuk membantu membuka peluang-peluang ini.

        Beberapa perusahaan logistik telah menerima pendanaan. Beberapa di antaranya masif dalam digitalisasi UMKM. Apa strategi FedEx untuk tetap bertahan? 

        Saya sangat menyukai ide untuk membantu UMKM [dan] membawa produk mereka ke seluruh dunia. Seperti yang saya sebutkan, kami secara pribadi berkesempatan untuk bertemu dengan sejumlah pengusaha yang berbeda. Dan, saya sangat suka, khususnya di Indonesia, ada banyak produk unik yang dikembangkan oleh banyak pengusaha yang benar-benar mewakili Indonesia dengan baik. 

        Jadi, bagian dari filosofi utama saya di sini adalah membantu industri ini dan menjadi pendorong untuk membantu perusahaan-perusahaan dan usaha-usaha kecil ini untuk membawa produk mereka dan menempatkannya dalam sorotan global. Jadi, kami sangat senang dengan pendanaan dan investasi yang diciptakan untuk bisnis-bisnis ini.

        Bagi kami, kami memanfaatkan dukungan dari sejumlah perusahaan logistik lokal di seluruh bisnis kami. Saya percaya bahwa industri logistik yang kuat di Indonesia merupakan hal yang baik, dan ini tidak hanya meningkatkan standar layanan FedEx, tetapi juga standar pengiriman layanan secara keseluruhan di Indonesia, memperkuat jaringan negara ini, dan pada akhirnya akan menguntungkan pelanggan dan perekonomian. 

        Namun, seperti yang saya katakan, saya pikir arah investasi ini adalah untuk FedEx. Hal ini sesuai dengan apa yang kami yakini, yaitu menciptakan apa yang berikutnya bagi pelanggan dan bisnis kami. Hal ini memungkinkan kami di FedEx untuk menggandakan fokus kami, yaitu terus berinovasi dan mencari cara untuk membuat setiap pengalaman FedEx menjadi luar biasa melalui janji yang kami sebut “Purple Promise”

        Ketika melihat bagaimana kami memberikan layanan kepada pelanggan, kami melakukannya. Kami menggunakan lensa digital dan pendekatan berbasis data dalam semua hal yang kami lakukan. Saya pikir bagi kami, seperti yang Warta Ekonomi sebutkan, sebagai pemain logistik global, ini adalah peluang besar untuk terus mengeksplorasi cara-cara baru dalam meningkatkan kemampuan pengiriman kami, memastikan bahwa pelanggan kami menerima pengalaman luar biasa dari FedEx setiap saat.

        Di tengah kondisi dunia yang tidak menentu dan peraturan pemerintah Indonesia, apakah FedEx memiliki rencana untuk memperluas agen atau mitra lokal? 

        FedEx telah hadir di sini, melayani di Jawa selama beberapa dekade, dan selama waktu itu, [kami] bergerak ke masa depan. Kami akan terus berkolaborasi dengan pemain lokal untuk melayani pelanggan di semua aspek bisnis kami.

        Kami akan selalu mencari peluang untuk meningkatkan apa yang kami tawarkan kepada pelanggan, terutama dalam hal memperkuat jaringan. Hal itu akan dilakukan dengan terus bekerja sama secara erat dengan para pemain lokal, yang telah melakukan pekerjaan dengan baik di Indonesia.

        Jadi, pada saat ini kami belum memiliki proyek atau hal spesifik yang dapat saya sampaikan saat ini. Tapi kami ingin terus membuat pengumuman yang bisa kami sampaikan.

        Mengenai konflik kepentingan antara FedEx sebagai pemain global dan perusahaan logistik lokal, apakah FedEx melihat adanya peluang untuk berkembang di Indonesia?

        Ya, saat ini kami melihat potensi yang besar di Indonesia. Anda tahu bahwa Indonesia adalah negara yang besar dengan banyak potensi dan pemerintahnya sangat ambisius. Jadi sekarang kami di sini untuk mendukung dan memungkinkan akses ke seluruh dunia melalui jaringan global kami, pengalaman kami ke seluruh wilayah dan [melalui] keahlian kami yaitu perdagangan lintas batas (cross-border trade). 

        Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam banyak hal kami percaya bahwa meningkatkan ekosistem logistik domestik lokal adalah hal yang baik bagi kami dan hal ini menjadi pendekatan kami dalam berkolaborasi dengan para pemain lokal untuk benar-benar mendukung dan memberikan pengalaman terbaik yang kami bisa untuk para pelanggan kami. Jadi, kami benar-benar ingin perusahaan logistik lokal berkembang dan tumbuh. 

        Hal tersebut akan sangat membantu untuk melayani dan memperkuat lanskap logistik Indonesia secara keseluruhan, serta mendukung dan menumbuhkan perekonomian. Jadi saya pikir itu adalah kunci bagi kami. 

        Tetapi Anda tahu, apa yang akan saya bagikan juga tentang FedEx secara spesifik, kami baru-baru ini melihat banyak peluang. Sebagai contoh, kami baru-baru ini di awal tahun [2023] ini, membuka fasilitas baru di Batam. 

        Sebenarnya sih, saya baru saja kembali dari Batam, saya di sana awal minggu ini [Oktober], [ini merupakan] salah satu contoh tempat yang memiliki peluang besar. Fasilitas baru yang kami buka, hampir 80% lebih besar dari fasilitas sebelumnya. Fasilitas ini memungkinkan proses perizinan lebih cepat untuk pengiriman zona perdagangan bebas di Batam dan proses deklarasi pengiriman impor secara otomatis. Kami memiliki layanan bea cukai sendiri di sana. Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk melayani pelanggan di Batam yang memiliki kebutuhan yang cukup unik. 

        Anda tahu, banyak pelanggan dan calon pelanggan di sana yang berurusan dengan barang berbahaya dan perangkat (gadget) elektronik, baterai litium, dan lain-lain. Jadi, penawaran layanan kami, dan tentu saja kedekatan kami dengan Singapura, serta jaringan kami yang kuat di sana, merupakan contoh bagaimana kami ingin bekerja sama dengan bisnis lokal untuk berkembang.

        Contoh lainnya, kami baru-baru ini memiliki produk kargo ekonomi internasional, yang kami buka kembali pada awal tahun [2023] ini. Itu memberikan peluang unik bagi pelanggan yang memiliki pengiriman kelas berat, [misal] paket di atas 68 kg dengan harga sangat terjangkau dengan waktu transit sedikit lebih lama, biasanya tiga hingga lima hari yang memberikan akses dengan harga yang sangat terjangkau ke pasar-pasar utama di seluruh dunia. 

        Baca Juga: Mampu Jaga Pertumbuhan Bisnis, Direksi bank bjb Raih Best CMO Award 2023 dari Warta Ekonomi

        Dengan itu, kami benar-benar berusaha menciptakan peluang untuk mendukung kebutuhan bisnis lokal yang ingin mencari akses ke seluruh dunia. 

        Selama masa jabatan Anda sebagai Manajer Senior Penjualan di Filipina, bagaimana Anda melibatkan tim untuk memenangkan penghargaan Revenue Growth and Customer Base Growth 2021-2022? 

        Saya pikir ini kembali pada beberapa filosofi pribadi saya tentang kepemimpinan dan bagaimana saya mencoba melakukan pendekatan [pada mereka]. Namun bagi saya, saya melihat bagian penting dari peran saya sebagai pemimpin adalah mampu berada di sana untuk membantu memaksimalkan potensi tim yang saya pimpin. Itu dari sudut pandang pertumbuhan pribadi karyawan. Tetapi juga, tentu saja, dalam mencapai hasil bisnis. 

        Baca Juga: Prabowo-Gibran Akan Maksimalkan Gerakan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pertumbuhan UMKM

        Saya bisa katakan bahwa saya menyukai olahraga tim. Saya melihat banyak kesamaan antara olahraga dan bisnis. Saya percaya bahwa kesuksesan dalam keduanya merupakan hasil dari perencanaan, latihan, dan eksekusi yang matang, namun dengan semua anggota tim yang selaras dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. 

        Ketika saya masih di Filipina, kami meluangkan banyak waktu untuk benar-benar menciptakan lingkungan bagi orang-orang untuk berkembang. Ini adalah lingkungan yang orang merasa aman, yang mereka bisa mengakui kerentanannya, tetapi juga memiliki fokus dan tujuan bersama. Jadi dalam menciptakan lingkungan tersebut, kami benar-benar melihat, menurut saya, energi positif yang menyelimuti tim dan kemudian membantu mendorong kesuksesan.

        Ketika saya melihat ke belakang, salah satu hasil utama dari pengembangan budaya yang kuat itu adalah kolaborasi yang kami lihat, baik secara internal. 

        FedEx merupakan perusahaan besar dengan sejumlah fungsi yang berbeda. Kami memiliki kolaborasi yang hebat antar fungsi, baik di Filipina maupun di luar negeri, yang menurut saya merupakan poin utama. Jadi, apa yang benar-benar kami fokuskan dan apa yang saya kerjakan dengan tim kami adalah berfokus pada solusi, tetapi [juga] memperdalam hubungan kami dengan pelanggan, mencoba memahami masalah mereka, dan kemudian menemukan cara-cara kreatif untuk memecahkan masalah mereka, yang pada akhirnya, membantu kedua belah pihak untuk tumbuh bersama. Saya pikir itu adalah bagian dari fondasi bagaimana tim kami bisa menjadi sangat sukses di Filipina.

        Lantas, nilai-nilai kepemimpinan apa yang membawa Anda sampai pada tahap ini?

        Menurut saya, tiga hal yang paling penting, integritas adalah sesuatu yang sangat penting, kepercayaan dan rasa hormat, serta kolaborasi, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. 

        Jadi, saya percaya bahwa, beroperasi dengan integritas dan semua yang kami lakukan benar-benar membantu untuk membangun budaya kepercayaan dan rasa hormat di antara tim kami. Kemudian hal itu mengarah pada kolaborasi organik. Itulah energi positif yang saya sebutkan sebelumnya.

        Salah satu hal yang benar-benar kami fokuskan di FedEx adalah mencoba menciptakan lingkungan. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, karyawan merasa aman, sehingga mereka dapat mengambil risiko yang terukur dan menjadi inovatif karena kami mengejar layanan berkualitas tinggi dan kepuasan pelanggan

        Dengan itu, saat kami menciptakan lingkungan yang dinamis dengan kreativitas, kecerdikan, kemudian menciptakan tempat di mana orang dapat berhasil sebagai individu.

        Menurut saya, salah satu hal unik yang dilakukan FedEx dengan sangat baik adalah menciptakan lingkungan yang aman dan sangat inklusif bagi beragam orang dari berbagai latar belakang, kemudian menjadi sangat mendorong dengan lingkungan tersebut. 

        Jadi, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kami, menurut saya, melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menciptakan hal itu di Filipina. Dan itu adalah sesuatu yang sangat saya fokuskan dengan tim manajemen FedEx Indonesia, karena kami berusaha untuk mendapatkan kesuksesan yang sama. Salah satu mantra kunci yang saya miliki adalah, menurut saya, dalam bisnis, penting untuk tidak cepat berpuas diri.

        Saya sering mengatakan kepada tim saya untuk memberikan tantangan dan bukannya dukungan. Artinya, kami melakukan pekerjaan dengan baik untuk pelanggan kami, tetapi selalu ada risiko untuk berpuas diri daripada berpaku tangan. 

        Jadi, saya benar-benar mendorong tim kami untuk selalu melihat metode yang ada, layanan dan solusi kami, dan mencoba mencari cara untuk berevolusi sesuai dengan perubahan kebutuhan tim internal, dan yang paling penting adalah kebutuhan pelanggan kami. Jadi, ada sesuatu yang cukup penting dalam perjalanan ini.

        Bagaimana Anda menginvestasikan waktu dan komunikasi untuk menjaga tim tetap produktif dalam budaya tempat kerja yang semakin hybrid saat ini?

        Ini merupakan waktu yang menarik bagi bisnis kami, dan saya pikir semua orang, apa yang dapat saya bagikan adalah bahwa kesuksesan FedEx telah dibangun di atas fondasi yang kami sebut sebagai filosofi “People, Service, Profit”

        Jadi, maksudnya adalah kami percaya bahwa dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif bagi anggota tim, mereka akan memberikan layanan berkualitas tinggi kepada para pelanggan. 

        Jadi, Anda tahu, kode etik ini telah mengubah kita semua, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan kerja, dan tentunya telah mengubah cara kami beroperasi. Bagi kami, khususnya dalam bisnis, sangat penting untuk memastikan bahwa kami menjaga karyawan kami tetap aman, tetapi juga menjaga agar rantai bisnis kami tetap beroperasi dan terbuka, sehingga kami dapat mendukung perekonomian, [dan] mendukung upaya-upaya pemberian bantuan di sini, di Indonesia. 

        Anda tahu bahwa kebutuhannya jelas ada untuk membuat pengaturan jarak jauh selama pandemi, tetapi kami telah mengembangkannya pasca pandemi menjadi model hybrid. Namun, cara kami melihat hal tersebut, yaitu, ini hanyalah perubahan lokasi kerja. Jadi, kami memiliki peran di mana orang harus melapor ke fasilitas setiap hari tanpa paket penanganan, tetapi untuk orang-orang yang, Anda tahu, kami memiliki sejumlah orang yang memanfaatkan model kerja hybrid ini.

        Dan seperti yang Anda ketahui, filosofi kami tetap sama, baik anggota tim kami yang bekerja di kantor kami atau dari kamar mereka, namun ada beberapa hal yang telah kami siapkan untuk mendukung struktur kerja atau cara kerja yang baru. Kami memiliki hari kolaborasi di kantor di mana kami mendorong anggota tim untuk berkumpul dan terhubung, baik di dalam tim mereka maupun divisi-divisi. 

        Kami juga punya proses umpan balik (feedback) terstruktur – yang kami itu mendorong karyawan di semua tingkatan untuk memberikan masukan tentang bagaimana keadaan bisnis, bagaimana cara meningkatkan bisnis. Hal ini dapat berkaitan dengan hal-hal seperti budaya kerja. Jadi kami beradaptasi dengan cara kerja yang baru ini. 

        Kami ingin mendengar dari karyawan kami dan mendengar bagaimana kami dapat meningkatkannya. Dan saya rasa ini bersifat personal bagi saya, saya sangat memperhatikan penjadwalan waktu, terutama dengan report langsung saya untuk benar-benar terhubung dengan mereka. Jadi, hal ini bisa datang dalam bentuk tatap muka dan saya berusaha untuk memiliki jadwal rutin tatap muka agar mereka bisa kembali pada waktu yang sama setiap bulannya. Tidak heran jika mereka sadar dan itu menjadi alat yang sangat penting. 

        Kami juga memiliki sesi townhall atau rapat bersama karyawan secara tatap muka terstruktur dengan tim manajemen kami. Kami mengadakan pertemuan dengan semua lini depan kami dan tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua fungsi di seluruh FedEx dan alam terhubung sehingga semua orang terlibat dan mengetahui apa yang terjadi dalam bisnis.

        Namun, yang juga penting bagi saya adalah menghabiskan waktu dengan para frontliner kami dan tempat kerja mereka. Saya sering pergi ke, um, menghabiskan waktu di lokasi gateway kami, atau kami menyebutnya sebagai stasiun, tempat para kurir kami beroperasi. Saya ceritakan tadi, saya kan baru kembali dari Batam. Jadi, menghabiskan waktu dengan karyawan garda depan kami, mendengarkan, dan mengamati untuk melihat apa yang terjadi di tempat kerja mereka, untuk melihat bagaimana kami dapat terus mendukung dan menyediakan lingkungan yang baik. 

        Bagi saya, kuncinya adalah ketika saya melakukan hal tersebut, dan khususnya sekarang di mana kita mungkin tidak bertemu dengan orang-orang sesering yang kita lakukan di masa lalu. Hadir dan terlibat dalam momen-momen di mana kita terhubung secara tatap muka sangatlah penting. Jadi, itu adalah sesuatu yang benar-benar saya upayakan untuk dilakukan. 

        Jadi, misalnya, meletakkan ponsel saya dan memastikan mereka melihat bahwa ketika saya berada di sana bersama mereka, saya bersama mereka, saya terlibat, dan mereka memiliki perhatian penuh. Dan saya pikir itu, telah menjadi hal yang penting selama periode ini juga, selama masa transisi ini. 

        Anda telah bekerja di kawasan Asia Tenggara dan Selandia Baru selama bertahun-tahun. Bagaimana Anda mengatasi bias bawah sadar ketika bertemu dengan tim atau orang baru?

        Bagi saya, budaya baru adalah salah satu hal paling menarik dalam karier saya sejauh ini, dan menurut saya ada dua konsep yang telah membantu saya dalam perjalanan pembelajaran ini.

        Pertama, menurut saya adalah tetap ingin tahu, dan kemudian tetap berpikiran terbuka. Jadi, Anda tahu, saya mencoba untuk tetap berpikiran terbuka, saya mencoba untuk masuk ke dalam situasi yang baru tanpa prasangka. Jadi, saya mengambil pendekatan yang berpikiran terbuka ketika saya masuk ke pasar yang baru. Saya sangat ingin tahu dan benar-benar ingin mendengarkan dan belajar sambil berusaha membangun hubungan dengan orang-orang baru yang berinteraksi dengan saya dan itulah cara saya mencoba masuk ke pasar. 

        Namun di saat yang sama, saya sangat menyadari bahwa mungkin ada juga ide-ide sudah terbentuk sebelumnya tentang saya karena saya masuk ke dalam budaya baru. Hal lain yang saya coba lakukan adalah memastikan bahwa saya bersikap otentik dalam interaksi, sehingga ketika saya mengenal mereka dan memahami budaya baru, saya juga memberi mereka kesempatan untuk mengenal saya dan mengetahui budaya saya. Saya rasa pendekatan ini telah membantu saya untuk membangun kepercayaan dan membuka jalan bagi diri saya dan orang-orang baru yang berinteraksi untuk saling berhubungan satu sama lain. 

        Tetapi saya akan katakana, saya merasa diistimewakan dengan FedEx dan beberapa struktur yang dimiliki. Hal tersebut juga sangat membantu. Salah satu program yang menurut saya sangat berguna bagi saya dalam perjalanan ini, inisiatif FedEx peduli yang kami miliki.

        Kami bangga dengan FedEx dan memberikan kembali kepada komunitas tempat kami beroperasi dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan komunitas. Sebagai contoh, baru-baru ini kami baru saja mengadakan acara bersama dengan yayasan kemanusiaan internasional. Kami memberikan dukungan pendidikan kepada anak-anak dan masyarakat yang kurang mampu di Jakarta. 

        Dari kegiatan seperti ini, kami berkolaborasi dengan Kopernik untuk memberdayakan para penenun perempuan di Bali, membantu mereka mengembangkan potensi sebagai wirausahawan global, atau kegiatan lain yang kami mendukung komunitas petani rumput laut di Kabupaten Wakatobi untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan ekspor.

        Kesempatan-kesempatan ini sangat membantu saya untuk masuk dan melihat tidak hanya dari lingkungan budaya kerja, tetapi juga untuk memahami budaya negara yang akan saya datangi. 

        Hal lain yang sangat membantu bagi saya adalah kemitraan FedEx dengan Prestasi Junior. Di Indonesia, kami bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia dan kami menjalankan tantangan perdagangan internasional yang disponsori FedEx bekerja sama dengan Prestasi. Sekali lagi, ini adalah kesempatan untuk berinteraksi, mengamati, mendengarkan, dan memahami perbedaan yang ada di seluruh budaya dan bagi saya. Saya rasa itu meningkatkan kemampuan saya sebagai seorang pemimpin untuk memahami karyawan saya dan saya dapat mendukung mereka.

        Saya pikir ketika saya melihat apa yang telah kami capai di sini di FedEx Indonesia, kami telah dianugerahi dua tahun berturut-turut oleh HR Asia sebagai tempat terbaik untuk bekerja, dan tahun ini kami dianugerahi untuk pertama kalinya dan diakui atas inisiatif kami dalam hal keberagaman, kesetaraan, dan inklusi. Saya pikir karena dunia yang holistik ini, pendekatan kami yang membumi, kami harus sangat sadar dan bijaksana tentang komunitas tempat kami berinteraksi dan beroperasi, telah membantu kami membangun budaya yang luar biasa di FedEx Indonesia.

        Menarik! Mungkin Anda punya pesan atau harapan terhadap industri logistik di Indonesia? 

        Saya sangat antusias dengan apa yang akan terjadi di masa depan untuk Indonesia sebagai sebuah negara dan saya percaya bahwa industri logistik akan memainkan peran penting dalam membantu Indonesia mencapai ambisinya. 

        Jadi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saya pikir Anda tahu bahwa sangat menarik untuk melihat pergeseran ke arah digitalisasi untuk melihat investasi yang masuk ke pasar logistik domestik. Saya rasa ini hanya akan menguntungkan usaha mikro, kecil, dan menengah karena mereka ingin membawa apa yang hebat dari Indonesia ke seluruh dunia. Jadi [ini] benar-benar membuka berbagai kemungkinan. 

        Baca Juga: Sambut Nataru, Ini Strategi InJourney Group untuk Bangkitkan Kembali Ekonomi Pariwisata

        Saya pikir dengan hal itu saya sangat, sangat, bersemangat dengan apa yang akan terjadi di masa depan dan saya pikir FedEx berperan besar dalam hal ini dengan kekuatan kami sebagai penyedia layanan internasional yang memiliki bidang keahlian yang sangat spesifik dalam perdagangan lintas batas dan jaringan yang terhubung ke 220 negara di seluruh dunia. Ini membuka banyak sekali kemungkinan untuk bisnis besar dan kecil di Indonesia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Nadia Khadijah Putri
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: