Waspada! Konsumsi Garam Berlebih Bisa Sebabkan Kematian, Ini Solusi dari Ajinomoto
Grup Ajinomoto Indonesia semakin gencar mengkampanyekan konsep Bijak Garam, sebuah inisiatif dari Ajinomoto Health Provider yang bertujuan untuk mendorong gaya hidup sehat di kalangan masyarakat Indonesia. Langkah ini sejalan dengan visi perusahaan untuk memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat dengan solusi sederhana—mengurangi penggunaan garam dalam masakan dan menggantinya dengan penambahan sedikit MSG.
Menurut spesialis gizi klinik, dr. Yohan Samudra, konsumsi garam berlebih menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya risiko hipertensi yang berujung pada penyakit jantung. “Berdasarkan data Kemenkes RI tahun 2023, angka kematian akibat penyakit kardiovaskular di Indonesia masih sangat tinggi, mencapai sekitar 650.000 penduduk per tahun,” ujar dr. Yohan. Ia menekankan pentingnya membatasi asupan garam untuk menghindari faktor risiko serangan jantung.
Dr. Yohan juga menambahkan bahwa konsumsi masakan rumahan dan mengurangi makanan cepat saji dapat menjadi langkah penting untuk mengurangi asupan garam tersembunyi (hidden salt) yang sering terdapat pada makanan kemasan. “Dalam memasak, kita bisa menggunakan MSG sebagai pengganti sebagian garam, karena kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari garam dapur,” tambahnya.
Baca Juga: Efisiensi Rasa dengan MSG, Pengganti Garam yang Lebih Ekonomis dan Sehat
Sebagai bagian dari kampanye Bijak Garam, Ajinomoto juga memperkenalkan produk inovatif seperti Masako Light, yang mengandung kadar garam lebih rendah, untuk membantu masyarakat menjalani pola hidup sehat tanpa mengorbankan cita rasa makanan. “Dalam memperingati Hari Jantung Sedunia, kami bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia untuk menggelar acara offline yang mempromosikan gaya hidup sehat, seperti Senam Jantung Sehat (SJS) dan edukasi tentang konsep Bijak Garam,” jelas Eurli Prameswari, Head of Sauce & Seasoning Department PT Ajinomoto Indonesia.
Ajinomoto Indonesia juga aktif dalam mendorong gaya hidup sehat melalui olahraga. Pada 29 September 2024, perusahaan ikut berpartisipasi dalam Garmin Run Indonesia 2024 melalui brand aminoVITAL, yang mendukung pentingnya olahraga teratur dan pemulihan yang seimbang.
Dengan rangkaian inovasi produk dan kampanye Bijak Garam, Ajinomoto Indonesia berharap dapat terus berkontribusi pada kesehatan masyarakat, sekaligus mengurangi prevalensi penyakit kardiovaskular di Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: