Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kemendag Dukung UMKM Kembangkan Usaha

        Kemendag Dukung UMKM Kembangkan Usaha Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso mengungkapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendukung pelaku usaha lokal, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dalam pengembangan usaha.

        Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memperluas jangkauan pasar melalui sinergi bersama platform niaga elektronik (e-commerce) Shopee.

        Baca Juga: Sekolah Harus Jadi Ruang Aman Bagi Tumbuh Kembang Anak

        Ini disampaikan Mendag  dalam gelar wicara (talk show) “Bincang Inspiratif dan Padu Padan Fashion Muslim Bersama Shopee” di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta di sela gelaran Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2026, pada Minggu, (9/11/2025).

        Gelar wicara berlangsung atas kolaborasi Kemendag dengan Shopee. Gelar wicara menjadi bentuk dukungan Kemendag kepada pelaku usaha fesyen lokal memperluas jangkauan pasarnya.

        "Untuk memperluas jangkauan pasar dan mendorong ekspor, perlu dilakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya bekerja sama dengan Shopee," ucapnya, dikutip dari siaran pers Kemendag, Senin (10/11).

        Pada gelar wicara tersebut, Mendag Busan juga menyampaikan bahwa tahun ini, sektor modest  fashion Indonesia menempati peringkat pertama di dunia. Artinya, produk fesyen Indonesia sudah  diakui kreativitas dan kualitasnya. 

        “Tinggal bagaimana kita mendorong lebih banyak lagi pelaku usaha untuk menembus pasar global, termasuk pelaku UMKM,” ujar Mendag Busan. 

        Menurut Mendag Busan, pameran produk secara fisik pada JMFW 2026 menjadi kesempatan untuk para pelaku usaha fesyen lokal untuk menampilkan dan memperkenalkan produk secara langsung kepada buyer dalam dan luar negeri. Meski begitu, pelaku usaha juga perlu memanfaatkan toko daring secara beriringan untuk memasarkan produknya. 

        “Sekarang semua bisa berjalan bersamaan, atau disebut omnichannel. Toko fisik memberikan  pengalaman berbelanja secara langsung, kemudian toko online membantu menjangkau pasar yang  lebih luas,” ujar Mendag Busan. 

        Deputy Director of Government Relations Shopee Indonesia Balques Manisang menyampaikan, Shopee terus mendukung pelaku usaha fesyen lewat berbagai fitur di Shopee, seperti Shopee Live dan Shopee Video. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan usaha, Shopee memiliki Kampus UMKM Shopee, di mana pelaku usaha dapat belajar gratis secara daring. 

        “Sebelum memulai usaha, termasuk di toko online, kita perlu mempelajari strategi yang ada. Shopee memiliki kelas online untuk para pelaku usaha belajar. Baik pelaku usaha baru, advance, ingin ekspor, hingga yang sudah ekspor,” ujar Balques. 

        Salah satu peserta gelar wicara, Anggi, mengungkapkan gelar wicara yang diadakan memberinya wawasan baru seputar perdagangan daring. 

        “Talk show ini memberikan edukasi kepada pelaku usaha seputar bidang perdagangan di dunia digital. Kemudahan teknologi membuka kesempatan selebar-lebarnya untuk semua, termasuk pelaku UMKM,” kata Anggi. 

        Menutup sesi bincang, Mendag Busan menjadi juri pada battle yang diikuti oleh tiga peserta yang n hadir di acara tersebut. Seluruh busana yang digunakan pada battle merupakan pakaian lokal dari  jenama Heaven Lights, BWBYAZ, dan ZM by Zaskia Mecca.  

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
        Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

        Bagikan Artikel: