Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jadi Evolusi SMS, Infobip dan Telkomsel Kembangkan RCS for Business di Pasar Indonesia

        Jadi Evolusi SMS, Infobip dan Telkomsel Kembangkan RCS for Business di Pasar Indonesia Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Platform komunikasi Infobip resmi menjalin kerja sama dengan Telkomsel menghadirkan Rich Communication Services (RCS) untuk bisnis ke pasar Indonesia. 

        RCS adalah saluran pesan generasi baru yang menghadirkan fitur lengkap layanan aplikasi chat, seperti berbagi media gambar, audio, GIF, dan video. Selain itu, terdapat juga fitur tanda pesan dibaca, indikator mengetik, dan tombol call-to-action

        Dalam cara kerja RCS, Pesan dikirim melalui aplikasi pesan default pada perangkat seluler menggunakan koneksi data atau Wi-Fi, menjadikannya evolusi lanjutan dari SMS. 

        Bagi brand, hal ini memungkinkan komunikasi dengan pelanggan secara lebih efektif dan engaging, tidak hanya melalui teks, sekaligus tetap memastikan keamanan dan kepercayaan dalam berkomunikasi. 

        Dengan verifikasi pengirim dan pengiriman yang didukung operator, pengguna dapat merasa lebih aman dan yakin ketika mereka berinteraksi dengan akun brand resmi, sehingga membantu bisnis tampil lebih menonjol dan mendorong hubungan yang lebih dalam dengan audiens.

        Kukuh Prayogi, Enterprise Business Director Infobip Indonesia, menjelaskan bahwa adopsi RCS di Indonesia mulai menggeliat karena kondisi pasar kini semakin siap. 

        "Penggunaan smartphone sudah sangat tinggi, jaringan 4G makin merata, dan 5G mulai hadir. Dulu, RCS sempat terhambat oleh kualitas jaringan dan dukungan operator yang masih terpecah, tetapi sebagian besar kendala itu kini teratasi," ujarnya dalam keterangan tertulis.

        Menghadirkan RCS for Business membutuhkan ekosistem di mana jaringan dan platform saling berkolaborasi. Google membuka jalan melalui penyediaan infrastruktur teknologi global; Telkomsel menjadi operator jaringan seluler pertama yang mengadopsinya di pasar Indonesia; dan Infobip, sebagai penyedia Communications Platform as a Service (CPaaS) terkemuka, menghadirkan akses serta keahlian untuk berbagai perusahaan mengaktifkan penggunaan RCS dalam skala besar.

        “Kami sangat antusias melihat semakin besarnya potensi RCS for Business di Indonesia, seiring dengan tingginya penetrasi perangkat seluler dan percepatan adopsi digital. Pengenalan RCS kepada pelaku bisnis di Indonesia merupakan respons kami terhadap kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Bersama Telkomsel, kami membantu perusahaan mengadopsi saluran pesan yang aman dan terverifikasi, yang membangun kepercayaan sekaligus menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih mulus,” ujar Matija Ražem, Chief Commercial Telecom Officer, Infobip.

        Arief Pradetya, VP of Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect di Telkomsel, mengungkapkan,

        “Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk menjadi mitra pilihan bagi pelaku bisnis di Indonesia, Telkomsel terus mengeksplorasi berbagai cara baru untuk membantu brand terhubung secara lebih bermakna dengan audiens mereka. Melalui RCS for Business, kami melihat peluang untuk menjawab kebutuhan yang semakin meningkat akan komunikasi yang aman, dipersonalisasi, dan interaktif  terutama di era di mana pelanggan semakin selektif terhadap pesan yang mereka terima," ujarnya.

        Melalui kolaborasi bersama Infobip dan Google ini, kami berharap dapat mendukung lebih banyak bisnis dalam menghadirkan kampanye yang berdampak, membangun kepercayaan, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan, sekaligus berkontribusi pada ekosistem digital yang lebih aman dan andal,” tambahnya.

        Baca Juga: OJK Ungkap Hasil Investasi Asuransi Syariah Capai Rp2,73 Triliun

        Denny Galant, Head of Android untuk Google Indonesia, mengatakan, “RCS digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia setiap bulannya, dan sangat menggembirakan melihat pertumbuhannya di Indonesia. Dengan fitur keamanan tingkat lanjut dan percakapan interaktif, RCS for Business menghadirkan pengalaman komunikasi yang lebih aman dan menjadi elemen penting dalam membangun pengalaman digital yang lebih terpercaya. Kolaborasi antara Telkomsel dan Infobip menunjukkan semakin kuatnya momentum dalam menghadirkan RCS for Business bagi brand maupun pelanggan di Indonesia.”.

        RCS for Business telah membuktikan nilai manfaatnya di Indonesia. Pada kolaborasi terbaru antara Infobip dan Blibli, pelopor ekosistem perdagangan omnichannel serta gaya hidup terkemuka di Indonesia yang berfokus melayani konsumen ritel dan institusi yang terhubung secara digital, menyoroti bagaimana RCS dapat mendorong keterlibatan pelanggan dan konversi yang kuat.

        Soegianto Martanto, Head of Membership and Loyalty di Blibli, berkomentar, “Kolaborasi kami dengan Infobip memungkinkan kami untuk menggunakan RCS sebagai saluran komunikasi strategis. Selama campaign Histeria 11.11, Blibli memanfaatkan RCS for Business untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan relevan, sehingga menghasilkan keterlibatan pelanggan dan pembelian berulang yang lebih tinggi.".

        "Kategori groceries dan beauty mencapai tingkat konversi 2,5 kali lipat, dengan performa terkuat pada hari pertama campaign. Hal ini menunjukkan RCS sebagai saluran yang sangat efektif untuk peluncuran besar dan promosi berbatas waktu, serta kemampuannya dalam meningkatkan komunikasi bisnis menjadi pengalaman pelanggan yang lebih interaktif dan imersif,” lanjutnya.

        RCS for Business menandai era baru dalam komunikasi antara brand dan konsumen, dengan menawarkan pengalaman pesan yang kaya, interaktif, dan aman bagi pelaku bisnis di Indonesia. Melalui peluncuran strategis oleh Telkomsel dan Infobip, RCS siap mendefinisikan ulang cara brand terhubung dengan pelanggan, sekaligus menetapkan standar baru dalam komunikasi seluler.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: