Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketahui Risk Profile Anda Untuk Investasi Yang Tepat

Ketahui Risk Profile Anda Untuk Investasi Yang Tepat MOU Citi- Ashmore, dari Kiri: Steven Satya Yudha, Head of Sales and Distribution PT Ashmore Asset Management Indonesia (Ashmore); Eddy Hartanto, Director of PT Ashmore; Michael Winter, Head of Business Pan Asia; Arief Cahyadi Wana, Director of PT Ashmore; Rusmin Mudjianto, Head of Wealth Management Citi Indonesia; Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia; Harsya Prasetyo, Head of Retail Banking Citi Indonesia; Alvin Sariaatmadja, Commissioner of Surya Citra Media Group | Kredit Foto: Dok. we
Warta Ekonomi, Jakarta -
Proses pengisian profil resiko dalam pembukaan rekening investasi kerap dipandang sebelah mata oleh caloN nasabah. Padahal disitu terdapat beberapa pertanyaan yang akan menentukan apa investasi yang paling tepat bagi calon nasabah.?
Retail Banking Head Citi Indonesia Harsya Prasetyo menuturkan didalam risk profilling terdapat pertanyaan yang memperlihatkan kognitif dan emosional calon nasabah. Kedua hal tersebut bakal menentukan level investasi nasabah, apakah berada di level konservatif, agresif, very agresif dan sebagainya.?
"Nasabah kerap tidak membaca dan memahami dengan seksama pertanyaan yang tertera dalam pengisian data nasabah. Jika nasabah berada di level awal, instrumen investasi yang kami berikan biasanya hanya deposito," katanya di Jakarta, Senin (17/4).
Lebih lanjut dirinya mengatakan jika nasabah tidak mengetahui profil resikonya maka yang kerap terjadi adalah over happy ketika melihat tren kenaikan dalam IHSG misalnya, dan berujung pada over confident. Sedangkan jika market minus, akan membuat emosional investing.?
"Kalau di Citibank, kami melakukan re-profilling setiap 12 bulan. Hal itu perlu untuk mengantisipasi kebutuhan dan kondisi nasabah yang sudah berubah, misalnya sudah menjadi pengusaha, atau istri sebentar lagi melahirkan. Kondisi-kondisi tersebut membuat profil resiko nasabah berubah, jadi kita carikan yang paling sesuai dengan kebutuhan nasabah," tutupnya.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gito Adiputro Wiratno
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: