Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mau Iklan? Manfaatkan Pemasaran Digital Saja!

Mau Iklan? Manfaatkan Pemasaran Digital Saja! Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Salah satu pengubah permainan terbesar dalam dekade terakhir adalah bagaimana orang mengonsumsi konten. Iklan telah beradaptasi dengan perubahan itu dengan menempatkan produk mereka di depan orang-orang, di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan layar.

Ruang untuk mengomunikasikan konten pribadi dan terhubung sekarang sudah berubah menjadi ruang untuk mengetahui berita atau tren terbaru ketika mereka terbentang.

Perdebatan tentang pro dan kontra media digital versus media tradisional sedang berlangsung. Memiliki strategi pemasaran digital sangat penting bagi perusahaan usia baru:

1. Terukur

Salah satu keuntungan terbesar dari iklan digital adalah hal itu dapat diukur sejauh mana tayangan, klik, dan konversi. Perusahaan dapat menghitung pengembalian tepat atas investasi mereka dan mengoptimalkan berdasarkan platform atau penempatan mana yang memberi mereka hasil terbaik.

Berbeda dengan media tradisional di mana pengiklan melempar panah dalam gelap berharap investasi mereka akan menghasilkan hasil selama periode mereka. Ada cara untuk mengukur nilai uang dari media tradisional tetapi pada akhirnya, itu sebagian besar relatif dan hanya dapat menjadi perkiraan. Dengan media digital, bukan itu masalahnya. Ini spesifik, bertarget dan melibatkan banyak angka yang dapat Anda lihat hasilnya dalam bentuk moneter.

2. Biaya Efektif

Media digital, tidak seperti tradisional, tidak menuntut kita membayar semuanya di muka dan kemudian menunggu hasilnya. Biasanya mengikuti model pay-as-you-go; apakah Anda memilih bayar per tayang atau klik atau konversi yang hanya Anda bayar untuk apa yang Anda gunakan.

Seperti media tradisional, Anda perlu menyisihkan anggaran sebelumnya, tetapi uang yang digunakan biasanya didasarkan pada model yang Anda buat. Ini mensyaratkan bahwa Anda tidak membayar seluruh anggaran, tetapi membayar hanya sesuai dengan klik atau keterlibatan yang Anda terima. Sebaliknya, iklan TV, majalah, dan OOH terkenal mahal dan tidak dapat diprediksi.

3. Fleksibel

Dengan media tradisional, seseorang dapat memilih medium mana yang terbaik untuk mereka dan menggunakan slot berdasarkan itu. Seperti apa saluran TV untuk memilih atau slot apa di radio untuk beriklan, dll. Namun, setelah investasi dibuat, ada sedikit perubahan yang dapat terjadi dalam rencana tersebut karena slot atau saluran tidak dapat dengan mudah dipertukarkan jika kampanye tidak berjalan dengan baik.

Pemasaran digital memungkinkan kita untuk menargetkan audiens yang tepat yang ingin kita dapatkan di depan dan dengan cara yang lebih beresonansi dengan mereka, dan jika kampanye tidak berjalan dengan baik, digital dapat memperbarui, mengubah, atau sepenuhnya menghapusnya jika perlu.

4. Optimasi otomatis per platform

Merek yang lebih kecil terkadang tidak memiliki sumber daya untuk diterapkan pada iklan dan analisis data karena mereka berfokus pada produk. Platform pemasaran digital membantu dengan mengoptimalkan iklan berdasarkan jenis orang yang terlibat dengan mereka dan menampilkan iklan hanya kepada orang-orang itu. Yang sedang berkata itu penting untuk meninjau iklan Anda secara teratur karena pada akhir hari tidak ada yang tahu pelanggan Anda seperti yang Anda lakukan.

5. Memberi ruang untuk bercerita kreatif

Dengan semakin banyak format iklan digital yang diperkenalkan setiap hari, kemungkinan dalam bercerita sepertinya tak ada habisnya. Setiap format memiliki tujuan pada jenis bercerita yang ingin Anda lakukan.

Misalnya, Facebook menawarkan iklan kanvas yang memungkinkan pengguna untuk mengklik iklan dan dialihkan ke halaman Facebook asli dengan produk, video, dan teks Anda yang memungkinkan Anda menganyam sebuah cerita seputar produk Anda. Google memperkenalkan iklan pajangan di bawah iklan belanja yang memungkinkan berbagai produk dari kategori yang sama untuk dipukuli bersama dan ditampilkan kepada pelanggan. Ada iklan berbasis visual lain dan iklan berbasis teks yang dapat Anda uji dari dan melihat format mana yang memungkinkan Anda untuk mewakili produk Anda dengan cara yang paling kreatif.

6. Pemahaman pelanggan

Belum pernah ada waktu di mana pengiklan bisa mendapatkan umpan balik tentang produk mereka dalam hitungan klik. Pemasaran digital memberi ruang untuk interaksi langsung dengan pelanggan. Meskipun iklan melalui platform, orang dapat melihat bagaimana pelanggan terlibat, apa yang mereka sukai atau sukai dari yang lain.

Ini memberi pemasar digital banyak cakupan untuk memahami perspektif pelanggan pada kampanye ini dan bagaimana mereka dapat meningkatkan dan membangunnya lebih lanjut. Penting untuk memahami bahwa periklanan bergerak dengan bagaimana konsumen berinteraksi satu sama lain dan dari mana mereka mendapatkan informasi.

Secara tradisional konsumen menggunakan majalah dan surat kabar, sekarang mereka mengonsumsi informasi di Google, Facebook dan Instagram. Penting bagi pengiklan untuk mengenali tren ini dan menyesuaikan strategi periklanan mereka dengan tepat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: