Terapkan 4 Hacks Psikologis Ini untuk Jadi Pembicara Bisnis yang Lebih Baik
Hubungan dengan orang lain adalah urat nadi bagi bisnis. Tanpa membangun hubungan dengan orang lain, Anda tidak akan berhasil dalam bisnis.
Membangun kemampuan itu membutuhkan waktu. Itu tidak mudah dan tidak datang secara alami untuk semua orang. Menjadi pelaku percakapan bisnis yang lebih baik berarti mendekati percakapan Anda seperti seorang perajin ahli, terus mencari cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu atau cara yang lebih baik untuk berhubungan dengan orang yang Anda hubungi.
Semua itu butuh usaha, konsistensi, dan dibutuhkan kesediaan untuk belajar dari kesalahan Anda. Berikut kiat menurut psikologi agar pemimpin bisnis menemukan cara untuk lebih baik di percakapan dengan membangun wawasan untuk mereka jaringan pertemuan dan bisnis:
1. Simpan catatan ketika Anda bertemu orang-orang
Ini terdengar sederhana, dan mungkin tidak terlalu termotivasi secara psikologis, tetapi ada alasan untuk itu.
Salah satu kunci yang muncul berulang kali dalam artikel bantuan percakapan adalah menanyakan pertanyaan lanjutan. Saat Anda berada dalam percakapan, perhatikan hal-hal yang dapat Anda ajukan pertanyaan lanjutan. Temukan hal-hal yang sepertinya penting bagi orang itu.
2. Secara terbuka, berhenti ketika Anda tidak tahu sesuatu
Tips ini harus digunakan secara moderat tetapi ini adalah kunci untuk membuat seseorang terbuka. Jika Anda menemukan sesuatu yang jelas menarik bagi orang yang Anda ajak bicara dan Anda tidak tahu banyak tentang hal itu, jangan takut untuk mengatakan, "Saya belum pernah mendengarnya. Apa itu? Bagaimana kerjanya?"
Anda sering dapat belajar lebih banyak tentang cara seseorang berpikir dengan mengajukan pertanyaan kepada mereka dan membiarkan mereka mendidik Anda daripada yang dapat Anda lakukan dalam percakapan bolak-balik.
3. Gunakan kekuatan bantuan pribadi untuk keuntungan Anda
Melakukan sesuatu untuk orang lain atau meminta mereka melakukan sesuatu untuk Anda adalah alat yang kuat, dan yang dapat mengisi bisnis Anda dengan cara yang mungkin tidak pernah Anda harapkan.
Meminta bantuan dan menawarkan bantuan kepada orang-orang dalam percakapan membuat hubungan Anda lebih kuat. Orang yang telah memberi Anda bantuan, bahkan yang kecil, cenderung menyukai Anda sedikit lebih baik dan lebih mungkin untuk mengakomodasi Anda di masa depan.
4. Sadari bahwa Anda tidak bisa menyenangkan semua orang
Ada beberapa orang yang akan Anda hadapi yang akan selalu menginginkan lebih banyak. Anda akan merasakan hal ini dengan cukup cepat. Mungkin mereka tipe uber-pushy yang selalu meminta lebih karena mereka mencari "tanda" untuk memanfaatkan. Mungkin mereka sedang mengalami masa sulit dalam kehidupan pribadi mereka dan mengambilnya dari mitra bisnis mereka.
Sadari bahwa Anda tidak mampu menyenangkan semua orang. Jika Anda menemukan salah satu yang tidak dapat Anda buat senang, mundur selangkah dan evaluasilah. Tetapkan beberapa batasan, dan pastikan Anda tidak fokus pada "orang ini sangat sulit - mengapa saya harus berurusan dengan mereka?"
Bersikaplah berpikiran solusi. Lakukan apa yang Anda bisa untuk mereka, tetapi pastikan Anda tidak terjebak dalam hal negatif. Itu akan membantu Anda fokus pada peningkatan interaksi Anda yang lain dengan orang-orang dan tidak terlalu tertekan sehingga Anda tidak bisa mengatasinya.
Percakapan bisnis bisa jadi sulit, tetapi empat hacks psikologis ini akan membantu Anda memaksimalkan setiap situasi yang Anda hadapi. Pastikan Anda mengikuti semua ini dan Anda akan menemukan bahwa Anda adalah komunikator bisnis yang lebih cerdas, lebih cakap, dan lebih efektif.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: