Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perilaku Konsumen Berubah, Ekonomi Digital Dapat Durian Runtuh

Perilaku Konsumen Berubah, Ekonomi Digital Dapat Durian Runtuh Person holding smartphone beside tablet computer. | Kredit Foto: Unsplash/Blake Wisz
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi benar-benar mengubah perilaku konsumen Asia Tenggara. Sebab, data terbaru menunjukkan, 70% konsumen Asia Tenggara beralih ke ranah digital pada akhir 2020.

Penelitian Facebook dan Bain & Co menyebut, sekitar 310 juta konsumen Asia Tenggara (70%) beralih ke ekonomi digital; lebih cepat dari perkiraan.

Mengutip KrAsia, Jumat (21/8/2020), data itu menunjukkan, “itu terjadi lima tahun lebih awal dari perkiraan dua perusahaan teknologi itu.”

Baca Juga: Pendapatan E-Commerce Besutan Jack Ma Naik 34%, Ini Sebabnya!

Baca Juga: Perang Teknologi Amerika-China Memanas, Investor Pertaruhkan Ini!

Selain itu, penetrasi pasar ritel daring (e-commerce) juga bertumbuh hingga 5%; lebih tinggi dari angka penetrasi e-commerce di India yang menyentuh 4%. Namun, angka itu masih jauh sekali dari kondisi yang terjadi di China.

Sebagai perbandingan, laporan yang sama mengatakan, “penetrasi ritel daring China saat ini telah melampaui 30%.”

Asal tahu saja, sektor e-commerce Asia Tenggara telah menghimpun 691 juta dolar AS (sekitar Rp10,2 triliun) pada kuartal II 2020; karena COVID-19 telah membentuk kembali kebiasaan belanja konsumen, menurut laporan Nikkei Asian Review.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: