Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pesatnya Pertumbuhan Industri Kecantikan Tanah Air Jadi Peluang Vendor Beauty Club

Pesatnya Pertumbuhan Industri Kecantikan Tanah Air Jadi Peluang Vendor Beauty Club Kredit Foto: BLP Beauty
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perkembangan industri kecantikan di Indonesia mengalami kenaikan yang sangat pesat. Mengacu pada data yang dirilis oleh Nielsen and Euromonitor menunjukkan, pertumbuhan penjualan yang luar biasa sebesar 11,99% pada tahun 2017 di Indonesia, memberikan kontribusi sebesar Rp19 triliun atau setara USD 1,4 miliar.

Angka ini lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan sektor kosmetik dalam enam tahun terakhir, yaitu sebesar 10%. Selain itu, ekspor produk kosmetik juga menunjukkan pertumbuhan kuat dengan rata-rata sebesar 3,56% dari tahun 2013-2017.

Bahkan pada September 2017, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melaporkan total produk kosmetik yang terdaftar dan dijual secara resmi di Indonesia sebesar 33,823 produk, meningkat sebesar 11,57% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2016.

Pangsa pasar Indonesia untuk industri kosmetik pada tahun 2017 telah meningkat dari Rp36 triliun atau setara USD2,6 miliar pada tahun 2016 menjadi Rp46,4 triliun atau setara USD3,3 miliar. Industri kecantikan pun diperkirakan akan tumbuh setiap tahun sebesar 7,2% atau Rp77,3 triliun.

Mengacu pada hal itu, Founder sekaligus CEO Vendor Beauty Club (VBC), Nuza Abramska, mengatakan VBC sebagai pionir agensi dan maklon kosmetik yang khusus berfokus dengan beauty dari Indonesia melihat potensi besar terhadap pertumbuhan industri kecantikan di Tanah Air.

Baca Juga: Pionir! CantikID, Aplikasi Tele-Konsultasi Kecantikan Terintegrasi Resmi Hadir di Indonesia

Ia pun terus berupaya memaksimalkan peranannya dan mendorong kemunculan kosmetik lokal untuk mengambil ceruk di tengah pesatnya pertumbuhan industri kecantikan. Apalagi, pasar kosmetik telah menjadi fitur tak terpisahkan dari gaya hidup modern individu.

Selain itu, pertumbuhan kesadaran tentang kecantikan eksternal bersama dengan kecerdasan internal individu telah menjadi salah satu faktor pendorong utama penggunaan kosmetik yang semakin bertumbuh.

“Tidak hanya membuat konsumen lebih tertarik dengan produk si klien, namun kami juga mencoba menjadi solusi yang mampu menghemat lebih banyak waktu dan modal yang dikeluarkan klien. Dan sudah terbukti cara yang kami lakukan berhasil berdasarkan beberapa brand yang kami bantu kembangkan," kata Azka itu.

Dia mengungkapkan, VBC memiliki visi dan misi hadir untuk membantu para klien merealisasikan brand kecantikan atau kosmetik impian mereka. Selama kurang lebih 2 tahun, VBC telah bekerja sama dan membantu lebih dari 50 brand kosmetik di Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya, dari penentuan formulasi, produksi di pabrik, hingga marketing promosi dan branding.

Baca Juga: Punya Segalanya dari Klinik Kecantikan, Entrepreneur Sukses Bantu Banyak Orang

Di balik VBC sendiri ada tim profesional yang memang sudah pengalaman di bidangnya masing-masing. Setiap eksekusi pekerjaan yang dilakukan berfokus pada kepuasan klien dan identitas masing-masing brand yang berkualitas, unik, dan istimewa.

Azka pun menargetkan, pertumbuhan pemasaran VBC selama setahun ke depan sebesar 1-2% dibanding tahun sebelumnya. Target ini seiring dengan tren masyarakat Indonesia yang mulai menjadikan produk kecantikan sebagai kebutuhan primer.

"Dengan perubahan gaya hidup seperti itu, tentu saya berharap pertumbuhan pasar kosmetik di Indonesia juga semakin tinggi," kata dia.

Baca Juga: PStore Glow, Bisnis Baru Putra Siregar di Industri Kecantikan dan Kesehatan

VBC selalu mengutamakan apa yang menjadi keinginan klien maupun konsumen. Baik itu dari formulasi, jenis produk, hingga branding semuanya dikerjakan oleh orang-orang profesional di bidangnya masing-masing.

Semua ide yang tertuang dan kerja sama yang dilakukan oleh tim berfokus pada hasil terbaik dan target yang ingin dicapai masing-masing klien. VBC juga melakukan pendekatan holistik atau secara menyeluruh ketika bekerja dengan setiap klien. Artinya, berkomitmen membantu klien mengerjakan seluruh proses dari A hingga Z.

Untuk diketahui, VBC memberikan layanan antara lain pendaftaran brand, pengembangan formula, pengembangan produk, pengemasan, pendaftaran produk, produksi barang, pengujian produk, warehouse, pengiriman dan distribusi, banding, dan konsultasi. Untuk kapabilitas produk meliputi skin care, personal care, fragrance, beauty vitamin, decorative, hair care, dan spa product.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Bagikan Artikel: