Ramai di Media Sosial, Ternyata Ahli Gizi Dukung Klaim Biji Chia Bantu Turunkan Berat Badan

Ramai di Media Sosial, Ternyata Ahli Gizi Dukung Klaim Biji Chia Bantu Turunkan Berat Badan Kredit Foto: Republika

TikTok dibanjiri dengan aneka tips penurunan berat badan yang diklaim jutaan penggunanya sebagai rahasia sukses. Sebagian tips itu juga dicemooh sebagian orang, namun ternyata para ahli diet mengatakan salah satunya mungkin benar-benar berhasil, yakni penggunaan biji chia.

Air biji chia kini jadi populer di platform media sosial sebagai cara sederhana untuk menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Minuman ini dibuat dengan cara mencampurkan dua sendok makan biji chia ke dalam segelas besar air dan membiarkannya selama beberapa menit.

Baca Juga: Waduh… Nggak Nyangka Banget! Merokok Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes, Kok Bisa?

Biji chia akan mengembang di dalam air dan menjadi lunak, sementara airnya menjadi lebih keruh. Tiktokers merekomendasikan untuk meminumnya 30 menit sebelum makan.

Saran itu masuk akal karena biji chia akan mengembang di dalam saluran cerna dan membentuk gel, membuat orang kenyang dan tak makan berlebihan. Biji chia memiliki kandungan serat tinggi, sekitar 10 gram dalam dua sendok makan, sepertiga dari jumlah harian yang dibutuhkan tubuh rekomendasi National Health Service Inggris.

"Memilih makanan berserat akan membuat kita merasa lebih kenyang, sementara diet kaya serat dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit," kata NHS yang menyebut serat telah terbukti dalam penelitian dapat menurunkan berat badan.

Biji chia juga sangat terkait dengan pencegahan kanker usus yang lebih rendah, diabetes tipe 2, strok, dan penyakit jantung. Ahli Gizi di YorkTest, Kerri Ferraioli, mengatakan bahwa infused water dengan biji chia dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan lemaknya yang tinggi untuk kesehatan serta kemampuannya membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama.

Baca Juga: Terungkap! Apakah Leher yang Menghitam Selalu Mengindikasikan Diabetes?

"Karena memiliki protein dan lemak sehat, chia seed dapat membuat kita merasa cepat kenyang dan kenyang lebih lama tanpa menyebabkan gula darah melonjak," ucap ahli diet berlisensi, Bonnie Taub-Dix, dikutip The Sun, Sabtu (30/10).

Ada banyak bukti yang mendukung bahwa khasiat biji chia bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Tetapi, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa bijinya sendiri akan menyebabkan penurunan berat badan, baik diminum sebagai rendaman atau bukan.

Dalam satu penelitian terhadap 90 orang yang kelebihan berat badan, tidak ada efek yang terlihat dari asupan 50 gram biji chia per hari selama 12 pekan. Sebaliknya, sebuah penelitian selama enam bulan pada orang gemuk dengan diabetes tipe 2 yang menjalani diet rendah kalori tampak bahwa memakan biji chia setiap hari menyebabkan penurunan berat badan yang jauh lebih besar daripada yang tidak mengonsumsinya.

Baca Juga: Ya Ampun! Penderita Diabetes Nggak Boleh Makan Ketupat, Duh… Kata Siapa? Pahami Dulu Hal Ini

Tentunya, penurunan berat badan tidak serta-merta tercapai jika hanya mengandalkan biji chia saja. Jika perilaku makan tetap asal dan tidak berolahraga, maka biji chia tidak akan berfungsi.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini