Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Visual Basic.NET?

Apa Itu Visual Basic.NET? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
Warta Ekonomi, Jakarta -

Visual Basic .NET (VB.NET) adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) milik Microsoft. Bahasa pemrograman ini telah berkembang dari Visual Basic 6 (VB6) untuk memenuhi peningkatan kebutuhan akan layanan web dan web development yang mudah.

VB.Net dirancang dengan memanfaatkan .NET framework dan run-time environment. Ini direkayasa ulang oleh Microsoft sebagai bagian dari grup produk .NET. VB.NET yang mendukung abstraksi, inheritance, dan polimorfisme.

Mengenal Apa Itu VB.NET

VB.NET adalah singkatan dari Visual Basic.NET, dan merupakan bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2002 untuk menggantikan Visual Basic 6. VB.NET adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP). Ini berarti VB.Net telah mendukung fitur pemrograman berorientasi objek yang meliputi enkapsulasi, polimorfisme, abstraksi, dan inheritance.

Visual Basic .ASP NET berjalan menggunakan .NET framework, yang berarti telah memiliki akses penuh ke .NET libraries. Ini adalah alat yang sangat produktif untuk membuat berbagai aplikasi Web, Windows, Office, dan mobile yang telah dibangun di atas .NET framework.

Baca Juga: Apa Itu JavaScript?

Bahasa ini dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipahami baik oleh programmer pemula maupun senior. Karena VB.NET bergantung pada .NET framework, maka program yang ditulis dalam bahasa ini berjalan dengan banyak keandalan dan skalabilitas. Dengan VB.NET, Anda dapat membuat aplikasi yang sepenuhnya berorientasi objek, mirip dengan yang dibuat dalam bahasa lain seperti C++, Java, atau C#. Program yang ditulis dalam VB.NET juga dapat beroperasi dengan baik dengan program yang ditulis dalam Visual C++, Visual C#, dan Visual J#. VB.NET memperlakukan semuanya sebagai objek.

Memang benar bahwa VB.NET adalah versi berevolusi dari Visual Basic 6, tetapi tidak kompatibel dengannya. Jika Anda menulis kode Anda dalam Visual Basic 6, Anda tidak dapat mengompilasinya di bawah VB.NET.

Fitur-Fitur VB.NET

VB.NET hadir dengan banyak fitur yang menjadikannya bahasa pemrograman populer di kalangan programmer di seluruh dunia. Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai berikut:

1. VB.NET tidak case sensitif seperti bahasa lain seperti C++ dan Java.

2. Ini adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Ia memperlakukan segala sesuatu sebagai objek.

3. Pemformatan kode otomatis, perancang XML, browser objek yang ditingkatkan, dan lainnya.

4. Pengumpulan sampah dilakukan secara otomatis.

5. Dukungan terhadap kondisi Boolean untuk pengambilan keputusan.

6. Multithreading sederhana, memungkinkan aplikasi Anda menangani banyak tugas secara bersamaan.

7. Memiliki kumpulan pustaka standar.

8. Manajemen event.

9. Referensi. Anda harus mereferensikan objek eksternal yang akan digunakan dalam aplikasi VB.NET.

10. Atribut, yaitu tag untuk memberikan informasi tambahan mengenai elemen-elemen yang telah didefinisikan dalam suatu program.

11. Windows Form, yaitu Anda dapat mewarisi form Anda dari form yang sudah ada.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan