Indonesia Minta Prancis Dorong Realisasi IEU CEPA

Indonesia Minta Prancis Dorong Realisasi IEU CEPA Kredit Foto: Biro Pers, Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah Prancis berperan lebih besar dalam percepatan realisasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia dan Uni Eropa atau Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA)

Permintaan ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Urusan Eropa dan Luar Negeri (Menlu) Prancis, Jean-Yves Le Drian, di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

“Indonesia akan menjadi Ketua G20 dan Prancis akan menjadi Presiden Uni Eropa,” ujar Presiden. Menurut Jokowi, selama presidensi Prancis di Uni Eropa, diharapkan negosiasi perjanjian IEU CEPA akan dipercepat dan mendapatkan hasil yang konkret.

“Saya sangat mendukung perdagangan yang sustainable. Tapi saya keberatan jika isu lingkungan disalahgunakan untuk dijadikan hambatan perdagangan,” jelasnya

Selain mempercepat IEU CEPA, Presiden menyambut baik peningkatan kemitraan Indonesia dan Prancis dengan adanya mekanisme dialog yang baru, yaitu pertemuan 2+2 (Menteri Luar Negeri – Menteri Pertahanan) antara kedua negara.

Kerjasama sektor pertahanan memang menjadi salah satu perhatian Indonesia terhadap Prancis. Presiden Joko Widodo berharap Prancis merealisasikan komitmennya untuk mendukung sektor pertahanan di Indonesia.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini