Intip! Strategi Partai Gelora Lawan Perubahan Iklim Global

Intip! Strategi Partai Gelora Lawan Perubahan Iklim Global Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Dalam 50 tahun terakhir terjadi peningkatan suhu secara global hampir setiap negara mengalami peningkatan suhu sekitar 1,1 derajat celsius. Artinya, Indonesia merupakan salah satu bagian dari beberapa negara yang akan terdampak dalam perubahan iklim tersebut.

Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Anis Matta menjelaskan Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan jumlah masyarakat pesisir yang tinggi saat ini terjadi peningkatan air permukaan laut. 

Baca Juga: Partai Gelora Targetkan Tanam 10 Juta Pohon Hingga 2024

"Mereka akan menjadi korban pertama. Nelayan tidak menentu kapan bisa melaut dan keselamatan mereka dalam bekerja sangat sulit untuk kita jamin," kata Anis kepada wartawan usai kegiatan tanam pohon di Kabupaten Bandung, Minggu (28/11/2021).

Secara keseluruhan wilayah di tanah air akan terdampak perubahan iklim terutama yang berada di wilayah pesisir pantai. 

Ancaman perubahan iklim pun bukan terjadi di pesisir pantai saja melainkan di kawasan pedesaan. Dia mencontohkan dengan terjadinya banjir, maka masyarakat akan sulit  bercocok tanam.

Selanjutnya, pulau-pulau kecil yang ke depannya bisa terancam tenggelam. Meski demikian, antisipasi perubahan iklim ini akan lebih difokuskan ke daerah pesawahan karena akan menunjang sumber pangan masyarakat. 

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini